P. 1
INFESTASI PARASIT.docx

INFESTASI PARASIT.docx

|Views: 85|Likes:
Publicado porSajokier Ran Dhi

More info:

Published by: Sajokier Ran Dhi on Mar 29, 2013
Direitos Autorais:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/07/2013

pdf

text

original

INFESTASI LYMPHOCYSTIS PADA IKAN MAS

DI SUSUN OLEH NURPARJOKO 10820015

FAKULTAS KEDOKTERAN HEWAN UNIVERSITAS WIJAYA KUSUMA SURABAYA 2012/2013

Wassalam. akan tetapi bila mana maklah ini masih terdpat kesalahan atau pun tidak berkenang bagi pembaca.KATA PENGANTAR Terima kasih atas perhatian nya. Dan terimakasih juga atas kehadiran tuhan yang maha ESA karena telah memberikan rahmatnya untuk menyelesaikan maklah ini dengan sempurna. kami mohon maaf yang sebesar – besarnya agar kami dapat memperbaiki semua hingga betul – betul benar. 2 . oleh karena itu diharapkan makalah ini dapat membatu dan dapat menambah pengetahuan kita semua bagi yang membacanya. makalah ini di buat untuk mengetahui penyakit parasitic yang terdapat pada hewan aquatic terutama pada pembudidayaan ikan. Terimakasih atas perhatian nya salam sejahtera untuk kita semua.

. Penyakit yang disebabkan oleh virus C. Penyakit Parasit ………………………………………… 6 ………………… 7 C.... .3... 7 ……………………………….DAFTAR ISI KATA PENGANTAR DAFTAR ISI BAB I ………………………………………… 2 ………………………………………………… 3 ………………………………………………………… 4 ………………………………………… 4 ………………………………… 4 ………………………………… 4 PENDAHULUAN A. Latar belakang B... 5 TINJAUAN PUSTAKA A.. spring virosis BAB III PEMBAHASAN BAB IV KESIMPULAN DAFTAS PUSTAKA …………………………7 ………………………………. 7 ………………………………………………… 8 ………………………………………………… 8 ………………………………………………… 10 ………………………………………………… 10 ………………………………………… 11 3 . Taksonomi dan morfologi ikan mas B. Pox C. Lymphocystis C...2 . Tujuan BAB II ………………………………………………………… 5 ………………………………………… 5 …………….1 .

Seperti diketahui penyakit ikan merupakan masalah yang serius yang harus dihadapi dalam pengembangan usaha budidaya ikan (Trimariani. Tujuan Bertujuan untuk mengetahui dan mempelajari tentang derajat infeksi ektoparasit pada Ikan mas (C. dkk. 4 .BAB I PENDAHULUAN A. Interaksi yang tidak serasi ini menyebabkan stres pada ikan. dan organisme atau agen penyebab penyakit (Afrianto & Liviawaty. 1992). diharapkan dapat memberikan tambahan informasi kepada mahasiswa untuk belajar mengenai budidaya ikan mas. Latar Belakang Timbulnya serangan penyakit merupakan hasil interaksi yang tidak serasi antara ikan. carpio. kondisi lingkungan. Linneus). sehingga mekanisme pertahanan diri yang dimilikinya menjadi lemah. 2006). Hama penyakit ikan mudah tersebar dari satu Negara ke Negara lain di dunia atau wilayah ke wilayah di Indonesia kerena transportasi komoditi perairan untuk dibudidayakan atau untuk keperluan konsumsi. akhirnya agen penyakit mudah masuk kedalam tubuh dan menimbulkan penyakit. B.

