Você está na página 1de 20

Arti Psikotes menggambar

Psikotes.... kata yang cukup menakutkan bagi para pencari kerja atau bagi anda yang ikut assigment, tapi sebenarnya psikotes itu hanya sebagian dari tes
kepribadian seseorang sebelum mereka diterima kerja atau menempati posisi tertentu di perusahaan.
psikotes dibuat oleh manusia, oleh karena itu pasti ada ilmunya...
disini saya coba sadur ilmu psikotes yang saya dapatkan dari beberapa sumber. semoga bermanfaat.
Arti psikotes menggambar
Coretan berbentuk panah maka menunjukkan bahwa anda adalah orang yang ambisius dan agresif. Apabila anda menggambar tanda panah ke kiri berarti senang
mengenang masa lalu. Sedangkan tanda panah ke kanan berarti siap untuk menyongsong masa depan. Tanda panah ke suatu objek berarti marah atau penasaran
dengan objek tersebut.
Jika coretan berbentuk lingkaran maka sering dikaitkan dengan keramahan, senang bicara dan senang berteman. Artinya anda fleksibel, mudah beradaptasi
dan menyesuaikan diri. Anda juga memiliki iman yang kuat sehingga berjiwa optimis dan pantang menyerah.
Anda membuat coretan geometris seperti segitiga, segi empat, persegi panjang dan formasi pola lain maka menunjukkan pikiran yang logis. Gambar ini juga
menandakan pikiran yang teratur, proses pemikiran yang jernih dan ketrampilan dalam membuat perencanaan efisiensi dan tujuan. Meski orang menilai anda
kolot, tapi anda mampu menyelesaikan pekerjaan dalam situasi kritis sekalipun.
Bila anda menggambar lingkaran kusut yang besar maka menandakan keinginan akan gaya hidup bebas yang menggelinding begitu saja. Sementara lingkaran
kusut yang kecil melambangkan perasaan amarah yang terpendam.
Apabila anda menggambar abstrak maka melambangkan ketegangan, kesulitan dan gangguan dalam konsentrasi.
Gambar kotak memang lebih banyak dilakukan oleh kaum lelaki. Kotak yang ditumpuk menunjukkan pemikiran yang metodis dan konstruktif. Kotak tertutup
menandakan bahwa anda adalah orang yang menghargai privasi. Sementara kotak terbuka mencerminkan harapan untuk menyambut seseorang atau sebaliknya
keinginan lari dari situasi yang menekan.
Coretan gambar binatang mampu mencerminkan bagaimana memandang diri sendiri. Jika menggambar hewan peliharaan, seperti kucing maka berarti anda
memiliki pribadi yang ramah dan sensitif. Gambar burung maka berarti anda memiliki daya imajinasi yang tinggi, penuh pertimbangan, cinta kasih dan menyukai
kebebasan. Bila anda menggambar hewan kecil maka mengindikasikan perasaan takut yang tersembunyi, lemah, pasif, kurang percaya diri dan introvert.
Sedangkan gambar hewan liar mencerminkan agresivitas dan ketegasan. Gambar hewan yang suka bersenang-senang, seperti anjing maka menunjukkan bahwa
anda orang yang senang bermain. Gambar hewan berjalan pelan, seperti kura-kura maka menunjukkan kpribadian yang senang merenung.
Bagi anda yang sering menggambar bunga maka melambangkan sisi feminin dan keinginan melihat pertumbuhan, alam dan reproduksi. Gambar bunga juga
menunjukkan keinginan berkembang dan menghasilkan sesuatu dalam hidup. Bunga dalam rangkaian bisa menggambarkan rasa kekeluargaan dan kebersamaan.

Sementara gambar bunga dan tumbuhan menunjukkan anda orang yang sensitif, manusiawi, hangat dan terbuka.
Coretan pohon yang selalu anda gambar, maka melambangkan ego dan ambisi. Jika pohon itu memiliki daun yang lebat dan buah, ini menunjukkan anda orang
yang mendambakan cinta, seks dan anak. Pohon tanpa daun dan buah, dengan daun terkulai menunjukkan depresi dan kurang semangat juang. Lalu, kalau pohon
digambar dengan akar, menunjukkan orang yang mementingkan asal-usul.
Jika anda menggambar hati maka menandakan anda sedang jatuh cinta. Hati melambangkan pikiran orang yang menggambarnya dipenuhi cinta dan sentimentil.
Wajah cantik yang anda gambar maka menunjukkan rasa kasih sayang kepada orang lain. Orang yang senang menggambar wajah cantik melihat hal-hal positif
dalam diri seseorang, situasi, optimistik, manusiawi, bersifat baik dan sensitif terhadap sesama. Ia juga mampu menunjukkan empati, ramah dan senang
bergaul.
Tapi jika anda menggambar wajah jelek maka anda adalah seseorang yang penuh curiga, tidak suka dan tidak percaya pada orang lain. Anda memiliki jiwa
pemberontak, kurang percaya diri, senang melihat hal-hal buruk dalam diri setiap orang dan situasi. Anda juga defensif, cenderung mengubah fakta karena
pandangan anda yang gelap dan sempit.
Rumah yang anda gambar maka menunjukkan perasaan terhadap lingkungan rumah, dan biasanya digambar oleh kaum perempuan. Rumah yang tidak bahagia,
biasanya digambarkan dengan rumah berbentuk asimetris tanpa jendela. Sementara rumah dengan cerobong asap yang mengeluarkan asap menunjukkan anda
orang yang bahagia dengan sikap positif terhadap kehidupan di rumah. Rumah yang dingin tanpa hiasan menunjukkan rasa tidak senang dengan kehidupan di
rumah.
Gambar bintang dan benda-benda langit menunjukkan perasaan penuh harapan, optimisme, ambisi dan kebutuhan untuk membuktikan serta mempromosikan
diri.
Bila anda menggambar alat transportasi dalam bentuk apapun melambangkan hasrat untuk pergi atau mencapai tujuan. Semakin cepat jenis kendaraan yang
digambar artinya anda ingin cepat-cepat menyampaikan pendapat atau pergi.
Apabila anda menggambar makanan, biasanya memiliki tiga makna. Yang pertama adalah kebutuhan akan cinta. Kedua adalah hasrat yang ingin dipenuhi. Ketiga
adalah haus akan sesuatu. Mana yang sesuai dengan anda?
Senjata yang anda gambarkan maka menunjukkan sikap persaingan dan kebutuhan untuk membuktikan diri penuh kekuatan.
Tangga menjadi pilihan anda sebagai coret maka menunjukkan anda memiliki banyak ambisi, dorongan yang kuat untuk membuktikan diri, tidak sabar terhadap
proses yang panjang dan berusaha meraih tujuan terdekat.
Bagi kaum lelaki, biasanya sering menggambar alat vital. Jika ada lelaki yang menggambarkan payudara besar atau vagina, artinya hidup lelaki itu sedang
terancam oleh perempuan. Tetapi jika ia senang menggambarkan alat vital dari kaum sejenisnya, artinya ia memiliki kelainan seksual. Sedangkan bagi anda yang
menggmbarkan penis, maka menandakan anda sedang merasa dikucilkan.
Jika anda senang menulis nama sendiri dengan bentuk tulisan berbeda maka anda adalah seorang yang sedang mengalami krisis kepribadian. Anda tidak yakin
dengan arah kehidupan anda sendiri.
Sedangkan goresan tanda tangan selalu anda lakukan secara tidak sadar maka menandakan konflik emosional dan intelektual sedang meningkat sehingga anda

berada dalam kesulitan. Benar atau tidaknya makna tersebut, silakan anda buktikan sendiri.

Tips pencari kerja :


Hm, kalo gambar pohon, usahain lengkap, ada akar, batang, ranting, daun, buah, dan lain2. Trus kasih nama. Misal : pohon jeruk, apel, mangga, dll. Ga perlu
bagus2 amat, yang penting lengkap.
Alasanya liat diatas.
Kalo gambar orang, setau gw nih, jangan terlalu kecil dan jangan terlalu gede. Biasanya dikasih nama kan ? Kalo gw biasanya gambar diri sendiri aja.
Sisanya sih masalah berpikir cerdas aja. Kayak sambung gambar bercerita, mana gambar yang sesuai, pengetahuan umum, mana kata yang sesuai, dan lain-lain.
TAG ARCHIVES: PSIKOTES

tips usm daerah itb versi saya


Posted on May 24, 2010 | 19 comments
seperti yang kita tau, usm terpusat itb 2010 diadakan 29-30 mei 2010 alias sabtu ini. saya mau ngasih sedikit hal yang saya kerjakan sewaktu usm daerah
kemaren, semoga berguna :)
setauku, 60% tes itb jalur usm ditentukan dari psikotes. baru sisanya dari math, english, mipa, dan tpa. psikotes sendiri, dari cerita mereka yang berhasil,
paling ditentuin dari ketenangan kita dalam ngerjain soal. ngrasa takut itu manusiawi banget. 2 minggu sebelum tes .. aku nangis, yakin aku gabakal keterima.
tapi rencana Allah kita ga pernah tau. jadi do your super best aja
HARI PERTAMA (5 JAM) PSIKOTES
malem sebelumnya, tidur cepet, makan bergizi, fresh in badan&pikiran. khusus yang usm pusat, GO Intensif usm ngasih tips : datengnya rada pagi. soalnya
semua yang pengen itb dateng ke bandung. kalo dateng mepet, entar mentalnya down liat lautan manusia. jangan sampe down ya ;;;)
saranku buat psikotes, tenangin diri. angkaangkanya jujur ega sulit, tapi akunya aja yang ga tenang. perkalian 46 aja aku semenitan sendiri, saking paniknya.
padahal waktu sangat terbatas disini

deret angka, usahain diisi. ini deretnya emang berasa angka acak gitu. awalnya aku nyerah, tapi gengsi sama sebelahku kalo cuma ngisi dikit ehehe. jadi

kupaksain ngejawab. akhirnya setelah dipelototin, ternyata ini deret 4 tingkat. contoh angka
buat tes gambar, buku Bank Psikotes Gambar terbitan Buku Biru buatku berguna banget. disitu ada tips gambar buat psikotes. pertimbangan hak cipta, maaf
banget gabisa kuupload disini. jadi kujelasin dengan bahasaku aja ya
gambar1 - ada 8 kotak, nerusin gambar

(atas) kiri ke kanan anggep 1-4,(bawah) kiri ke kanan anggep 5-8


1. titik adalah pusat. kujadiin pusat jarum jam, disamping jam ada boneka
2. objek yang gerak bebas. kujadiin burung cemara, plus gunung sawah
3. makin tinggi, bearti keinginan maju kita tinggi. kujadiin tiang listrik, plus awan&matahari
4. kujadiin tutup botol aqua, botolnya di atas meja. disampingnya ada sendok garpu
5. sesuatu yang teknis&konstuksional. tapi aku gabisa gambar hehe, jadi kubikin jadi sendok eskrim (dislike it!)
6. kujadiin mobil, di depannya ada pohon
7. kujadiin bunga matahari. bunganya di sungai. ada banyak bunga, plus batubatuan
8. suatu pelindung. kujadiin topi yang dipake orang. orangnya di dalam rumah
TipsSemogaBerguna : jangan ragu ngasih ornamen tambahan. makin detil, makin bagus katanya

