PRAKTIKUM I PENGENALAN VISUAL BASIC

1.1.

Tujuan Intruksional Khusus 1. Memperkenalkan Dasar Pemograman Komputer dengan Bahasa Visual basic 2. Memperkenalkan Proses instalasi Software Visual basic 3. Memahami fitur-fitur Visual basic 4. Dapat menjelaskan aspek teori maupun Aplikasi Software Visual basic

1.2.

Dasar Teori Visual Basic merupakan bahasa pemograman komputer. Bahasa pemograman adalah perintah-perintah atau instruksi yang dimengerti oleh komputer untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Visual Basic selain disebut sebagai bahasa pemograman, juga sering disebut sebagai sarana (tool) untuk menghasilkan program-program aplikasi berbasiskan

windows. Visual Basic memungkinkan pembuatan aplikasi Graphical User Interface (GUI) atau pemograman yang menggunakan tampilan grafis sebagai alat komunikasi dengan pemakainya. Dalam Visual Basic untuk pembuatan tampilan user interface relatif mudah dilakukan karena hanya perlu meletakkan objek-objek grafis ke sumber (form) yang sudah disediakan Visual Basic.

Lingkungan Visual Basic. 1. Main Menu Main menu terdiri dari dua komponen yaitu Menubar dan TitleBar. MenuBar menampilkan menu yang berisi perintah-perintah pada Visual Basic, sedangkan TitleBar menampilkan judul proyek Visual Basic yang sedang dikerjakan.

1

6. 3. Form Window Form Window atau jendela form adalah daerah kerja utama. Menu ToolBox ToolBox mengandung semua objek atau kontrol yang dibutuhkan untuk membentuk suatu program aplikasi. Properti adalah sifat dari sebuah objek. Kontrol adalah suatu objek yang akan menjadi interface (penghubung) antara program aplikasi dan user. Jendela form inilah yang akan menjadi latar belakang dari program aplikasi. Jendela Properties ini memiliki dua buah tab . Jendela Properties Jendela Properties adalah jendela yang mengandung semua informasi mengenai objek yang terdapat pada aplikasi Visual Basic. scrollbar dan sebagainya. posisi dan sebagainya. seperti nama. modul. Project Explorer Jendela Project Explorer adalah jendela yang mengandung semua file di dalam aplikasi Visual Basic. semua yang terdapat di dalam form akan ditampilkan pada layar window. tombol-tombol perintah. misalnya form. 5. ukuran. class dan sebaginya. Pada Project Explorer ditampilkan semua file yang terdapat pada aplikasi (proyek). warna. Setiap aplikasi dalam Visual Basic disebut dengan istilah project (proyek). Untuk mengatur bentuk dan karakteristik dari setiap objek melalui Jendela Properties. ToolBar disediakan Visual Basic untuk mengakses berbagai fungsi yang ada dalam menu secara lebih cepat dan lebih mudah. Form Window untuk meletakkan berbagai macam objek interaktif seperti teks.2 2. Pada saat program aplikasi dijalankan. 4. gambar. dan setiap proyek bisa mengandung lebih dari satu file. Menu ToolBar Menu ToolBar merupakan menu berbentuk icon yang berisi perintah.

3 yaitu tab Alphabetic dan tab Categorized. 7. semua properti dikelompokkan berdasarkan jenisnya.Klik ganda objek tertentu pada Form Window. Tidak ada perbedaan antara kedua tab tersebut terhadap properti yang ditampilkan.Pilih menu View> Code . jendela ini tidak akan ditampilkan pada layar. Cara untuk menampilkan Jendela Kode : . atau . misalnya menutup aplikasi. Pada saat menjalankan Visual Basic. Jendela ini berisi kode-kode program yang merupakan instruksiinstruksi untuk aplikasi Visual Basic. perbedaan keduanya hanyalah cara menampilkan. membatalkan perintah dan sebagainya. semua properti dari objek akan diurutkan berdasarkan abjad. Setiap objek pada Visual Basic dapat ditambahkan dengan kode-kode program untuk melakukan tugastugas tertentu.Klik ganda pada komponen yang diinginkan. Jendela Code . lalu pilih View Code Gambar 1. Pada tab Alphabetic. Jendela Code Jendela Code adalah salah satu jendela yang penting dalam Visual Basic. sedangkan pada tab Categorized.

Posisi form pada Form Layout Window inilah yang merupakan petunjuk di mana aplikasi akan ditampilkan pada layar monitor saat dijalankan. Form Layout Window Form Layout Window adalah jendela yang menggambarkan posisi dari form yang ditampilkan pada layar monitor. Jika ingin memindahkan form ke posisi yang lain pada layar. Titlebar Menubar Toolbar Toolbox Form Project Explorer Property Form Layout Gambar 2. Tampilan Visual Basic dengan form sebagai area kerja Keterangan: o Titlebar : menampilkan judul proyek Visual Basic o Toolbar: shortcut yang digunakan untuk membuat perintah suatu proyek.4 8.0 . dengan menggeser form tersebut pada jendela Form Layout Window. o Menubar: menu untuk perintah Visual Basic 6.

o Form: bidang untuk membuat suatu form. o Form Layout: penampilan form pada layar. kontrol pada Toolbox . Kontrol menyediakan interface (antar muka atau penghubung) antar user (pemakai akhir) dengan program aplikasi. Pointer Label Frame Check Box Picture Box Text Box Common Button Option Button List Box Vertical Scrollbar Drive List Box File List Box Horizontal Scrollbar Directory List Box Shape Image OLE Line Data Gambar 3. Setiap kontrol dalam Visual Basic disediakan oleh jendela ToolBox. Kontrol Pada Visual Basic Kontrol (control) adalah salah satu objek di dalam Visual Basic. Semua kontrol di dalam form akan menjadi media bagi user untuk menggunakan program aplikasi. Pada saat membuat program aplikasi dengan Visual Basic. o Property: daftar setting properti. o Project Explorer : menampilkan semua file didalam aplikasi Visual Basic.5 o Toolbox: objek yang digunakan untuk membuat suatu form. kontrol-kontrol tersebut harus diletakkan semua di dalam jendela form.

