P. 1
Planke3DDKA

Planke3DDKA

|Views: 173|Likes:
Publicado porsz_holy

More info:

Published by: sz_holy on Mar 24, 2013
Direitos Autorais:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/20/2013

pdf

text

original

Narti Agustinah (06101010023) Suci Feralia R (06101010021

)

Lesson Plan
Identitas Mata Kuliah Mata Kuliah Kode Matakuliah Fakultas/Jurusan/Prodi Semester Tempat, Waktu Pertemuan ke Topik : Dasar Dasar Kimia Analisa (3 sks) : GKM 231 : FKIP/Pendidikan MIPA/Pendidikan Kimia : III : Ruang FKIP Unsri, 150 menit :3 : Pentingnya ilmu dan kehadiran Tuhan setiap Saat dan keadaan.

Target : 1. memprediksi kation berdasarkan kelarutan sampel dari data yang diketahui. Menelaah cara pengambilan sampel berdasarlan wujud memprediksi zat analit berdasarkan aroma cuplikan. 2. Setelah perkuliahan ini mahasiswa dapat menghadirkan menuliskan Tuhan YME dalam setiap suasana dan keadaan (melalui pembelajaran kelarutan, pengambilan cuplikan dan aroma zat analit). Dosen ; K. Anom W. Kegiatan Dosen Perkiraan Respon Mahasiswa Bentuk Kete Kegiata rang n an
1.Pembukaan (pembagian waktu, kerja, dan tujuan/target kuliah hari ini, pemberian motivasi) -pembukaan 15’ -evaluasi silang dan diskusi 30’ -Presentasi 60’ -Penutup45’ 2. Secara silang rombongan kelompok yg duduk sebelah kanan (per kelompok 3 mhs) menempelkan tugas sebelumnya utk mecahkan masalah kelompok kiri mendatangi, diskusi dan menanggapi hasil kelompok kanan selama 20 menit. Lalu 20 kemudian sebaliknya hasil tugas kel. kiri ditempelkan kel kanan menanggapinya. Masalah tugas itu sebagai berikut. 2.1 Apa bunyi 7 kaidah kelarutan?

Kelas

15 menit

30 menit

Kelas

 2.1. Bunyi 7 kaidah kelarutan 1. Semua garam asetat dan/atau nitrat
melarut dalam iir, perak Asetat hanya melarut sedikit.

Kelas/ Individua l

2. Semua garam Natrium,Kalium, dan
Amonium melarut dalam air.

1

Fosfat. Bromida dan Iodida yang tak melarut dalam air juga tidak melarut dalam asam encer. Garam – garam Klorida. Sulfit. Kalium. HgI2 tak melarut dalam air. dan Amonium) tapi melarut dalam asam encer. dan Amonium) tak melarut dalam air. 5. Bagaimana zat Zat anorganik dapat melarut dalam air karena adanya hidrogen air dengan zat anorganik tersebut. CaS. anorganik ini dapat melarut dalam air? 2 . Semua garam sulfat melarut dalam air.2. dan Ionida melarut dalam air kecuali PbX2. Hidroksida – hidroksida dari natrium. dan Amonium sangat mudah melarut agak dalam air. Semua garam Sulfida (kecuali dengan Ion Barium. 7. 2. Kalium. kecuali dengan Pb. Br. Natrium. Semua garam Klorida. AgX. Bromida.Narti Agustinah (06101010023) Suci Feralia R (06101010021) 3. Kalsium. Magnesium. Garam sulfat yang tak melarut dalam air juga tak melarut dalam asam encer. dalam Kalsium air. PbX2 melarut dalam air panas. Hg2X2 (X= Cl. Hg(I). Contohnya pada KCl. BaS. 6. Kromat. diHidroksida dan Barium di-Hidroksida melarut Seemua Hidroksida dengan kation lainnya tidak melarut dalam air. dan Asetat tak melarut dalam air (kecuali dengan Natrium. Ba. Kalium. dan Ca. Semua garam Karbonat. MgCrO4 melarut dalam air dan MgSO3 melarut sedikit dalam air. I ). 4. dan MgS melarut sedikit dalam air. Borat.

HNO3 Sda Aroma Cuka Alkohol Khas menyengat. Untuk mempercepat proses peleburan. HBr.Narti Agustinah (06101010023) Suci Feralia R (06101010021) 2. asamasam seperti asam nitrat. asam sulfat. asam perklorat atau campurannya. Berikan contoh 12 zat dengan aroma khas! Aroma khas beberapa zat N o Zat Kimia 1 2 3 Asam Asetat CH3COOH CnH2n+1OH NO2. menyesakk an nafas Sda Gatal Bawang putih Telur Busuk Buah badam/Am andel racun Karbit Pesing Bunga Mawar Bunga Melati Jeruk Herbal 4 5 6 7 8 Br2. H2S HCN 9 1 0 1 1 1 2 1 3 1 4 2. biasanya ditambahkan beberapa tetes asamasam pekat. kemudian dilarutkan dengan air atau asam encer. 1.3. dan basa. Pengambilan sampel random 3 . cuplikan tersebut dilebur dengan cara dipijarkan.4 Bagaimana cara pengambilan cuplikan? C2H2 NH3. Cara kering. pedas. HJ Cl2 As S. Untuk mengubah cuplikan bentuk padat menjadi bentuk cair dapat dilakukan dengan : Cara basah yang dilakukan dengan pelarutan langsung menggunakan pelarut air. NH4OH Geraniol Amil Salisilat Sitronelol Amilsinamalde hida  Cara Pengambilan cuplikan Pada umumnya cuplikan berbentuk padatan oleh karena itu perlu dilakukan pengubahan bentuk cuplikan tersebut menjadi bentuk larutan sehingga dapat diukur. asam klorida.

Narti Agustinah (06101010023) Suci Feralia R (06101010021) (cuplikan random. Dalam hal ini. dan sebagainya). Masingmasing sampel harus dicampur homogen kemudian sampel diambil secara random untuk dianalisis. 45 menit SATUAN ACARA PEMBELAJARAN (SAP) A. Pengambilan sampel representative Sampel yang dikirim ke laboratorium analisis untuk dilakukan pngujian harus representatif untuk menghindari resiko adanya hasil analisis yang keluar dari spesifikasi yang ditentukan. Misalnya larutan sejati. tengah. Serbuk sampel yang diterima analis untuk dianalisis harus dianggap bukan sampel yang homogen. Simpulan. homogen. samping. tindak lanjut Kelas 60 menit Jawab tugas lesson plan utk pert ke-3 pekan depan. bawah. harus terlebih dahulu digerus secara homogen. baru dilakukan pengambilan sampel secara random. (Mhs lain menanggapi presentasi itu) 4. Untuk dapat disampel secara random. Begitu pula larutan/suspensi harus digojog sampai 2. cuplikan acak) Cara pengambilan sampel ini dilakukan terhadap bahan yang serba sama (homogen) atau dianggap serba sama. Cara ini dilakukan jika bahan yang akan dianalisis tidak homogen. Tiga kelompok secara sukarela presentasikan hasil kerja kelompok yg ditugaskan sebelumnya utk mecahkan masalah berikut. sampel harus diambil dari bagianbagian yang berbeda-beda dari setiap wadah (bagian atas. batch tablet. Evaluasi akhir. ampul dan sebagainya. Identitas Mata Kuliah Mata Kuliah : Dasar Dasar Kimia Analisa (3 sks) 4 . 3.

menguasai konsep dasar berbagai cara-cara analisis konvensional.inti: Evaluasi secara silang tugas dan diskusi(40’). 3. LCD.. 2. Bentuk : lembar kerja dan kinerja sikap J. H. mempresentasikan dan tanggapan (55’) c. Skoog.. karakteristik. Apersepsi. D. S.Si. Waktu Pertemuan ke Dosen pengampuh : GKM 231 : FKIP/Pendidikan MIPA/Pendidikan Kimia : III : Ruang FKIP Unsri. Kompetensi Dasar 1. lisan individual secara random Hasil penilaian silang antar mahasiswa 2. Alokasi waktu(20’) b. Penutup: merangkum. pengambilan simpel. dan Peralatan Lab I. Power point. Aroma analit G. Khopkar. dan metodologi ilmu kimia serta menyadarkan mahasiswa bahwa kemajuan Kimia didasarkan pada Pengetahuan Dasar Kimia Analitik dan mahasiswa diharapkan setelah mengikuti perkuliahan ini. Holt-Sounders International Edition. Sumber Pembelajaran 1. Kelarutan 2. Materi Pembelajaran Analisis Pendahuluan 1. menelaah pengambilan sampel. Pengambilan sampel 3. setelah perkuliahan ini mahasiswa dapat: 1. Teknik : tugas kelompok. Jakarta: UI Press. Penilaian 1. Indikator. Tujuan Mata Kuliah Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan: menguasai substansi. serta mampu menginterpretasikan data analisis yang didapat. Principles of Quantitative Analytical Chemistry. memprediksi zat berdasarkan aroma analit F. D. M. B. Kegiatan Pembelajaran a.Narti Agustinah (06101010023) Suci Feralia R (06101010021) Kode Matakuliah Fakultas/Jurusan/Prodi Semester Tempat. 150 menit :3 : Drs. Anom W. memprediksi kation dari kelarutan sampel. K. awal: penjelasan tujuan. 2002. Media/Alat yang Digunakan Lap Top. 5 . Konsep Dasar Kimia Analitik. Setelah perkuliahan ini mahasiswa dapat menghadirkan Allah SWT dalam setiap suasana dan keadaan melalui pembelajaran kelarutan. unpan balik dan tindak lanjut (35’). 2. 1980.M.A. C. dan Aroma analit E. Standar Kompetensi Menilai silang hasil simulasi penyusunan dari Penerapan Analisa Kualitatif DasarDasar Kimia Analisis.

. Drs. Ketua Program Studi Indralaya. Svehla.Narti Agustinah (06101010023) Suci Feralia R (06101010021) 3. Sumber internet Mengetahui. Jakarta: PT Kalman Media Pusaka. Anom W. G.Si. K. NIP 195904061984031001 6 . Analisis Anorganik Kualitatif Makro dan Mikro. 1985.. M. Dosen pengampuh. Edisi ke lima 4. Agustus 2011.

You're Reading a Free Preview

Descarregar
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->