.
gambar2 - gambar pohon
pohon selain pohon kelapa, cemara, pisang, dan rumput rumputan. dulu kugambar pohon apel. batangnya gede&berornamen. akarnya kuat banyak. dahannya
banyak, di tiap dahan ada daun + buah apel. ada daun jatuh ketiup angin. di tanah ada apel jatuh, bunga liar, batu, gundukan tanah. ada matahari, awan, burung
gambar3 - gambar orang
gambar orang yang lagi beraktifitas. jangan gambar komik-style. dulu kugambar sekretaris yang lagi jalan bawa map kerjaan. biar agak high-tech, di meja si
sekretaris ada laptop berlogo Mac, mouse, map, bolpen. si sekretaris pake jepit rambut, kalung simpel, sabuk, sepatu high heels. abis itu dikasih nama,
kelebihan, kekurangan dari karakter gambaran kita
TipsSemogaBerguna gambar2&gambar3 : dilarang pake penghapus. gambarnya yang tegas, jangan arsiran :)
.
essai - apa yang akan kamu kerjakan 10taun mendatang
kita mau masuk surga, bahagiain ortu, boleh banget. TAPI JANGAN DITULIS DISINI >:D disini sesi ngegombal hehe. judul :10 taun mendatang, saya ingin
masuk stei. kenapa? karena citacita saya adalah dapat berpatisipasi sebagai programmer di Bursa Saham Indonesia. disitu peran programmer cukup vital
karena > cukup gombal sekali kan :p
,
keraplin (atau pauli)
dikasih kertas gede banget seukuran kertas koran, ada angka, banyak angka tercetak. kita disuruh ngitung penjumlahan angka atas&bawahnya. kalo hasil
penjumlahannya >10, cuma tulis angka belakangnya. tiap beberapa menit, pengawas teriak ganti, berarti kita suruh nandai (garis 2 kali) tempat kita ngitung
sekarang

TipsSemogaBerguna abis nandai, jangan berhenti. cepet itu bagus, tapi lebih usahain konsisten. jumlah lembar keraplin yang kita abisin bukan penilaian mutlak
kok, konsisten sekali lagi. jangan sampe interval tanda kita terlalu beda satu sama laen
HARI KEDUA
tes bakat skolastik banyak beli buku TPA dan kalo sempet apalin katakata dari kamus
english grammar yang paling banyak keluar. aturan pemakaian Gerund, Infinitive, Participle dibuka lagi yok
math dasar pikir out of box, soalnya pemecahannya sering diluar dugaan :) perdalam cara bikin grafik keluar di banyak soal
mipa terpadu
fisika konsep dasar dimatengin. masih ada waktu yuk buat ingetinget arus listrik, daya, fluida, intensitas dan lainnya. kalian bisa :)
kimia sedikit (banyak ding) diluar pengetahuanku yang awam. ada titik kritis dan halhal yang belom pernah kudenger
biologi kata tementemenku gampang. buatku? sulit banget gilaaaa. pertanyaannya sih sering liat, tapi jawabannya itu yang aku ga tau :B
dari awal aku tau, biologiku ega mungkin kekejar. jadi realistis aja, lebih kuusahain di fisika
.
selebihnya? keberuntungan dan berkah Allah aja. kalo dalam kasusku, itu faktor utama. tapi tetep, usaha maksimal. aku percaya keberuntungan dateng kalo
kita usaha ;)
selamat berjuang, semoga sukses

Tes Psikologi Baum Tree Test (tes gambar Pohon)


