P. 1
Debian Dan Instalasi

Debian Dan Instalasi

|Views: 6|Likes:
Publicado porAgus aji Pangestu

More info:

Published by: Agus aji Pangestu on Feb 14, 2013
Direitos Autorais:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/02/2014

pdf

text

original

INSTALASI SISTEM OPERASI

3.1 Instalasi Debian GNU Linux
1.

Pertama-tama pastinya sediakan terlebih dahulu CD/DVD installer Debian GNU Linux. Nyalakan PC nya, kemudian masuk BIOS dengan menekan tombol DEL dan atur Boot Priority nya.

2.

Muncul pilihan untuk menginstal debian. Jika anda ingin menginstal debian berbasis graphic, anda bisa pilih opsi “Graphical Install”. Tapi jika anda lebih suka memilih berbasis teks bisa pilih opsi yang pertama.

3.

Pilih bahasa instalasi yang akan anda gunakan. Dalam hal ini saya memilih Bahasa Inggris, karena English adalah bahasa universal yang digunakan dalam dunia komputer.

4.

Setelah memilih bahasa penginstalan, kita pilih area territorial atau lokasi geografis tempat kita berada. Jika tidak ada benua Asia bisa pilih other terlebih dahulu. Kemudian pilih Asia, dan pilih Indonesia.

5.

Kemudian pilih locale setting, pilih defaultnya saja yaitu United States.

6.

Selanjutnya memilih layout keyboard yang anda gunakan. Jika anda tidak tahu jenis layout keyboard yang anda gunakan biarkan saja dalam keadaan default (American English).

7.

Langkah selanjutnya yaitu konfigurasi network yang akan kita gunakan. Jika ada pesan ”your network is probably not using the DHCP protocol” pilih Continue setelah itu pilih ”Do not configure the network at this time”. Karena kita akan mengkonfigurasi network kita setelah instalasi.

8.

Lalu kita isi hostname dan password kita. Di sini hostname saya adalah “server”. Password silakan anda isi sesuai hati nurani anda ! Jika sudah pilih continue.

9.

Kemudian anda isi nama user anda beserta passwordnya.

10.

Setelah itu pilih kota yang sesuai dengan zona waktu anda !

11.

Pada tahapan ini adalah membuat partisi. Pilih metode Manual Partition, karena kita akan mengatur sendiri partisi yang akan kita gunakan. Kemudian akan muncul disk drive yang akan kita install (FREE SPACE). Pilih Create a new partition.

12.

Pertama kita buat partisi swap terlebih dahulu. Idealnya partisi swap adalah dua kali size memory fisik anda. Di sini memory yang saya gunakan adalah 512 MB, maka swap area

yang saya alokasikan adalah 1 GB. Jika sudah buat swap area pilih Done setting up the partition.

13.

Free space yang tersedia bisa anda gunakan untuk membuat partisi root. Dalam menginstall sistem operasi linux, minimal kita harus menginstall dua partisi. Dalam hal ini saya gunakan 7,6 GB untuk partisi root saya. Jika harddisk anda kapasitasnya lebih besar, bisa disesuaikan sesuai dengan yang anda inginkan. Pilih file system Ext4 journal file system. Jika sudah pilih “Done setting up the partition.

14.

Jika anda sudah selesai membuat partisi yang akan anda gunakan, maka di sana akan muncul partition table yang sudah anda buat sebelumnya. Jika anda sudah yakin untuk melanjutkan proses instalasi, pilih Finish partitioning and write changes to disk.

15.

Proses selanjutnya adalah menginstall base system. Debian akan secara otomatis menginstall base system tersebut. Anda bisa menunggunya sambil membuat secangkir teh manis atau segelas kopi hitam.

16.

Setelah proses penginstalan base system selesai, anda akan ditanya apakah ingin menscan CD atau DVD Debian lainnya atau tidak. Jika tidak, silakan pilih No.

17.

Pada tahapan Participate in the package usage survey anda bisa pilih No.

18.

Kemudian debian akan menanyakan software apakah yang akan anda install. Apakah anda ingin menginstall web server, file server, dan sebagainya. Penulis dalam hal ini tidak menginstall “Desktop Environment”, sistem operasi jaringan semacam debian ini tidak ideal jika menggunakan “Desktop Environment”. Pilih standard system utilities, kemudian pilih Continue.

19.

Ini adalah tahapan akhir dari proses instalasi debian, pilih yes untuk menginstall grub loader.

20.

Instalasi sudah selesai, kemudian debian akan meminta anda untuk me-restart komputer anda.

21.

Ini adalah tampilan dari Debian GNU Linux.

Silakan login ke server anda untuk melanjutkan proses intalasi layanan server beserta konfigurasinya !

3.2 Instalasi Windows 7
1. Nyalakan komputer, tekan tombol Delete untuk masuk ke menu BIOS, kemudian atur boot priority. Buat CD-ROM Drive menjadi 1st boot priority dan Hard Drive menjadi 2nd boot priority.

2. Setelah selesai tekan F10 lalu pilih Yes untuk keluar dan menyimpan hasil konfigurasi. 6. Masukan CD Instalasi Windows XP. 7. Pada tampilan Welcome to Setup, tekan Enter untuk masuk ke instalasi Windows XP.

8. Instalasi, lalu akan muncul (End User Licese Aggrement) seperti gambar di bawah ini. Tekan "F8" kemudian proses instalasi akan mencari dan membaca partisi hardisk anda.

9. Kemudian akan muncul tampilan untuk mempartisi, tekan C untuk membuat partisi baru.

10. Tentukan jumlah dan kapasitas partisi yang akan dibuat.

11. Kemudian anda Pilih Format the partition using the NTFS file system (Qiuik)

12. Selanjutnya Windows akan melakukan proses partisi dan proses format pada harddisk.

14. Setelah itu komputer akan melakukan restart. 15. Selanjutnya akan muncul tampilan Preparing Installation

16. Tunggu beberapa saat dan akan muncul tampilan Windows Setup, Regional and Language Options untuk mengkonfigurasi lokasi dan bahasa yang akan digunakan, lalu pilih Next

17. Akan muncul kotak isian Name yang harus diisi nama pengguna dan Organization yang diisi nama organisasi pengguna, lalu pilih Next.

18. Masukkan CD Key Windows XP yang tertera pada bagian belakang CD, lalu Next

19. Isi Computer Name sebagai nama komputer dan isikan Password Administrator, jika diperlukan.

20. Kemudian lakukan konfigurasi Setting Date and Time

21. Pada pilihan Networking Setting, pilih Typical Settings

22. Selanjutnya akan muncul tampilan Workgroup or Computer Domain, pilih Workgroup jika komputer tidak terhubung ke jaringan atau pilih Computer Domain jika komputer terhubung dengan jaringan. Tekan next dan computer akan melakukan tahap instalasi akhir.

23. Proses Instalasi Windows XP telah selesai dan siap dioperasikan

You're Reading a Free Preview

Descarregar
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->