Você está na página 1de 6

ANGGARAN DASAR/ RUMAH TANGGA KELOMPOK USAHA BERSAMA (KUB) PAMPUS BI NAMA DAN KEDUDUKAN Pasal 1 Nama Nama

organisasi ini bernama Kelompok Usaha Bersama (KUB) PAMPUS Pasal 2 Kedudukan / Tempat Kelompok Usaha Bersama (KUB) PAMPUS berkedudukan di Dsn. Harapan Kuala Langsa Langsa Barat Kota Langsa Negara Kesatuan Republik Indonesia

LANDASAN Pasal 3

"Undang-Undang Republik Indonesia No 11 Tahun 2009 tentang kesejahteraan Sosial" Berangkatlah kamu baik dalam keadaan merasa ringan maupun merasa berat, dan berjihadlah dengan harta dan dirimu dijalan Allah. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. (QS. At Taubah: 41) "Dan hendaknya ada diantara kamu segolongan umat yang menyeru pada kebajikan, menyuruh pada yg ma'ruf dan mencegah dari yang munkar,merekalah orang-orang yg beruntung." (QS Ali Imran: 104)

Kelompok Usaha Bersama (KUB) PAMPUS

Berimanlah kamu kepada Allah dan RasulNya dan berjuang pada jalan Allah dengan harta dan dirimu. Itulah yang lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. (Jika kamu berbuat demikian) niscaya Allah akan mengampuni dosamu dan memasukkan kamu ke dalam surga yang mengalir sungai di bawahnya, dan (ke dalam) tempat-tempat yang indah dalam surga And. Itulah kemenangan yang besar. (QS. As Shaf: 11-12) "Dan orang-orang yang berjihad di jalan Kami, sungguh akan Kami tunjukkan jalan-jalan Kami. Dan sesungguhnya Allah menyertai orang-orang yang berbuat kebaikan." (QS. Al Ankabut: 69) Sesungguhnya Allah hanya melarang kamu menjadikan sebagai kawanmu orang-orang yang memerangi kamu karena agama dan mengusir kamu dari negerimu dan membantu (orang lain) untuk mengusirmu. Dan barangsiapa menjadikan mereka sebagai kawan, maka mereka itulah orang-orang yang zalim. (QS. Al Mumtahanah, 60: 9) Orang orang yang hijrah yang diusir dari kampung halamannya , yang disiksa pada jalanKu dan berperang dan diperangi sesunguhnya akan Aku masukkan ke dalam surga yang mengalir sungai sungai di dalamnya itulah balasan dari Allah. (QS. Ali Imron: 195)

TUJUAN DAN USAHA Pasal 4 Tujuan Tujuan KUB diarahkan kepada upaya mempercepat penghapusan kemiskinan, melalui : 1. Peningkatan kemampuan berusaha para anggota KUB secara bersama dalam kelompok 2. Peningkatan pendapatan 3. Pengembangan usaha 4. Peningkatan kepedulian dan kesetiakawanan sosial diantara para anggota KUB dan dengan masyarakat sekitar.

AB IV

Kelompok Usaha Bersama (KUB) PAMPUS

KEANGGOTAAN DAN KEPENGURUSAN Pasal 6 Keanggotaan Kelompok Usaha Bersama (KUB) PAMPUS terbuka untuk seluruh masyarakat. Pasal 7 Syarat-syarat Kepengurusan Pada hakekatnya KUB dibentuk dari, oleh dan untuk anggota kelompok adapun syaratsyarat : 1. Berdomisili di Gampong Sungai Lueng 2. Mempuyai Kepribadian Yang Baik. 3. Memiliki perhatian terhadap kesejahteraan Sosial dan dakwah Islam

Pasal 8 Prinsip Kepengurusan 1. Memiliki pemahaman yang lurus dan benar bahwa usaha milik bersama. 2. Memurnikan niat untuk Allah dalam segala perbuatan. 3. Tidak banyak omong kosong dan mengedepankan amal/ perbuatan nyata. 4. Taat pada keputusan bersama dan menjaga ukhuwah dengan sesama muslim. 5. Mengupayakan totalitas perjuangan, tidak setengah-setengah dalam bergerak. 7. Percaya kepada yang memimpin dan yang dipimpin.

