P. 1
Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia

|Views: 3|Likes:
Publicado porsiakangtea

More info:

Published by: siakangtea on Jul 08, 2013
Direitos Autorais:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/20/2014

pdf

text

original

1.

Pengertian menanggapi peristiwa aktual :
a.

Merupakan kegiatan melihat secara langsung, membaca dan mendengar tentang peristiwa yang benar – benar terjadi di suatu tempat termasuk di lingkungan rumah atau pun sekolah. Contoh peristiwa adalah : lomba, pementasan drama, pertandingan olah raga, kecelakaan lalu lintas, gempa bumi dan sebagainya. Atas peristiwa tersebut, diberikan tanggapan berupa komentar atau saran dengan alasan logis.

b.

c.

2. Contoh menanggapi peristiwa aktual : Puluhan orang terlihat di bunderan Hotel Indonesia melakukan aksi kepedulian lingkungan dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup sedunia pada hari ini. Mereka membagikan bibit tanaman kepada pengendara yang melintasi bunderan hotel Indonesia. Sekitar 5000 bibit disebarkan dengan maksud meyadarkan masyarakat untuk mulai menanam pohon guna menjaga lingkungan hidup di dunia ini. Selain daripada bibit tanaman, mereka juga membawa poster yang menggambarkan bencana yang diakibatkan kerusakan alam yang terjadi di Indonesia.
a.

Komentar : Bagus sekali aksi ini, mudah – mudahan dapat menggugah kita semua akan pentingnya memelihara lingkungan. Saran : Aksi ini akan lebih baik jika dilakukan tidak hanya ketika memperingati hari lingkungan saja.

b.

1. Pengertian :
a.

Merupakan kegiatan memperhatikan dengan saksama terhadap perbuatan orang lain, suatu keadaan atau peristiwa. Dalam melakukan pengamatan, dilakukan pula pencatatan atas hal – hal yang terjadi. Sebelum pengamatan : Menentapkan obyek, lokasi dan tanggal pengamatan, dan menyiapkan lembar pengamatan untuk mencatat. Pada saat pengamatan : mencatat obyek pengamatan pada lembar pengamatan yang telah disiapkan dalam bentuk tabel yang terdiri dari nomor urut, obyek pengamatan dan hasil pengamatan.

b.

2. Hal yang dilakukan dalam menyusun laporan pengamatan :
a.

b.

Sesudah pengamatan : Menyusun laporan pengamatan berdasarkan lembar pengamatan dengan menggunakan kalimat yang jelas dan mudah dipahami. 3. daging . Menyusun dalam kalimat dengan menggunakan kata penghubung sedangkan untuk hal yang berbeda dan kata punghubung sama – sama untuk hal yang sama. membuang sampah sembarangan. 2. Lembar Pengamatan Lokasi Tanggal No 1. mulai dari sayur mayur. tidak ada tempat sampah. : Pasar Minggu : 1 Juni 2013 Hasil Pengamatan Kotor. Pengertian Teks : Merupakan naskah yang berupa kata – kata asli dari pengarang yang berupa pengungkapan perasaan. teks 1. Objek Lingkungan Pasar Kegiatan jual beli 3. 2. Pokok Analisa Tema Bentuk Teks1 Palang Merah Uraian deskripsi Teks 2 Palang Merah Uraian naratif Keterangan Sama Berbeda b.  Kedua teks tersebut sama – sama bertema Palang Merah.  Pembeli sangat ramai karena harga dan barang lumayan murah dan bagus Kendaraan lalu lalang dan parkir sembarangan. . bagus dan lengkap. Mencari persamaan dan perbedaan antara keduanya dan disusun dalam bentuk tabel dengan kolom nomor urut. Oleh karenanya banyak orang – orang memilih pasar ini untuk berbelanja. Contoh :  Bentuk bacaan teks 1 adalah uraian deskripsi sedangkan teks 2 adalah naratif. Contoh membuat laporan hasil pengamatan. perasaan serta perbuatan pembaca. Sayangnya lingkungan pasar minggu kurang terpelihara terutama untuk kebersihannya karena tidak tersedia tempat sampah yang memadai. penyajian berita dan peristiwa yang sebagaian berfungsi untuk mempengaruhi pendapat. pertimbangan. buah2an. Cara membandingkan 2 teks : a. tidak ada jembatan penyebrangan yang mengakibatkan kemacetan setiap hari terutama pagi hari.c. Suasana jalan di sekitar pasar Laporan : Pasar Minggu menjual berbagai barang yang murah. 1.  Dagangan macam – macam jenis. teks 2 dan keterangan. Hal ini juga diperparah dengan kemacetan yang terjadi akibat dari kendaraan yang diparkir sembarangan. pokok analisa. 2. No 1. alat memasak .