Dalam Tes Psikologi ini, anda sebagai peserta tes diminta untuk menggambar sebuah pohon. Perintah menggambar pohon ini bisa bervariasi. Adakalanya anda
diminta menggambar pohon tertentu seperti pohon apel, pohon mangga, dll. Atau pohon tanpa buah. Atau pohon merambat. Atau pohon besar. Ataupun sebuah
pohon dengan kriteria yang diinginkan penguji.
Fungsi dari tes ini adalah untuk menilai karakter dan kepribadian seseorang. Hal ini dapat diketahui dari bentuk gambar, kelengkapan gambar, kerapian, cara
menggambar, dan dari aspek-aspek lainnya.
Kesimpulannya: Dalam Tes DAP ini, kemampuan, karakter dan kepribadian seseorang (calon karyawan) dinilai dari gambar yang dibuatnya. Sehingga tes DAP ini
termasuk golongan Tes Psikologi Grafis.
Biasanya dalam menggambar pohon tersebut dibatasi, tidak boleh menggambar pohon kelapa, pohon pisang, rumput --klo cm gambar rumput anak umur 2 tahun
juga bisa--. Pokoknya gambar pohon dicotil --masa lupa pelajaran biologi, dikotil ntu yang punya akar serabut & ada rantingnya--.
mitos-mitos gambar pohon:
Bagian atas pohon membulat:
Melihat situasi secara keseluruhan, tertarik pada detail, menghargai orang, tempat dan hal untuk kesan yang mereka ciptakan, cenderung menyimpan penilaian
sampai mendapatkan semua fakta.
Gambar pohon yang berbentuk segitiga:
Berorientasi pada detail, gigih dan bekerja keras untuk meraih prestasi tinggi. Mementingkan hal-hal kecil seperti ketika menggambar pohon berbentuk
segitiga dan menyerupai tangga ke puncak, anda juga menapaki tangga sukses.
Ada gambar hewan disekitar pohon --ulet tidak termasuk-Hal ini mengungkapkan anda memikirkan orang lain disamping diri sendiri.
Gambar pohon berbunga atau berbuah:
Bekerja keras meraih prestasi tinggi. Buah atau bunga melambangkan dari hasil kerja, gambar pohon seperti ini mengungkapkan anda berbangga dengan
prestasi atau pencapaian anda.

Pohon yang bercabang banyak:


Hal ini mengungkapkan anda ekstrovert. Cabang melambangkan hubungan dengan dunia luar, banyak cabang menandakan punya jaringan besar.
Pohon dengan sedikit cabang:
Menandakan anda individualis. Mandiri dan bahagia dengan sedikit teman.
Gambar pohon dengan akar:
Bertanggung jawab. Menandakan orang yang realistis, menggunakan akal sehat dalam menjalani hidup dan punya hubungan kuat dalam keluarga, rumah dan
karier.
Gambar pohon tanpa akar:
Mandiri. Lebih suka melakukan apa yang diinginkan sendiri daripada mengikuti orang lain. Fleksibel dan spontan, tipe orang yang pandai bergaul dan merasa
senang dimanapun anda berada.
Pohon berdaun rindang:
Ahli dalam mengerjakan berbagai tugas sekalipun. Dedaunan melambangkan ide-ide, banyak daun menandakan senang menangani beberapa proyek secara
bersamaan. Menunjukkan estetika itu penting dan senang juka bisa menampilkan diri yang terbaik.
Gambar pohon dengan sedikit daun:
Lebih antusias pada bidang atau aktivitas tertentu, kemungkinan hanya punya sedikit minat atau kesukaan, tapi mengerjakaanya secara antusias. Anda tau
keunggulan atau keistimewaan anda dan senang mengembangkan bakat sampai sebesar-besarnya.
tips:
jadilah diri sendiri keluarkan semua imajinasi anda...

contoh

Mengerjakan Soal Psikotes Beserta Contoh untuk fresh graduates dan Profesional (Bagian 1 - pengantar dan tes kemampuan menggambar
orang, pohon dan rumah)
#JOB HUNTING PREPARATION
Setelah sebelumnya saya telah membuat postingan tentang cara membuat surat lamaran kerja dan riwayat hidup (curriculum vitae), kali ini saya akan
berbagi kepada anda semua tentang teknik mengerjakan soal psikotes yang disertai dengan contoh agar mudah dipahami. Mengerjakan soal dalam tes
psikologi (psikotes) memerlukan teknik tersendiri. Dalam tes ini, umumnya terbagi dalam beberapa tahap dan dibatasi dengan waktu yang terbatas.
Proses belajarnya pun bukanlah hal yang instan. Semakin anda sering berlatih, semakin cepat anda menelesaikannya. Namun, jika anda telah
mengetahui teknik mengerjakan soal psikotes, anda akan lebih mudah dalam mengerjakannya.
Seberapa pentingkah psikotes ?
Psikotes sendiri merupakan suatu tahapan yang selalu ada dalam proses seleksi untuk karyawan di perusahaan maupun instansi pemerintah. Tidak
jarang, beberapa program beasiswa dan proses perguruan tinggi juga biasanya menagadakan psikotes dalam tahapan seleksinya. Dari hasil psikotes

inilah dapat menggambarkan kondisi jiwa dan sesuai atau tidaknya kepribadian calon karyawan dengan jenis pekerjaan dan lingkungan kerja di
perusahaannya kelak. Hasil psikotes bersifat kulitatif, artinya laporan hasil tesnya berupa data yang memberikan kesimpulan sesuai atau tidaknya
kepribadian anda dengan jenis pekerjaan yang anda lamar. Sebagai contoh, standar hasil psikotes akan berbeda jika anda melamar pekerjaan
sebagai engineer di sebuah perusahaan tambang bila dibandingkan dengan saat anda melamar sebagaiteller disebuah bank. Bisa saja kulifikasi anda
cocok dengan pekerjaan sebagai teller, namun tidak sebagaiengineer. Begitu pun sebaliknya.
Apa saja yang diujikan dalam psikotes ?
Psikotes terdiri dari beberapa tahap. Secara umum, dalam tes ini anda akan diuji kemapuannya dalam menggambar, menghitung dan berpikir dengan
logika. Dengan waktu yang terbatas (3-4 jam), anda harus mengerjakan ratusan soal dalam format pilihan ganda dan isian singkat. Adapun beberapa
tahap dalam psikotes adalah :
1. Tes Kemampuan Menggambar (orang, pohon dan rumah)
2. Wartegg Test
3. Tes Kemampuan Berhitung Cepat (Kraeplien/Pauli)
4. Edward Personal Preference Schedule (EPPS) atau PAPI test
5. Tes Army Alpha
6. Tes Ketelitian
7. Tes Kode Ingatan
8. Tes Analog Verbal (analogi/padanan, sinonim dan antonim kata)
9. Tes Logika Penalaran
10. Tes Logika Aritmatika
11. Tes Angka
12. Logika Number
13. Tes Aritmatika
14. Tes Spasial
15. Deret Gambar
16. Pencerminan Gambar
17. Pasangan Gambar
Dengan banyaknya soal yang diberikan pada psikotes, postingan ini juga saya akan bagi dalam beberapa bagian. Kali ini saya akan bagikan tips dan
trik mengerjakan soal psikotes beserta contoh dan pembahasan dalam tahap tes kemampuan menggambar orang, pohon dan rumah (Draw A Person,
Tree and House-Tree-Person ). Simak ulasan saya berikut ini :

1. Psikotes tahap pertama : kemampuan menggambar (orang, pohon dan rumah)


Peralatan : 3 lembar kertas HVS polos, pensil HB, stop watch
Tenggat waktu : 3 x 10 menit
a. Menggambar Orang Lengkap (Draw A Person Test)
Petunjuk : Gambarlah orang lengkap. Kemudian dibalik kertas beri keterangan berupa umur, jenis kelamin, pekerjaan, aktivitas yang sedang
berlangsung, ciri fisik, kelemahan, kelebihan

