Você está na página 1de 1

Bahan untuk membuat sop buntut sapi :

air dua liter, nanti dipakai untuk merebus margarin lima sendok makan ekor / buntut sapi satu kilo gram dan potong-potong kentang sebanyak 6 buah. kentangnya potong kecil-kecil. Iris tipis daun selederi satu lembar wortel sebanyak 9 buah, juga dipotong-potong Bawang merah yang digoreng.

Bahan untuk membuat bumbu sop :


MSG atau penyedap rasa masakan Lada. Kalau bisa lada yang putih dua centi meter biji pala lima siung bawang putih enam buah cengkeh gula pasir dan garam satu buah tomat, diiris dua centi meter kayu manis

Langkah-langkah membuat sop : 1. Pertama-tama, daging ekor sapi dicuci terlebih dahulu hingga bersih. 2. Rebuslah buntut sapi dengan air yang sudah disiapkan. Lalu air buat merebus itu dibuang dan diganti dengan air yang masih baru. Panaskan lagi. 3. Sementara itu, haluskan bahan-bahan (lada, garam, biji pala, dan bawang putih). 4. Panaskan margarin untuk menggoreng bumbu. 5. Lada, garam, biji pala, dan bawang putih yang dihaluskan tadi kemudian digoreng. 6. Masukkan juga cengkeh dan kayu manis. Jika baunya sudah sedap, bumbu-bumbu tadi diangkat. 7. Balik lagi ke buntut sapi. Jika air rebusan sudah menyisakan kira2 1 ltr dan buntut sapi agak empuk, bumbu goreng tadi dimasukkan. 8. Tambahkan kentang dan wortel yang telah dipotong-potong 9. Sop direbus hingga benar-benar matang dan buntut sapi menjadi empuk. 10. Beri penyedap rasa, gula, dan daun seledri secukupnya. 11. Semuanya aduk-aduk hingga rata, lalu angkat. 12. Tuangan sop pada wadah. Untuk menyempurnakannya, tambahkan irisan bawang goreng dan tomat.