Você está na página 1de 3

BAB I PENDAHULUAN

1.1.

LATAR BELAKANG MASALAH Analisis Perancangan Kerja adalah suatu ilmu yang mempelajari prinsip-prinsip

dan teknik-teknik untuk mendapatkan suatu rancangan sistem kerja yang terbaik. Ilmu ini juga merupakan salah satu dalam disiplin Teknik Industri. Dalam penerapannya teknik perancangan kerja juga berinteraksi dengan berbagai ilmu lain di dalam displin teknik industri untuk secara bersamaan mencapai keadaan optimal dari suatu sistem produksi dalam arti kata yang luas yaitu sistem yang terdiri dari komponen-komponen manusia, bahan, mesin, peralatan dan uang. Di dalam suatu perkerjaan di bidang manufaktur maupun jasa banyak faktor-faktor kerja yang mempengaruhi kesuksesan dan keberhasilan suatu perkerjaan tersebut maka karakteristik masing-masing faktor dan hubungannya perlu dipelajari agar manusia dapat mengatur hasil perkerjaanya dengan baik, dengan adanya faktor-faktor kerja tersebut kita dapat berkerja secara efektif dan efesien dan produktifitas yang tinggi. Peta-peta kerja dan pengukuran waktu standar dengan secara langsung maupun tidak langsung merupakan cara menganalisa terhadap suatu masalah dalam mengetahui produktifitas kerja pada tenaga kerja. 1.2. PERUMUSAN MASALAH Dalam analisa perbaikan suatu sistem kerja dan menganalisa cara kerja dengan menggunakan peta kerja keseluruhan (peta proses operasi, peta aliran proses, peta proses kerja kelompok kerja, diagram aliran, peta aliran), peta kerja setempat (peta perkerja dan mesin, peta tangan kiri tangan kanan) dan modul ini juga menggunakan pengukuran waktu yang dilakukan pembakuan waktu kerja dengan cara jam henti dan data waktu gerakan yaitu Work Factor (WF), Motion Time Measurement (MTM), Maynard Operation Sequence Time (MOST). TUJUAN LAPORAN PRAKTIKUM Laporan praktikum merupakan bentuk pertanggungjawaban praktikan atas praktikan yang telah dilaksanakan sebelumnya. Bentuk pertanggungjawaban disini yaitu

M1 BAB I Hal - 1

M1 BAB I Hal - 2

dalam bentuk pengolahan data hasil pengukuran, ketelitian dalam perhitungan ataupun pengukuran juga perancangan ataupun analisis perbaikan dari suatu sistem kerja. Adapun tujuan dari laporan praktikum adalah sebaga berikut :

1. 2.

Menganalisa suatu sistem kerja dan meneliti seluruh kegiatan atau operasi dan Mengolah hasil pengukuran waktu dengan melakukan pembakuan waktu kerja

menyajikan berbagai fakta yang ada pada sistem kerja pada peta-peta kerja. dengan menggunakan jam henti dan waktu gerakan yaitu Work Factor (WF), Motion Time Measurement (MTM), Maynard Operation Sequence Time (MOST).

3.

Memberi

pengetahuan

kepada

para

pembaca

mengenai

bagaimana

penggunaan peta-peta kerja dalam mengolah data pengukuran suatu pekerjaan. 1.4. PEMBATASAN MASALAH Sehubungan dalam pembuatan laporan ini hanya membahas peta-peta kerja dan pengukuran waktu kerja yang menggunakan waktu gerakan yaitu Work Factor (WF), Motion Time Measurement (MTM), Maynard Operation Sequence Time (MOST). Maka kami membatasi ruang lingkup penulisan hanya pada masalah sebagai berikut :

1. Pembuatan peta-peta kerja keseluruhan dan peta kerja setempat baik sekarang
maupun usulannya.

2. Perhitungan waktu siklus yang dihitung untuk empat stasiun kerja dan produk
yang dibuat adalah meja kayu sebanyak 30 buah.

a) b) c) d)

Stasiun 1 Stasiun 2 Stasiun 3 Stasiun 4

= Pembuatan badan meja = Pembuatan kaki meja = Pembuatan ruas meja = Perakitan dan penghalusan seluruh komponen meja

M1 BAB I Hal - 3