Você está na página 1de 7

ANALISIS LIMIT PADA STRUKTUR PORTAL BETON BERTULANG

Analisis Elastik vs Plastik

Beam Sway Mechanism

Tujuan Analisis
Menentukan mekanisme keruntuhan portal. Menentukan Kuat Geser Dasar Struktur Portal. Perhitungan dilakukan untuk distribusi gaya lateral yang tertentu.

Dasar Analisis
Penerapan prinsip kerja maya (virtual work). Kuat lentur semua elemen kolom dan balok (baik lentur negatif maupun positif) harus ditentukan terlebih dahulu sebelum dimulainya analisis limit.

Assumsi
1. Kapasitas elemen dibatasi oleh tahanan lenturnya. 2. Sendi pada elemen diasumsikan terbentuk pada garis sumbu joint. 3. Pengaruh gaya aksial diabaikan. Analisis yang lebih sophisticated yang mengabaikan asumsi no. 2 dan no. 3 dapat dilakukan

Prinsip Kerja Maya


Kerja Luar Maya = Kerja Dalam Maya

Fi i = M j j
i j

Dimana: Fi = gaya lateral pada tingkat i (nyata) i = perpindahan lateral tingkat i (maya) M j = kuat lentur pada sendi j (nyata) j = rotasi pada sendi j (maya)

Persyaratan Penerapan Prinsip Kerja Maya


1. Gaya luar (Fi) harus seimbang dengan gaya dalam (Mj). 2. Perpindahan struktur ( i ) harus kompatibel dengan deformasi elemen struktur ( j ). Catatan Perpindahan struktur ( i ) tidak ada hubungan sebab akibat dengan gaya lateral (Fi). Rotasi elemen ( j ) tidak ada hubungan sebab akibat dengan gaya dalam (Mj).

Prosedur Analisis
A. B. C. D. E. F. G. H. I. J. Hitung kapasitas lentur elemen. Asumsikan distribusi gaya lateral pada struktur. Asumsikan satu dari mekanisme-mekanisme keruntuhan yang mungkin dengan menempatkan sendi pada ujung-ujung kolom atau balok. Hitung Kerja Luar Maya (KLM). Hitung Kerja Dalam Maya (KDM). Set KLM = KDM dan cari solusi besaran gaya lantai. Jumlahkan gaya lantai untuk memperoleh kuat geser dasar. Kembali pada langkah C sehingga mekanisme-mekanisme keruntuhan yang mungkin telah ditinjau semua. Kembali pada langkah B untuk semua bentuk distribusi gaya lateral yang diinginkan. Nilai kuat geser dasar yang menentukan adalah minimum.

Contoh
Tinjau struktur portal 3-lantai dengan 2 bagian seperti tergambar

Jika kuat lentur balok Mg = 2 (baik untuk arah positif maupun negatif) dan kuat lentur kolom Mc = 3 pada setiap lokasi, tentukan kuat geser dasar minimum dengan meninjau distribusi gaya lateral yang bersifat linear (segitiga terbalik) dan merata (seragam)

Solusi
Definisikan semua mekanisme keruntuhan yang mungkin

Case: Distribusi gaya linear pada mekanisme 3a


Lantai i 3 2 1 0

Fi 3x 2x 1x 0 6x

KLM = Fi i

KDM = 1 2/3 1/3 0 3x 4 x/3 x/3 0 14 x/3

ZM

3*3*1/3 = 3 4*2*1/3 = 8/3 4*2*1/3 = 8/3 3*3*1/3 = 3 34/3

Jika tinggi setiap tingkat = 1 maka 1 untuk semua j j = 3

KLM = 14 x/3 KDM = 34/3


KLM = KDM 34 17 = x = 14 7 v = Z Fi = 6 x = 14,6
-

Rangkuman Hasil
Mekanisme Distribusi Gaya Linear Seragam

1 18 18

2 14,2 15,6

3a 14,6 17

3b 14,1 16,5

Nilai kuat geser dasar yang menentukan adalah V = 14,1 (yaitu nilai paling minimum)