Pasal 9 Pencabutan Status Kepengurusan Anggota dapat diberhentikan karena: 1. Melakukan hal-hal yang bertentangan dengan hokum,adat istiadat dan nilai Islam 2. Melakukan hal-hal yang merugikan KUB dan mencemarkan nama baik organisasi KUB.

Kelompok Usaha Bersama (KUB) PAMPUS

Pasal 10 Kewajiban dan Hak Anggota dan Pengurus 1. Kewajiban Anggota a. b. c. Berusaha untuk membina diri dan menghiasinya dengan akhlaq Islami. Menjalankan nilai-nilai Islam. Mentaati kode etik dan peraturan-peraturan yang dikeluarkan oleh KUB.

2. Hak Anggota a. Mengetahui dan berpartisipasi dalam kegiatan KUB. b. Mengajukan pertanyaan, keberatan, saran serta usul kepada Ketua KUB, baik secara lisan maupun tulisan. c. Memilih dan dipilih sebagai ketua KUB. d. Menggunakan fasilitas KUB sesuai dengan ketentuan yang berlaku BADAN KELENGKAPAN ORGANISASI Pasal 11 1. Dewan Pengurus, yang menjalankan fungsi pembinaan, penasihat, serta pemberi arahan dan masukan bagi laju gerak KUB. 2. Pelaksna Harian: yang melaksanakan kegiatan rutin harian yang sesuai dengan aturan yang ada. BAB VI KEKAYAAN Pasal 12 1. Iuran Anggota 2. Usaha Usaha seperti : Simpan Pinjam, Boat dan yang lain tidak bertentangan dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga KUB. 3. AD/ART Kelompok Usaha Bersama (KUB) PAMPUS

AB VII

Kelompok Usaha Bersama (KUB) PAMPUS

PERUBAHAN ANGGARAN DASAR Pasal 13 Perubahan anggaran dasar hanya dapat dilakukan oleh MUBES (Musyawarah Besar) Kelompok Usaha Bersama (KUB) PAMPUS.

MUSYAWARAH BESAR KELOMPOK USAHA BERSAMA (KUB) PAMPUS

Pasal 14 Status 1. Musyawarah Besar KUB memegang kekuasaan tertinggi dalam organisasi. 2. Musyawarah Besar KUB diselenggarakan sesuai kebutuhan, dan sekurangkurangnya diselenggarakan sebanyak 1 (satu) kali dalam setahun.

Pasal 15 Tugas, Wewenang dan Kekuasaan Musyawarah Besar Membahas pergerakan Kelompok Usaha Bersama (KUB) PAMPUS secara umum. TANGGUNG JAWAB Pasal 16 Seluruh anggota KUB bertanggung jawab secara moril dan materil kepada Allah SWT.

PENUTUP Pasal 17 1. AD/RT ini berlaku selama pengurus Kelompok Usaha Bersama (KUB) PAMPUS yang baru belum merubah. 2. Hal-hal yang terdapat pada AD/RT ini harap dapat diperhatikan dan dipertanggungjawabkan dengan semestinya. 3. AD/RT ini telah ditetapkan oleh ketua KUB.

Kelompok Usaha Bersama (KUB) PAMPUS

Anggaran dasar ini berlaku selamanya, selama pengurus Kelompok Usaha Bersama (KUB) PAMPUS yang baru belum merubah Anggaran Dasar / Anggaran Rumah Tangga KUB ini. Ditetapkan di Langsa, 21 Februari 2013

Kelompok Usaha Bersama (KUB) PAMPUS