A.

Makna Pemerintahan Menurut KKBI pemerintah / pemerintahan adalah sekelompok orang memiliki wewenang

dan kekuasan dalam mengatur kehidupan sosial ekonomi dan politik suatu negara atau bagianbagiannya termasuk hak dan kewajiban warga negara. Sistem adalah keseluruhan pangkat unsur / bagian-bagian yang secara teratur saling berkaitan dan mempunyai fungsi fungsional antar bagian tersebut / secara struktural membentuk suatu mekanisme kerja berkesinambungan. Jadi, sistem pemerintahan diartikan sebagai mekanisme kerja sekelompok orang yang memiliki wewenang dan kekuasan dalam mengatur kehidupan sosial ekonomi dan politik suatu negara. Tujuan organisasi negara dalam sistem pemerintahan antara lain kesejahteraan , pertahanan, keamanan, tata tertib, keadilan, kesehatan, bertindak demi kepentingan rakyat

Dalam fungsi pemerintahan terdapat beberapa hal antara lain : 1.) Wedgefing yaitu penentuan aturan aturan umum yang mengikat. 2.) Rtichtspraak yaitu pengakuan hukum atas kejadian-kejadian yang nyata pada perselisihan dan penjatuhan hukum atas pelanggaran pelanggaran aturan hukum yang mengikat 3.) Vitvoering yaitu tentang pelaksanaan peradilan 4.) Bestuur yaitu tiap-tiap tindakan pemerintah yang tidak termasuk dalam bagian peraturanperaturan atau peradilan. B. Sistem Pemerintahan di berbagai Negara Bentuk pemerintahan secara umum : 1. Sistem pemerintahan monarkhi Monarki/ kerajaan adalah bentuk negara yang kekuasaan pemerintahan negaranya dipegang/ dikepalai oleh satu orang dan biasanya berdasarkan keturunan dengan jabatan seumur hidup. Sistem pemerintahan monarki dibedakan menjadi : a. Monarkhi mutlak Adalah bentuk pemerintahan yang sumberkekuasaan dan wewenang pemerintahannya tidak terbatas. b. Monarki Konstitusional Adalah kekuasaan raja dibatasi oleh suatu konstitusi ( UUD ) c. Monarki Parlementer Adalah system kerajaan yang di dalam pemerintahannya terdapat parlemen ( DPR )

c. Sistem Pemerintahan Republik Republik berasal dari bahasa latin yaitu Respublica berarti organisasi kenegaraan yang mengurus kepentingan bersama. presiden tidak dapat diganggu gugat . Republik Parlementer Kekuasaan presiden harus dipertanggung jawabkan kepada parlemen atau DPR. Sistem parlementer dipimpin oleh perdana menteri. Baagaimanakedudukan kepresidenan pemerintahan monarki dan pemerintahan republik ? 4. sedangkan kabinetnya harus bertanggung jawab terhadap parlemen. Republik Konstitusional Kekuasaan presiden tidak bersifat mutlak. Sistem pemerintahan republik dapat berupa parlemanter ? presidensial. Partai politik hanya membenarkan kekuasaan dictator. selama dia dapat mempertahankan diri .2. karena monarki adalah bentuk Negara . Parlemen memiliki kekuasaan dipemerintah lebih tinggi dari pada presiden. b. dibatasi konstitusi. Jelaskan karakteristik pemerintahan monarki dan pemerintahan republic ? JAWABAN 1. Presiden dipilih oleh dari rakyat untuk masa jabatan tertentu. Republik Absolut ( diktator ) Konstitusi ( UUD ) diabaikan. Republik Presidensial adalah Negara dengan bentuk pemerintahan rakyat yang dipimpin oleh seorang presiden sebagai kepala Negara sekaligus kepala pemerintahan. parlemen tidak berperan mengatur Negara sehingga pemerintahan tidak berfungsi. Kekuasaan diktator. Kekurangan pemerintahan monarki adalah hanya berdasarkan keturunanya saja. Apakah kelebihan dan kekurangan pemerintahan monarki dan republic ? 2. Sebutkan Negara-negara yang menganut system pemerintahan monarki ? 3. Kelebihannya adalah raja tidak bisa diganggu gugat . sedangkan sistem presidensial dipimpin oleh seorang presiden. Kekuasaannya tidak terbatas waktu. PERTANYAAN 1. Sistem pemerintahan republic dibedakan menjadi : a.

Monarki Parlementer Sedangkan kekurangan pemerintahan republik adalah sering terjadi pergantian kabinet yang berakibat program pemerintah tidak dapat terselesaikan sehingga memicu ketidakpuasan rakyat. Kelebihannya adalah lembaga legislatifdalam mengawasi melakukan tinddakan yang menyimpang dari ketentuan yang telah ditetapkan. Menurut kami yaitu Negara jepang dipimpin oleh kaisar Negara belanda dipimpin oleh ratu. 4. kaisar atau pemimpin tertinggi atau syah . monarki dibedakan menjadi 3 : a. Monarki Parlementer Sedangkan kekurangan pemerintahan republik adalah sering terjadi pergantian kabinet yang berakibat program pemerintah tidak dapat terselesaikan sehingga memicu ketidakpuasan rakyat.yang kekuasaan pemerintah negaranya dipegang oleh raja. Thailand dipimpin oleh raja. Kelebihannya adalah lembaga legislatifdalam mengawasi melakukan tinddakan yang menyimpang dari ketentuan yang telah ditetapkan. Monarki Konstitusional c. Monarki Mutlak b. Karakteristik pemerintahan monarki yaitu pemerintah negaranya dipegang oleh satu orang dan berdasarkan keturunan dengan jabatan seumur hidup. 2. Sedangkan pemerintahan republik yaitu dipimpin oleh presiden. KESIMPULAN Setiap Negara menganut suatu system pemerintahan berbeda –beda sesuai dengan pandangan hidup bangsanya . Monarki Mutlak b. Kedudukan Kepresidenan pemerintahan republik dipimpin oleh presiden sedangkan pemerintahan monarki dipimpin oleh kaisar. Pemerintahan monarki mempunyai kelebihan adalah bentuk Negara yang kekuasaan pemerintahan negaranya dipegang oleh raja kaisar atau pimpin tertinggi/syah. . 3. Monarki dibedakan menjadi 3 : a. Pemerintahan monarki dipimpin oleh kaisar sedangkan pemerintahan republik dipimpin oleh presiden. Monarki Konstitusional c. dan prancis dipimpin oleh raja tetapi saat ini bentuk kerajaan seperti ini tidak di jumpai lagi.

Thailand dipimpin oleh raja.Negara-negara yang menganut system monarki yaitu Negara jepang dipimpin oleh kaisar Negara belanda dipimpin oleh ratu. . dan prancis dipimpin oleh raja tetapi saat ini bentuk kerajaan seperti ini tidak di jumpai lagi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful