Você está na página 1de 37

Penulisan Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)

Dr. Sri Kusumadewi, S.Si., MT.

Alasan mengikuti PKM?

Macam-macam PKM
PKM-P (Penelitian) PKM-T (penerapan Teknologi) PKM-K (Kewirausahaan PKM-M (pengabdian Masyarakat)

PKMP [Penelitian]
Kegiatan: kreatif & inovatif dalam penelitian Luaran: artikel, paten. Contoh:
Aktivitas Antimikroba Ekstrak Miselia Ganoderma lucidum pada Media Cair, pH dan Lama Inkubasi Berbeda Terhadap Mikroba Patogen Optimasi Produksi Karotenoid Oleh Khamir Phaffia rhodozyma

PKMT [penerapan Teknologi]


Kegiatan: kreatif & inovatif dalam menciptakan karya teknologi. Luaran: model, desain, perangkat lunak, jasa, paten. Contoh:
Desain Sarana Wudhu yang Ergonomis untuk Penderita Cacat. Desain Rumah Cerdas menggunakan Bahasa Alami.

PKMK [Kewirausahaan]
Kegiatan: kreatif & inovatif dalam membuka peluang usaha. Luaran: barang dan jasa komersial. Contoh:
Pendirian Usaha Kerajinan Berbahan Dasar Eceng Gondok. Pendirian Usaha Makanan Rendah Kolesterol Khusus Penderita Diabetes.

PKMM [pengabdian Masyarakat]


Kegiatan: kreatif & inovatif dalam membantu masyarakat. Luaran: desain, barang, jasa. Contoh:
Pembinaan Anak-anak Lintas Budaya dan Agama. Pembuatan Sofware Teori Himpunan untuk Menarik Minat Belajar Matematika.

Bagaimana agar proposal diterima?


Proposal harus menarik. Kegiatan yang dilakukan menghasilkan luaran yang sangat bermanfaat dan realistik. Pengajuan proposal memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan.

Proposal yang Menarik


Judul mudah dipahami. Judul mewakili kegiatan yang akan dilakukan. Proposal disusun dengan sistematika penulisan yang sebaik mungkin.

Sistematika Proposal
1) 2) 3) 4) 5) 6) 7) 8) 9) 10) 11) 12) 13) 14) 15) 16) Judul Program Latar Belakang Masalah Perumusan Masalah Tujuan Program Luaran Yang Diharapkan Kegunaan Program Tinjauan Pustaka (untuk PKM Penelitian dan Penerapan Teknologi), Gambaran Umum Rencana Usaha (ulasan mengenai hasil survai pasar atau survai kelayakan usaha untuk kegiatan kewirausahaan yang direncanakan dalam PKMK), Gambaran Umum Masyarakat Sasaran (untuk PKMM) Metode Pelaksanaan Program Jadwal Kegiatan Program Nama dan Biodata Ketua serta Anggota Kelompok Nama dan Biodata Dosen Pendamping Biaya Daftar Pustaka (untuk PKMP dan PKMT) Lampiran

Judul Proposal (1)


Judul harus singkat dan jelas, menggambarkan kegiatan yang akan dilakukan. Kesalahan yang sering terjadi:
Judul terlalu panjang. Pembentukan kalimat tidak mengikuti kaidah tata Bahasa Indonesia yang benar

Judul Proposal (2)


Contoh judul yang salah:
Sistem Pakar untuk Mendiagnosis Gizi Buruk pada Balita Berdasarkan Gejala-gejala yang Dialami Balita Berbasis web.

Judul yang benar:


Sistem Pakar Berbasis web untuk Diagnosis Gizi Buruk pada Balita.

Latar Belakang Masalah (1)


Secara umum, latar belakang berisi uraian tentang identifikasi masalah yang akan dicari solusinya melalui kegiatan yang akan dilakukan. Untuk PKMP dan PKMT, dapat merujuk dari berbagai sumber pustaka dan pandangan singkat dari para penulis/peneliti lain yang pernah melakukan pembahasan tentang topik terkait Khusus PKMK, uraikan proses dalam mengidentifikasi peluang usaha.