sirip dubur (anal) bagian belakang juga memiliki jari-jari keras dengan bagian akhir bebrbentuk gerigi seperti halnya sirip punggung. (2002) adalah sebagai berikut: Filum Klas Sub Klas Super Ordo Ordo Sub Ordo Famili Genus Species : Chordata : Vertebrata : Pisces : Osteichthyes : Cypriniformes : Cyprinoidae : Penaedea : Cyprinus : Cyprinus carpio.BAB II TINJAUAN PUSTAKA A. mulut terletak di ujung tengah (terminal) dan dapat disembulkan (protektil) serta dihiasi dua pasang sungut. 5 . berseberangan dengan permukaan sirip perut (ventral) bagian belakang sirip punggung memiliki jari-jari keras sedangkan bagian akhir berbentuk gerigi. sirip ekor berbentuk cagak dan berukuran cukup besar dengan tipe sisik berbentuk lingkaran (cycloid) yang terletak beraturan.Linneus Menurut Bachtiar dkk (2002). gurat sisik atau garis rusuk (linea lateralis) ikan mas berada di pertengahan badan dengan posisi melintang dari tutup insang sampai keujung belakang pangkal ekor. dilihat dari morfologi atau bentuk tubuhnya ikan mas memiliki ciri-ciri sebagai berikut bentuk badan memanjang dan sedikit pipih ke samping. dua pasang sungut ikan mas terletak di bibir bagian atas tetapi kadangkadang satu pasang sungut rudimentee atau tidak berfungsi. Taksonomi dan Morfologi Ikan Mas Klasifikasi ikan mas menurut Bachtiar dkk. Selain itu di dalam mulut terdapat gigi kerongkongan. memiliki sirip punggung (dorsal) berbentuk memanjang dan terletak di bagian permukaan tubuh. gigi kerongkongan (pharyngeal teeth) terdiri atas tiga baris yang berbentuk geraham.

2000). Kondisi dengan padat tebar tinggi akan menyebabkan ikan mudah stress sehingga menyebabkan ikan menjadi mudah terserang penyakit. tetapi belum tentu menyebabkan ikan menderita sakit. menyebabkan kondisi lingkungan tersebut sangat mendukung perkembangan dan penyebaran penyakit infeksi. Parasit bisa menjadi wabah bila diikuti oleh infeksi sekunder. Populasi yang tinggi akan mempermudah penularan karena meningkatnya kemungkinan kontak antara ikan yang sakit dengan ikan yang sehat ( Irianto. sehingga organisme yang tempatnya makan (inang) akan mengalami kerugian. Daelami (2002) mengatakan bahwa parasit ikan terdapat pada lingkungan perairan yang ada ikannya. Parasit dan Penyakit Penyakit pada organisme perairan seperti halnya ikan mas didefinisikan sebagai sesuatu yang dapat mengganggu proses kehidupan ikan sehingga pertumbuhan menjadi tidak normal. Akan tetapi. Parasit merupakan organisme yang hidup pada organisme lain yang mengambil makanan dari tubuh organisme tersebut. volume air dan alirannya berpengaruh terhadap berkembangnya suatu penyakit. Infeksi yang terjadi pada ikan karena serangan parasit merupakan masalah yang cukup serius dibanding dengan gangguan yang disebabkan oleh faktor lain. jamur. Parasitisme adalah hubungan dengan salah satu spesies parasit dimana inangnya sebagai habitat dan merupakan tempat untuk memperoleh makanan atau nutrisi. Pemeliharaan ikan dalam jumlah besar dan padat tebar tinggi pada area yang terbatas. tubuh inang adalah lingkungan utama dari parasit sedangkan lingkungan sekitarnya merupakan lingkungan keduanya (Kabata. selama kolam terjaga dengan baik serta lingkungan yang selalu mendapat perhatian. Secara umum penyakit dibedakan menjadi 2 kelompok yaitu penyakit infeksi dan non infeksi. keturunan dan penanganan (Afrianto dan Liviawaty.B. Ikan sebenarnya mempunyai daya tahan terhadap penyakit selama berada dalam kondisi lingkungan yang baik dan tubuhnya tidak diperlemah oleh berbagai sebab. 2003). 2005). Kolam yang tidak terawat merupakan tempat yang baik bagi organisme penyebab infeksi penyakit yang mungkin telah ada pada kolam atau juga berasal dari luar. bakteri. dan virus dan penyakit non infeksi disebabkan oleh faktor non hidup seperti pakan. parasit dalam kolam maupun yang dari luar tidak akan mampu menimbulkan infeksi (Irawan. Penyakit infeksi disebabkan oleh organisme hidup seperti parasit. lingkungan. 1985). Penyakit akibat infeksi parasit menjadi ancaman utama keberhasilan akuakultur. 6 . selain itu kualitas air.

