Você está na página 1de 4

TEORI FREKUENSI

Frekuensi adalah ukuran jumlah putaran ulang per peristiwa dalam selang waktu yang diberikan1. Untuk memperhitungkan frekuensi, seseorang menetapkan jarak waktu, menghitung jumlah kejadian peristiwa, dan membagi hitungan ini dengan panjang jarak waktu. Hasil perhitungan ini dinyatakan dalam satuan hertz (Hz) yaitu nama pakar fisika Jerman Heinrich Rudolf Hertz yang menemukan fenomena ini pertama kali. Frekuensi sebesar 1 Hz menyatakan peristiwa yang terjadi satu kali per detik2. Gelombang frekuensi Frekuensi berbanding terbalik dengan konsep panjang gelombang, panjang gelombang frekuensi yang lebih tinggi lebih singkat dan sebaliknya. Frekuensi f sama dengan v kecepatan gelombang dibagi dengan panjang gelombang (lambda)3: f=v/ Ketika gelombang bergerak dari satu medium ke lainnya, seperti udara ke air, frekuensi gelombang bersifat konstan, hanya mengubah panjang gelombang dan kecepatan. Oleh efek Doppler, frekuensi adalah besarnya tidak berubah pada jaraknya. Yaitu tidak dapat dimodifikasi oleh proses fisik kecuali untuk kecepatan propagasi atau panjang gelombang.

Bambang Murdaka E.J dan Tri kuntoro Priyambodo, Fisiska Dasar, (Jakarta: Andi Publisher, 2009), hal. 45 2 Anonymous, Frekuensi, Periode, Cepat Rambat dan Panjang gelombang, (http://fisikaxi-addawah.blogspot.com/2013/03/frekuensi-periode-cepat-rambat-dan.html , diakses 20 Maret 2013) 3 Bambang Murdaka. Op.cit. hal 48

Dalam kasus khusus dari gelombang elektromagnetik bergerak melalui vakum, v = c, di mana 'c adalah kecepatan cahaya dalam ruang hampa, Dan dirumuskan dengan4 : f=e/ Ketika gelombang bergerak dari sumber monokrom dari satu media ke yang lainnya, frekuensi gelombang tersebut sama sama - hanya panjang gelombang dan perubahan kecepatan. Cahaya tampak adalah gelombang elektromagnetik, yang terdiri dari osilasi medan listrik dan magnetik bergerak melalui ruang. Frekuensi gelombang menentukan warna: 4 1014 Hz adalah lampu merah, 8 1014 Hz adalah cahaya violet, dan antara (dalam rentang 4-8 1014 Hz) adalah semua warna lainnya pelangi. Sebuah gelombang elektromagnetik dapat memiliki frekuensi kurang dari 4 1014 Hz, tetapi akan terlihat oleh mata manusia, gelombang seperti itu disebut inframerah (IR) radiasi. Pada frekuensi yang lebih rendah, gelombang ini disebut microwave, dan pada frekuensi yang lebih rendah masih disebut gelombang radio. Demikian juga, sebuah gelombang elektromagnetik dapat memiliki frekuensi lebih tinggi dari 8 1014 Hz, tetapi akan terlihat oleh mata manusia, gelombang seperti itu disebut ultraviolet (UV). Bahkan lebih tinggi frekuensi gelombang tersebut adalah: X-ray, dan lebih tinggi yaitu sinar gamma5. Semua gelombang, dari yang paling rendah adalah frekuensi gelombang radio dengan frekuensi tertinggi sinar gamma, pada dasarnya sama, dan itu semua disebut radiasi elektromagnetik. Frekuensi tersebut bergerak melalui ruang hampa dengan kecepatan cahaya. Sifat lain dari gelombang elektromagnetik adalah panjang gelombang. Panjang gelombang berbanding terbalik dengan frekuensi, sehingga gelombang
Ibid. hal 50 Anonymous, Pengertian Gelombang Frekuensi dan Rumus Gelombang Frekuensi, (http://id.shvoong.com/exact-sciences/architecture/2286716-pengertian-gelombang-frekuensi-danrumus/, diakses 20 Maret 2013)
5 4

elektromagnetik dengan frekuensi yang lebih tinggi memiliki panjang gelombang lebih pendek, dan sebaliknya. Frekuensi Gelombang Bunyi Suara terdiri dari perubahan tekanan udara dalam bentuk gelombang. Frekuensi suara ditentukan oleh pitch. Frekuensi telinga bisa mendengar terbatas pada rentang frekuensi tertentu6. Getaran mekanik dianggap sebagai bergeraknya suara melalui semua bentuk materi: gas, cairan, padatan, dan plasma. Hal yang mendukung suara disebut medium. Suara tidak dapat melakukan perjalanan melalui ruang hampa. Rentang frekuensi terdengar bagi manusia biasanya diberikan sebagai antara 20 Hz dan 20.000 Hz (20 kHz). Frekuensi tinggi sering menjadi lebih sulit untuk mendengar dengan batasan usia. Jenis lain memiliki rentang pendengaran yang berbeda. Sebagai contoh, beberapa ras anjing dapat merasakan getaran hingga 60.000 Hz7 .

Wendiata Nova, Getaran dan Gelombang, (http://wendiatanova.blogspot.com/2012/08/tugas-makalah-fisika.html , diakses 20 Maret 2013) 7 Ibid.

DAFTAR PUSTAKA

Murdaka E.J, Bambang dan Tri kuntoro Priyambodo. Fisika Dasar. Jakarta: Andi Publisher. 2009 Anonymous. Frekuensi, Periode, Cepat Rambat dan Panjang gelombang, http://fisika-xi-addawah.blogspot.com/2013/03/frekuensi-periode-cepatrambat-dan.html. diakses 20 Maret 2013 Nova, Wendiata. Getaran dan Gelombang. http://wendiatanova.blogspot.com/ 2012/08/tugas-makalah-fisika.html, diakses 20 Maret 2013 Anonymous. Pengertian Gelombang Frekuensi dan Rumus Gelombang Frekuensi, http://id.shvoong.com/exact-sciences/architecture/pengertiangelombang-frekuensi-dan-rumus. diakses 20 Maret 2013)