Latar Belakang Masalah (2)


Kesalahan yang sering terjadi:
Latar belakang bercerita banyak tentang konsep (dasar teori). Latar belakang terdiri-dari beberapa paragraf yang tidak saling terkait. Latar belakang sudah mencetuskan kesimpulan.
Contoh

Perumusan Masalah (1)


Perumusan masalah berisi uraian tentang rumusan permasalahan yang akan dicari solusinya. Uraian tersebut dapat berupa pendekatan dan konsep untuk menjawab
masalah yang diteliti, hipotesis yang akan diuji, dugaan yang akan dibuktikan, masalah yang akan dicari penyelesaiannya, atau peluang usaha yang akan diraih

Perumusan Masalah (2)


Pada perumusan masalah dapat juga disertai dengan definisi, asumsi, dan lingkup yang menjadi batasan dari kegiatan PKM (jika diperlukan).

Tujuan Program (1)


Tujuan program harus dibuat secara singkat, tepat, dan dapat diukur. Secara khusus:
Pada kegiatan PKMP, tujuan program dapat berupa menjajagi, menguraikan, menerangkan, membuktikan atau menerapkan suatu gejala, konsep atau dugaan, atau membuat suatu model. Pada kegiatan PKMT, PKMK dan PKMM, tujuan program dapat berupa kondisi yang baru yang diharapkan terwujud setelah kegiatan PKMT, PKMK maupun PKMM selesai.

Tujuan Program (2)


Kesalahan yang sering terjadi:
Tujuan program berisi manfaat program.

Luaran yang Diharapkan


PKM PMKP PMKT PMKK PMKM Luaran artikel, paten model, desain, perangkat lunak, jasa, paten barang dan jasa komersial desain, barang, jasa

Kegunaan Program
Kegunaan program berisi manfaat yang akan diperoleh bagi khalayak sasaran setelah kegiatan PKM selesai. Uraikan beberapa manfaat yang akan diperoleh.

Tinjauan Pustaka (untuk PKMP & PMKT)


Tinjauan pustaka berisi: teori, temuan, dan bahan penelitian lain yang diperoleh dari acuan, yang dijadikan landasan untuk melakukan kegiatan PKM yang diusulkan. Tinjauan Pustaka mengacu pada Daftar Pustaka. Usahakan pustaka terbaru, relevan dan asli dari jurnal ilmiah.

Gambaran Umum Rencana Usaha (untuk PKMK)


Gambaran umum rencana usaha berisi:
Uraian tentang kondisi umum lingkungan yang menimbulkan gagasan menciptakan kegiatan usaha. Gambaran mengenai potensi sumberdaya dan peluang pasar termasuk analisis ekonomi usaha yang direncanakan disajikan secara singkat untuk menunjukkan kelayakan usaha. Gambaran usaha yang direncanakan harus menjanjikan perolehan profit untuk menjamin peluang keberlanjutan usaha setelah kegiatan PKMK selesai dilaksanakan.

Gambaran Umum Masyarakat Sasaran (untuk PKMM)


Gambaran umum masyarakat sasaran berisi:
Penjelasan mengenai kondisi masyarakat sasaran yang akan menerima kegiatan pengabdian harus diberikan secara konkrit. Uraian permasalahan yang dihadapi masyarakat yang membutuhkan bantuan pemecahannya. Gambaran solusi yang ditawarkan termasuk teknologi yang akan digunakan.

Hindari usulan kegiatan percobaan dalam PKMM.

Metode Pelaksanaan Program (1)


Pada PMKP, PMKT, dan PMKK, metode pelaksanaa program berisi uraian terinci tentang metode yang digunakan dalam mencapai tujuan. Pada PKMP dapat diganti dengan Metode Penelitian, yang berisi variabel dalam penelitian, model yang digunakan, rancangan penelitian, teknik pengumpulan data dan analisis data, cara penafsiran dan penyimpulan hasil penelitian.

