Você está na página 1de 8

Bab 19

Melengkapi Pengujian dalam Siklus Perolehan dan Pembayaran: Verifikasi Akun Terpilih

Perolehan aktiva mempengaruhi akun perlengkapan, property, bangunan pabrik dan peralatan, dan beban dibayar dimuka. Tambahan lagi, pembayaran yang dilakukan atas jasa yang terjadi mempengaruhi akun beban. Metodologi yang terkait dengan pengauditan akun-akun tersebut sama dengan audit akun-akun lain. Berikut ini jenis akun yang lazim terkait dengan transaksi siklus perolehan dan pembayaran.

Pertama tama kita focus pada topic terkait denga audit akun property, bangunan pabrik, dan peralatan karena banyak transaksi di dalam silus perolehan dan pembayaran mungkin mempengaruhi akun-akun tersebut. Property, bangunan pabrik dan peralatan adalah aktiva yang diharapkan memberikan manfaat lebih dari satu tahun, digunakan dalam bisnis, dan tidak untuk diperjual belikan.

Pusat Pengembangan Bahan jar - !MB

Hepi Prayudiwan AUDITING 2

Maksud untuk menggunakan aktiva-aktiva ini sebagai bagian dari operasi usaha klien dan kegunaan yang diharapkan lebih dari satu tahun itu adalah karakteristik penting yang membedakan aktiva-aktiva ini dari persediaan, biaya dibayar dimuka dan investasi. Metodologi perancangan pengujian terinci atas saldo akun siklus perolehan dan pembayaran lain adalah sebagai berikut"

Pusat Pengembangan Bahan jar - !MB

Hepi Prayudiwan AUDITING 2

#alam audit akunt peralatan manufaktur dan akun terkait, berguna untuk memisahkan pengujian menjadi kategori-kategori berikut" prosedur analitik verifikasi perolehan tahun berjalan verifikasi pelepasan tahun berjalan verifikasi saldo akhir akun aktiva verifikasi beban penyusutan atau depresiasi verifikasi saldo akhir akumulasi penyusutan

berikut ini ilustrasi akun peralatan pabrik dan akun terkait"

Pencatatan yang semestinya terhadap penambahan dalam tahun berjalan merupakan hal yang penting karena pengaruh jangka panjang dari aktiva terhadap laporan keuangan. $egagalan untuk mengkapitalisasi aktiva tetap, datau pencatatan perolehan dalam jumlah yang tidak tepat, mempengaruhi neraca hingga perusahaan melepas aktiva tetap tersebut.

Pusat Pengembangan Bahan jar - !MB

Hepi Prayudiwan AUDITING 2

Berikut ini prosedur analitik untuk peralatan pabrik"

Pengujian audit yang paling umum untuk melakukan verifikasi tambahan yaitu memeriksa faktur pemasok danlaporan penerimaan barang. Pengujian tambahan atas dokumen disamping yang dilakukan itu sebagai bagian dari pengujian pengendalian dan pengujian substantive atas transaksi seringkali diperlukan karena rumitnya banyak transaksi perolehan peralatan dan materialnya jumlah itu. #ianggap normal jika melakukan verifikasi atas transaksi yang besar dan tidak biasa untuk setahun penuh dan juga normal jika sebagai sample yang me%akili penambahan yang lazim. &uasnya verifikasi bergantung pada risiko pengendalian yang ditetapkan auditor atas perolehan dan juga pada materialitas dari penambahan. #alam menguji perolehan, auditor harus mengetahui kebijakan kapitalisasi klien untuk menentukan apakah perolehan dibukukan sesuai dengan prinsip akuntansi yang diterima umum.

Pusat Pengembangan Bahan jar - !MB

Hepi Prayudiwan AUDITING 2

Berikut ini tujuan audit terkait saldo dan pengujian terinci atas saldo untuk tambahan peralatan pabrik.

Pusat Pengembangan Bahan jar - !MB

Hepi Prayudiwan AUDITING 2

Biaya dibayar dimuka, biaya ditangguhkan dan aktiva tidak ber%ujud merupakan aktiva yang berbeda-beda umurnya dari yang berumur beberapa bulan hingga beberapa tahun. #imasukkkan aktiva-aktiva tersebut sebagai aktiva merupakan hasil dari konsep penandingan beban dan pendapatan bukannya konsep nilai jual atau nilai likuidasi. Berikut ini adalah contoh aktiva tersebut" se%a dibayar dimuka biaya organisasi pajak dibayar dimuka paten asuransi dibayar dimuka merek dagang biaya yang ditangguhkan hak cipta

'alah satu perbedaan yang lazim antara aktiva-aktiva ini dengan yang lainnya, seperti piutang dan persediaan, adalah tidak materialnya jumlah aktiva-aktiva yang disebutkan terlebih dahulu. Berikut ilustrasi akun asuransi dibayar dimuka dan akun terkait"

Pusat Pengembangan Bahan jar - !MB

Hepi Prayudiwan AUDITING 2

$e%ajiban yang harus dibayar adalah estimasi mengenai ke%ajiban yang belum dibayar atas jasa atau manfaat yang telah diterima sebelum tanggal neraca. Banyak ke%ajiban yang masih harus dibayar merupakan ke%ajiban masa mendatang atas jasa yang belum dibayar yang timbul dari perjalanan %aktu tetapi belum terhutang pada saat tanggal neraca. (enis akrual kedua adalah akrual dimana jumla ke%ajiban harus diestimasi akibat ketidak pastian jumlah yang harus dibayarkan. Berikut ini adalah ke%ajiban yang masih harus dibayar umum lainnya" pajak penghasilan yang masih dibayar bunga masih harus dibayar biaya pension masih harus dibayar honor professional masih harus dibayar se%a masih harus dibayar biaya garansi masih harus dibayar

berikut ini ilustrasi akun pajak property yang masih harus dibayar dan akun terkait"

Pusat Pengembangan Bahan jar - !MB

Hepi Prayudiwan AUDITING 2

Tinjauan prosedur yang biasa digunakan auditor untuk menentukan apakah akun pendapatan dan beban di dalam laporan keuangan disajikan secara %ajar sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum. Prosedur analitik untuk akun pendapatan dan beban diilustrasikan sebagai berikut"

Pusat Pengembangan Bahan jar - !MB

Hepi Prayudiwan AUDITING 2