Contoh : Kami sekantor di indosat Sekar sedaerah dengan taman sekamarnya c. perhatikan kolom yang menginformasikan bahan dari makanan tersebut. perhatikan kolom Harga.  Jika ingin makan dengan bahan tertentu. daftar makanan dengan cara membaca memindai.menurut maknanya dibagi menjadi 3 yaitu : a. Berarti satu . b. Contoh : seekor gajah tertangkap di hutan. Perhatikan judul pada daftar yang tersedia dan sesuaikan dengan jenis informasi yang dicari. Contoh :  Jika ingin makanan dengan harga sesuai uang yang dimiliki. Contoh : jika kamu ke tempat makan dan hendak mencari informasi makanan yang tersedia. bacalah menu dengan teliti dan cermat. Pengertian: Menemukan informasi secara tepat dari berbagai teks khusus seperti buku petunjuk telpon. c. Perhatikan informasi yang menyatakan bahwa daftar menu dimaksud masih berlaku saat dibaca. Ibu memberikan hadiah setangkai bunga mawar b. d. Imbuhan se. jadwal penerbangan. Cara membaca memindai : a. 2. 1. Untuk mendapatkan informasi yang tepat. Cari Informasi yang dibutuhkan dengan memperhatikan kata – kata pada setiap kolom. cari judul teks yang menginformasikan Menu makanan. Berarti sama – sama dalam satu. Berarti seluruh.1. Contoh : Kebersihan akan dirasakan oleh orang sedunia Banjir menggenangi serumah .

. hang dan sri a. Contoh : Mobil itu menepi di depan rumah b..2.menurut maknanya dibagi menjadi 3 yaitu : a. c. c. 2.. Apakah kata sandang itu ? Adalah kata yang berfungsi sebagai pewatas kata benda. Berarti tidak sengaja Contoh : Kakinya berdarah karena tertusuk paku Berarti dapat di.. 1. Contoh : Tulisan itu terbaca oleh seluruh orang Berarti Paling. Contoh Kata sandang adalah : si. Pelantikan dilakukan oleh Sri Ratu hamengkubuwono . sang. d. Berarti melakukan perbuatan Contoh : Sekar sedang menyanyi diatas panggung Berarti melakukan perbuatan dengan alat Contoh : Ayah sedang memotong kayu dengan kapak Berarti menjadi Contoh : Jalanan ini mulai menurun Berarti membuat kesan Contoh : Adit mengalah supaya adiknya tidak marah Berarti menuju ke. Contoh : Lilik pelari tercepat di kelasnya b. Imbuhan me. c. b. Imbuhan ter. Adik sedang membaca cerita si kancil Sang Surya bersinar sangat terik Para hadirin di persilahkan masuk. para. d. Kata sandang selalu berada di depan kata benda dan tertulis terpisah dari kata yang mengikutinya.menurut maknanya dibagi menjadi 6 yaitu : a. 3. e.

1. 2. Cara membaca puisi adalah : a. Apakah denotasi dan berikan contohnya! Adalah makna sebenarnya atau makna yang terdapat dalam kamus. Harus di deklamasikan. pahami tujuan dari puisi tersebut. Contoh : Angin semalam menumbangkan pohon dijalan 2. gerak dan mimik wajah yang sesuai dengan isi puisi. Keindahan puisi tergantung pada pemilihan kata yang digunakan serta rima dan irama nya Sebelum membaca puisi. Peribahasa biasanya digunakan untuk menyampaikan pesan atau memberitahukan sesuatu . 3. c. b. Cara menulis puisi adalah : Pemilihan kata – kata yang i. 1. b. Pengertian Puisi : a. Merupakan kalimat yang mengandung makna tertentu. 1. Merupakan salah satu bentuk karya sastra yang biasanya menggunakan kata – kata yang bermakna konotasi. Apakah konotasi dan berikan contohnya! Adalah makna kiasan yang tidak terdapat pada kamus Contoh : Kelas 5 E menumbangkan kelas 5 D dalam pertandingan futsal kemarin. 2.ndah dan tepat dengan gagasan pokok dari puisi tersebut sehingga dapat memberikan kesan bagi pembaca. Dibaca dengan lafal dan intonasi yang tepat. berarti membaca puisi dengan penghayatan.

You're Reading a Free Preview

Descarregar
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->