Jadwal Kegiatan Program


Jadwal kegiatan PKM meliputi kegiatan persiapan, pelaksanaan dan penyusunan laporan kegiatan PKM dalam bentuk Bar-chart. Jadwal pelaksanaan mengacu pada Metode Pelaksanaan Program . Urutan waktu pelaksanaan, gunakan kata bulan ke-1, bulan ke-2, dan seterusnya, bukan nama bulan.

Nama dan Biodata Ketua serta nggota Kelompok


1. Ketua Pelaksana Kegiatan a. Nama Lengkap : b. NIM : c. Fak/Program Studi : d. Perguruan Tinggi : e. Waktu untuk kegiatan : ........ jam/minggu 2. Anggota Pelaksana (rincian seperti butir 1)

Nama dan Biodata Dosen Pendamping


1. Nama Lengkap : 2. NIP : . 3. Golongan Pangkat dan : 3. Jabatan Fungsional : 4. Jabatan Struktural : ... 5. Fakultas/Program Studi : 6. Perguruan Tinggi : 7. Bidang Keahlian : ... 8. Waktu untuk kegiatan : jam/minggu

Biaya
Bagian ini berisi rincian biaya PKM baik yang didanai Depdiknas Maksimum sesuai ketentuan yang disebutkan pada tahun anggaran yang berlaku maupun pihak lain dengan mengacu pada Metode Pelaksanaan Program. Komponen biaya seperti: 1. Bahan habis pakai, 2. Peralatan, penunjang PKM, 3. Perjalanan, 4. Sewa alat, dll. Rincian biaya harus lengkap, wajar dan jelas peruntukannya. Honorarium bagi tim pelaksana maupun dosen pendamping tidak diperkenankan.

Daftar Pustaka
Daftar pustaka berisi informasi tentang sumber pustaka yang telah dirujuk dalam tubuh tulisan. Untuk setiap pustaka yang dirujuk dalam naskah harus muncul dalam daftar pustaka, begitu juga sebaliknya setiap pustaka yang muncul dalam daftar pustaka harus pernah dirujuk dalam tubuh tulisan.

Aturan Penulisan (1)


Proposal ditulis dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Halaman judul, nama/daftar anggota kelompok, halaman pengesahan, diberi nomor halaman menggunakan angka romawi kecil dan diketik di sebelah kanan bawah (i, ii, dan seterusnya). Bagian utama (naskah artikel) diberi nomor halaman menggunakan angka arab yang dimulai dengan nomor halaman 1 (satu) dan diketik di sebelah kanan atas.

Aturan Penulisan (2)


Tabel diberi judul dengan penomoran tabel sesuai dengan urutan kemunculannya dalam naskah. Judul tabel ditulis di atas tabel dengan nomor tabel menggunakan angka arab. Gambar baik dalam bentuk grafik maupun foto diberi judul dengan penomoran gambar sesuai dengan urutan kemunculannya dalam naskah. Judul gambar ditulis di bawah gambar dengan nomor gambar menggunakan angka arab. Khusus PKMP dan PKMT, penulisan pustaka (penyebutan sumber pustaka dalam naskah serta penulisan daftar pustaka) hendaknya mengikuti aturan penulisan yang berlaku.

Penilaian
Penilaian dilakukan dengan menggunakan kriteria-kriteria tertentu. Tiap-tiap kriteria memiliki bobot. Skor yang diberikan untuk setiap kriteria adalah: 1, 2, 3, 5, 6 atau 7. Proposal kegiatan yang diterima harus mendapatkan nilai minimum 500.

Penilaian PKMP

Penilaian PKMT

Penilaian PKMK

Penilaian PKMM

Pustaka
Dikti, DP2M. Buku II Edisi VII PKM, Online pada http://dp2m-dikti.net/data/ panduan7/Buku%20II%20Edisi%20VII%20 PKM.pdf diakses Agustus 2008.