Bagian sirip yang terkena virus bisa dipotong untuk mencegah penyebaran virus.Lymphocystis Lymphocystis berkembang pada kulit ikan dan merubah sel pada selaput lendir ikan.2.Springvirosis Serangan virosis pada ikan kolam sangatlah akut dan menular. Akan tetapi ikan itu juga menjadi bahaya laten sebagai penular bagi ikan lain 7 .1. Apabila ikan terserang virosis dan selamat maka ikan tersebut akan kebal terhadap serangan virosis.Ditandai dengan benjolan atau bisul pada kulit ikan.Pox Biasanya muncul pada ikan koi pada musim semi juga disebabkan oleh virus. Ektoparasit adalah parasit yang menyerang bagian luar kulit. Sel yang dipaksa untuk memproduksi virus terus berkembang dan akhirnya pecah sehingga jutaan virus menyebar di dalam aquarium. C. Sement ara itu endoparasit adalah parasit yang menyerang bagian dalam Alifudin. C.sisik. (1996).Berdasarkan cara penyerangan.lender.3. Bukan pox yang sebenarnya yang menyerang tapi herpes dan tidak menyerang manusia C. Penanganan dapat di beri obat ikan yang bertindak sebagai disinfektan. C. parasit dibedakan atas 2 golongan yaitu golongan ektoparasit (eksternal) dan endoparasit (internal). Dengan demikian sel yang terseran virus tidak dapat bekerja secara normal lagi di dalam jaringan.mereka tumbuh dengan sangat cepat.dan insang. Penyakit yang disebabkan oleh virus Virus sangatlah kecil sehingga tidak bisa dilihat dengan mikroskop biasa. Mereke menyebar di dalam sel hidup dan memaksanya untuk memproduksi virus baru. Biasanya tanda serangan pertama muncul di ujung sirip dan kemudian menyebar ke seluruh tubuh. Mereka hanya bisa dilihat dengan mikroskop elektron.

Hal ini juga dianjurkan untuk tidak pernah menambahkan air dari akuarium lain untuk akuarium Anda karena hal ini dapat memperkenalkan penyakit jika Anda beruntung.BAB III PEMBAHASAN LYMPHOCYSTIS Lymphocystis adalah penyakit virus mematikan non yang dapat menginfeksi ikan akuarium yang paling. Penanganan dapat di beri obat ikan yang bertindak sebagai disinfektan. Pindahkan semua ikan sakit untuk penyembuhan / rumah sakit tank. Tidak ada obat untuk penyakit ini. Penyakit ini disebabkan oleh virus dan hanya dapat menginfeksi ikan Anda jika diperkenalkan ke akuarium Anda. Sel yang dipaksa untuk memproduksi virus terus berkembang dan akhirnya pecah sehingga jutaan virus menyebar di dalam aquarium. 8 . Virus Lymphocystis menyebabkan pembengkakan putih kecil pada sirip dan tubuh ikan yang terinfeksi. Penyakit ini langka dan paling aquarist tidak akan pernah memiliki masalah dengan itu. Biasanya tanda serangan pertama muncul di ujung sirip dan kemudian menyebar ke seluruh tubuh.Ditandai dengan benjolan atau bisul pada kulit ikan.mereka tumbuh dengan sangat cepat. Bagian sirip yang terkena virus bisa dipotong untuk mencegah penyebaran virus. Virus Lymphocystis dan penyakit ikan lainnya juga dapat diperkenalkan dengan makanan hidup dan menghindari makanan hidup makan atau hanya makan makanan rumah hidup dibudidayakan sehingga dapat mengurangi risiko Lymphocystis dan penyakit lainnya. tetapi sebagian besar ikan sembuh dari penyakit sendiri. Hal ini membuat Lymphocystis salah satu penyakit serius setidaknya bahwa ikan dapat terinfeksi oleh. Jauhkan ikan di sana sampai mereka telah pulih 100%. Risiko memperkenalkan virus ini serta penyakit lainnya dapat dikurangi dengan menjaga ikan baru di karantina selama beberapa minggu sebelum menambahkannya ke populasi umum. Lymphocystis berkembang pada kulit ikan dan merubah sel pada selaput lendir ikan. Perhatian utama jika menemukan Lymphocystis di akuarium harus penahanan karena ada obatnya. Memang benar bahwa penyakit biasanya tidak fatal dan bahwa ikan biasanya sembuh tapi ini tidak berarti bahwa tidak harus mencoba untuk mengandung penyakit sebagai status kesehatan sementara menurunkan dari ikan yang terinfeksi dapat membuka pintu untuk lebih lainnya penyakit berbahaya.