6 Cara Kerja Visual Basic. Semua ini harus di buat dalam jendela code. Sebuah program dibagi menjadi bagian-bagian kecil yang disebut dengan objek. Setiap objek memiliki sekumpulan sifat dan metode yang melakukan fungsi tertentu sesuai dengan yang telah diprogramkan. meletakkan mouse di atas objek. dan sebagainya. Event Event adalah segala sesuatu yang dialami sebuah objek. dan sebagainya. Misalnya warna. Properti atau Atribut Properti adalah karakteristik atau sifat dari sebuah objek. yang diakibatkan baik oleh tindakan user atau tindakan dari program itu sendiri. mengetik pada kotak teks. Metode Metode adalah serangkaian prosedur yang dimiliki oleh suatu objek yang akan dijalankan sesuai respon yang diberikan oleh suatu perintah atau kejadian. menerima nilai. Software Visual Basic Versi 6 . 1. Daftar Alat dan Bahan 1. Komputer dengan spesifikasi yang cukup memadai untuk dapat menjalankan Software Visual Basic 2. menutup aplikasi. 2. 3. Tiga hal utama yang terdapat pada objek yaitu : 1. dan sebagainya. tulisan.3. Metode atau tindakan yang dilakukan bergantung pada instruksi yang dituliskan untuk objek tersebut. Misalnya melakukan perhitungan. Sebagai contoh. ukuran. mengklik tombol mouse pada sebuah tombol.

Keselamatan Kerja Untuk menjaga keselamatan dalam melakukan praktikum: 1. Adapun menurut pendapat saya. spesikasi diatas bukan batasan minimal yang harus dipenuhi untuk dapat menjalankan installasi Visual Basic. sekiranya dapat anda jadikan gambaran.) 3. Pasangkan kabel power ke stop kontak yang telah disediakan di meja praktikum. virtual memory 300-400 (ini bukan konfigurasi minimal yang harus anda ikuti. RAM 64 MB. 2. sepesifikasi diatas adalah sudah cukup dan masih jauh dari baik. 4.5. .7 1. 1. Semua saya tuliskan hanya ingin memberikan gambaran seperti apa mesin yg digunakan pada penulisan jobsheet ini. XP. Tekan tombol power on pada CPU dan monitor. Lembar Kerja Proses installasi Visual Basic tergolong mudah. Hardisk 8GB (2 partisi 50%:50%). Note: Sekali lagi saya ingatkan. 2. Windows 7 dll namun untuk para pengguna yang masih memakai Windows 98. Pentium III 750. Berikut adalah spesifikasi komputer yang dipakai pada proses installasi Visual Basic.4. sehingga harapan saya dapat menjadikan perbandingan untuk sistem yg akan buat. berikut adalah proses installasi Visual Basic versi 6 pada windows 2000. tidak usah terlalu kecewa karena berdasarkan pengalaman semua step yang dilalui adalah sama. biarkan komputer menyala sampai tampilan desktop windows tampil dengan sempurna. sehingga mungkin dapat anda jadikan bahan perbandingan untuk proses installasi yg akan anda lakukan. Sistem operasi Windows 2000 Professional. 1.

5.EXE 2. Proses pertama adalah menjalankan file installasi dari CD. cabutlah kabel power yang terhubung ke stop kontak. Setelah itu akan muncul dialog untuk melanjutkan proses instalasi. yaitu dengan men-double klik file SETUP. Setelah power komputer mati. 3.6. Matikan computer dengan cara klik tombol start-turn off. Bila praktikum sudah selesai. Langkah Percobaan Percobaan berikutnya hanya berkaitan cara menginstall software Visual Basic 6 sebagai berikut : 1. silakan pilih Run Program. Buatlah setiap program sesuai dengan contoh kode program dan simpanlah dalam sebuah folder. tutup semua program aplikasi yang terbuka. 4.8 3. Pada Program Compatibility Assistant. 1. lalu akan muncul : . dan silakan pilih next setelah muncul layar : .

4.9 . dan akan muncul layar : . 5. Setelah itu klik tombol button Next untuk melanjutkan proses selanjutnya. lalu pilih next. Kemudian Pilih I Accept the agreement.

sehingga muncul : 7. Kemudian akan ditanyakan apakah dilanjutkan. maka pilih Run Program dan prosesnya akan muncul layar: . Isi ID number product Software Visual Basic dan Nama Anda serta Perusahaan Anda. 8. lalu tekan Nex.10 6. Kemudian Pilih Enterprise setup optionsnya. lalu pilih next kembali.

. Apayang dimaksud dengan Pemograman.8. Software akan melanjutkan proses Instalasi sampai dengan selesai. Sebutkan beberapa versi software Visual Basic sampai dengan saat ini. Jelaskan apa yang perlu diperhatikan dalam installasi Software VB. Data Hasil Hasil installasi software Visual Basic 6 : 1. 10. Lalu pilih Continue untuk melanjutkan Instalasi. 3.7. 2.11 9. Soal : 1. dan buat sebuah Algoritma tentang pemograman sederhana. 1.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful