Você está na página 1de 16

PANDUAN MENGGUNAKAN APLIKASI LAPORAN HARIAN PRODUKSI PKS ONLINE Versi 1.

URUSAN PENGEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI BAGIAN P2TI-PT PERKEBUNAN NUSANTARA V ( PERSERO ) 2011

1. Masuk ke Siskomdat/Simpelweb

2. Klik Menu APLIKASI PKS ONLINE ( Lihat Lingkaran Merah Di atas ) 3. Setelah Diklik akan muncul Window Baru sbb :

4. Klik pada gambar di atas tulisan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) 5. Akan muncul menu sbb :

6. Pada Nama PKS pilih nama PKS masing-masing pada kotak Password ketikkan password standar yang telah diberikan ( akan dikirim melalui Siskomdat ) 7. Setelah diketik password , klik tombol masuk, jika password yang di isi benar akan masuk ke menu sbb ( Jika masih gagal login hub P2TI )

8. Klik pada menu kalender 9. Akan muncul menu kalender berikut :

Maju 1 Bulan

Maju 1 Tahun

10. Pilih tanggal sesuai tanggal laporan pada ( PB - 30.13 ) 11. Setelah dipilih tanggal produksinya kemudian tekan tombol Laporan Harian maka kita akan masuk ke form isian I sbb

12. Pengisian Pengolahan TBS adalah sbb : 13. Pada sisa awal akan terisi otomatis karena system akan membaca sisa akhir tgl sebelumnya 14. Pada Kebun Inti ketikkan kebun intinya ( TBS yang diterima dari kebun inti ) dan pada kotak sebelahnya isikan berapa Kg TBS yang diterima dari kebun inti tersebut. Klik Tombol Tambah Detail jika ingin mengisi Kebun Inti yang lain.

15. Lakukan hal yang sama untuk TBS yang diterima dari Kebun Plasma dan Pembelian. Jika tidak ada pengisian maka kosongkan saja. 16. Jika semuanya sudah diisi tekan tombol Simpan, maka akan menuju Form isian II sbb Yang perlu Diingat : dalam setiap pengisian angka : yang diisi angkanya saja jangan ada titik satuannya , contoh jika 114.900 Kg maka yang diisi di system cukup angkanya saja yaitu : 114900. Sedangkan untuk pengisian yang menggunakan angka koma bisa menggunakan koma ( , ) atau titik ( . ). Untuk pengisian antar kotak bisa menggunakan tombol Tab 17. Pengisian II adalah pengisian Angka kerja dan Hasil pabrik sbb :

18. Pengisian di atas cukup jelas, yang penting diingat adalah diisi sesuai satuan sebagaimana yang tertampil di atas. Setelah diisi tekan tombol Simpan sehingga muncul menu pengisian sbb :

Yang perlu Diingat : Di setiap tahap pengisian kita bias mengubah/mengkoreksi isian sebelumnya jika ada kesalahan pengisian contoh sebagaimana terlihat pada forl di atas kita juga bisa balik ke isian sebelumnya tinggal mengklik pada keterangan panah hijau di atas ( dibawah catatan ) :

19. Kembali ke isian III yaitu pengisian Mutu Produksi isikan mutu produksi ALB, kadar air dan kadar kotoran untuk produks CPO dan kernel kemudian jika sudah tekan tombol Simpan .

20. Pengisian selanjutnya adalah sbb :

21. Isian selanjutnya adalah Pengiriman Hasil , pengisian di atas cukup jelas, jika sudah diisi maka tekan tombol Simpan untuk menuju ke pengisian berikutnya. 22. Pengisian berikutnya adalah Persediaan dan Mutu sebagaimana berikut :

23. Pengisian diatas cukup jelas, jika telah diisi maka telan tombol Simpan untuk menuju ke pengisian berikutnya

24. Pengisian selanjutnya adalah Hasil Olah / Kebun sebagaimana terlihat pada form berikut :

25. Pengisian di atas cukup jelas, TBS yang diterima pada Pengisian I turut ditampilkan seperti terlihat pada tampilan di atas , kemudian kita tinggal mengisi berapa TBS yang diolah, CPO yang dihasilkan, perhitungan rendemen CPO akan terisi otomatis mengikuti rumus. Pada kolom kernel isikan berapa kernel yang dihasilkan , rendemen kernel juga akan terisi otomatis. Lakukan hal yang sama untuk Kebun Plasma dan Pembelian, juga sudah diisi maka kita tinggal menekan tombol Simpan untuk menuju ke isian berikutnya : 26. Isian selanjutnya adalah Stagnasi / lain-lain sebagaimana tertampil berikut :

27. Isikan sesuai dengan laporan yang ada, contoh isian ( INI HANYA CONTOH ) seperti tertampil di atas, jika sudah diisi klik tombol Simpan untuk menuju ke isian berikutnya

28. Pengisian selanjutnya adalah Jumlah tangki CPO yang dikirim ke SAN Dumai sebagaimana terlihat pada form isian berikut ini :

29. Jika tidak ada isian maka kita cukup menekan tombol Simpan / Selanjutnya untuk mengisi form berikutnya. Jika ada isian maka tekan tombol Tambah Data , yang akan memunculkan menu sbb :

30. Isikan nama transporter kemudian di sebelahnya berapa tangki yang dikirim oleh Transporter tersebut. Jika ingin menambah transporter yang lain , tinggal mengklik tombol tambah data, jika telah diisi maka tekan tombol Simpan / Selanjutnya untuk mengisi form isian berikut :

31. Pengisian selanjutnya adalah Junlah Truk Inti Sawit yang dikirim ke PKO Tandun, cara pengisian cukup jelas, prinsipnya sama seperti yang dilakukan pada pengisian sebelumnya. Jika sudah diisi tekan tombol Simpan / Selanjutnya untuk mengisi isian berikutnya

32. Pengisian selanjutnya adalah Produk sampingan , cara pengisian cukup jelas, jika sudah diisi maka tinggal menekan tombol Simpan untuk verifikasi pengisian

33. Menu selanjutnya adalah , menampilkan apa yang sudah kita isikan dari pengisian I sampai terakhir tadi , yang akan ditampilkan sebagaimana menu berikut ini :

10

34. Seperti yang terlihat di atas kita bisa mengecek isian kita dengan mengklik tanda symbol kecil biru di atas. Contoh kita ingin melihat isian Pengolahan TBS maka klik tanda biru yang ada di sebelah kiri tulisan I. Pengolahan TBS akan muncul menu isian sbb :

35. Untuk mengkoreksi isian di atas kita tinggal mengklik tombol Ubah Data Pengolahan TBS kemudian ubah isian.

11

36. Jika semua isian sudah sesuai kita tinggal mengklik tombol Kirim Laporan

37. Maka akan muncul pesan sbb :

38. Tekan tombol OK untuk mengirim laporan atau Cancel untuk membatalkannya 39. Setelah ditekan tombol OK akan muncul menu sbb :

40. Untuk mencetak laporan yang tealh diisi tadi klik Tombol Cetak / Lihat Laporan, yang akan memunculkan menu sbb :

12

41. Tekan tombol Cancel, sehingga akan muncul laporan lengkap yang kita isi tadi sbb :

13

42. Untuk mengprintnya pada browser ( Mozilla Firefox atau Internet Explorer ) klik File Print Preview , seperti pada tampilan berikut :

14

43. Atur tampilan cetak pada Scale, atur sesuai kebutuhan kemudian jika layout sudah OK tekan tombol Print untuk mencetaknya ke printer. Mekanisme Mengkoreksi laporan Yang telah Dikirim 1. Telpon Bagian Pengolahan Up Pak Masrukin, sampaikan tanggal laporan yang ingin kita koreksi, missal kita ingin mengkoreksi laporan produksi tanggal 5 januari 2011 2. Login ke system klik kalender , klik tanggal laporan yang ingin kita koreksi kemudian tekan tombol Laporan Harian

3. Setelah ditekan tombol laporan harian maka akan muncul menu koreksi sbb :

15

4. Mekanisme koreksi sama seperti prosedur nomor 33, 34 dan 35 di atas , jika sudah dikoreksi maka tekan tombol Kirim laporan . 5. Setelah dikoreksi dan dikirim ulang jangan lupa melaporkan/menghubungi ke Bagian pengolahan Up Pak masrukin bahwa anda telah selesai mengkoreksi. Mekanisme Mencetak laporan tanggal yang telah lalu ( arsip laporan harian ) 1. Login ke system, klik kalender , klik tanggal laporan yang ingin kita cetak kemudian akan muncul menu sbb

2. Tekan tombol Cetak / Lihat Laporan, kemudian cara mencetaknya seperti yang telah disebutkan di atas 3. Lakukan hal yang sama untyuk mencetak laporan produksi di tanggal-tanggal yang lain. SELAMAT MENGGUNAKAN SEMOGA BERMANFAAT JIKA ADA KESULITAN DALAM MENGGUNAKAN APLIKASI SILAHKAN HUBUNGI : P2TI : Aji dan Makmur di Nomor ( 085265321117 dan 081371781365 ) atau Bagian Pengolahan up Pak Masrukin di Nomor : 082170448441 )

16