Contoh Penyakit LYMPHOCYSTIS pada koi 9 .

10 . karena banyak sekali para pembudidaya atau pemilik kurang menjaga kebersihan dari air dan kadang pemeliharaan ikan mas tersebut. terbukti banyak infestasi virus LYMPHOCYSTIS pada ikan mas.BAB IV KESIMPULAN Berdasarkan data yang di ambil dan di pilah – pilah.

Aneka . Menanggulangi Hama dan Penyakit Ikan. Bachtiar. Makassar http://a177bi.M.com/ Studi microhabitat parasit Monogenea pada insang Lele dumbo Gusrina.2002. 2005.S. Patologi Ikan Teleostei.pdf. Penebar Swadaya. Jakarta. Kabata.Agus. Y. 1992. Yogyakarta. 2008.blogspot. A. Jurusan Perikanan.CV.lipi. Penerbit kanisius. Menanggulangi Hama dan Penyakit Ikan.Hamel. Fisiologi Ikan.H.Jakarta.Vandame.A (2004) Ectoparacites (Crustacea:Branchiura) of pseudoplatysthoma tigrinum (chuncuina) and P. Fujaya. Agar Ikan Sehat. Irawan. Irianto.DAFTAR PUSTAKA Afrianto dan Liviawaty. Mamani. 1985.Pembesaran ikan mas dikolam pekarangan. Pengendalian hama dan penyakit ikan. Daelami. Universitas Terbuka Press. Diakses dari http://ftp. Z. 1999. Parasires and diseases of fish cultured in the tropics.fasciatum (surubi) in Bolivian White Water floodplains. Solo. 2000. Budidaya Ikan Jilid 3.id/pub/Buku_Sekolah_Elektronik/SMK/Kelas%20XII/Kelas%20XII_ smk_budidaya_ikan_gusrina. Solo. A. Irawan. 2002.2004. Jakarta. Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan. Universitas Hasanuddin.ecoligia en 11 .CV. London and Philadelphia.P.go.C. Penerbit taylor dan prancis.R. Aneka . Agromedia Pustaka.

R. Hydribiologia 595(1): 209-212 Prasetya. Manoppo.Rukmana.penerbit Aneka Ilmu. J. Poly. D.brawijaya. Rokhmani. Parasit dan Penyakit Ikan. 2004.ac. Subadrah. 2008. Unsrat-Manado.pdf. 1995. H. Fakultas Perikanan. Kekayaan Jenis Ektoparasit 12 . W. Global diversity of fishlike (crustacean: Branchiura: Argulidae) in Fresh water.Ikan Mas Pembenihan dan Pembesaran.id/bssub/proceeding/PDF%20FILES/BSS_203_1.Bolivia.Semarang.2005.Bolivia Diakses dari http://fisika.

You're Reading a Free Preview

Descarregar
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->