Pembahasan : Tes ini dipergunakan untuk mengetahui tanggung jawab, kepercayaan diri, kestabilan, dan ketahanan kerja dari peserta psikotes yang
akan menjadi calon karyawan atau calon mahaiswa. Adapun poin yang dinilai dalam menggambar orang ini adalah : Proporsi anggota tubuh.
Semakin proporsional (seimbang perbandingan ukuran satu anggota tubuh dengan anggota tubuh yang lain) maka semakin tinggi skor yang anda
peroleh. Kelengkapan anggota tubuh. Semakin lengkap semakin tinggi nilainya. Diantaranya kepala, leher, badan, tangan, kaki, dan
seterusnya. Detail gambar. Semakin detail gambar yang anda buat semakin tinggi pula nilai yang anda peroleh.
Tips dan Trik : Saat wawancara dengan psikolog, adakalanya gambar ini dibawa oleh dia dan tanyakan kepada anda. Mengapa anda menggambar
orang seperti diatas dan anda akan disuruh mendeskripsikannya secara detil. Untuk itu, gambarlah orang yang benar-benar nyata, bukan tokoh kartun
(anime) yang menyerupai orang. Ada baiknya anda menggambar orang yang sudah dikenal dan dekat dengan anda, sehingga anda tidak kesulitan
dalam mendeskripsikannya. Biasanya saya menggambarkan dosen saya yang akan berangkat kerja ke kampus. Tentunya saya sudah hafal betul
perawakan dan sifat beliau.
b. Menggambar Pohon (Tree Test)
Petunjuk : Gambarlah pohon berkayu atau berkambium. Tidak diperbolehkan menggambar pohon kelapa,pohon pisang, bambu, semak belukar, dan
jenis tanaman monokotil. Setelah Anda selesai menggambar, tuliskan mama pohon tersebut di halaman kertas sebaliknya!

Pembahasan :Bagus tidaknya gambar bukanlah kriteria lolos tes karena Tree Test bukanlah tes kemampuan menggambar. Sebagai salah satu alat
menggali kepribadian, setiap tarikan garis dan tebal-tipis garis pun akan dievaluasi dengan cermat oleh psikolog. Jadi yang bisa kita persiapkan
hanyalah berlatih menggambar semirip mungkin dengan pohon yang dimaksud dan menyelesaikan gambar tepat waktu.

Tips dan Trik : Pada awalnya mengikuti tes psikotes, saya suka menggambar pohon seperti diatas. Kemudian saya beri keterangan bahwa gambar itu
adalah pohon jati, pohon yang dikenal sebagai pohon yang kokoh dan kuat. Dengan harapan psikolog akan melihat saya sebagai pribadi yang tangguh
hehehe. Namun saat mengikuti tes-tes untuk seleksi kerja, belakangan saya lebih suka menggambar pohon mangga lengkap dengan buahnya.
Penampilan pohonnya pun, sangat berbeda dengan gambar pohon jati di atas. Ranting (besar dan kecil) serta daun (sampai urat daun) saya gambar
dengan teliti satu per satu. Dengan begitu mungkin psikolog akan berpikir saya adalah orang yang teliti (menggambar detil dari ujung akar sampai
ujung daun) dan orang yang suka dengan hasil kerjanya (dilihat dari gambar buah mangga yang menggantung di batang pohon).
c. Menggambar Rumah-Pohon-Orang (House-Tree-Person)
Petunjuk : Gambarlah sebuah rumah, sebuah pohon dan seorang manusia.

Pembahasan : Garis dan dinding mewakili ego seseorang. Garis dan dinding yang terlalu samar menunjukkan ego yang lemah. Sedangkan bila terlalu

tebal menunjukkan kecemasan yang berlebihan.Atap mewakili fantasi. Jika anda terlalu memperhatikan atap, maka artinya anda terlalu memperhatikan
fantasi dalam kehidupannya. Pintu dan jendela mewakili keterbukaan untuk berinteraksi dengan orang lain dan berinteraksi dengan lingkungan. Jika
anda menggambar gordin atau penutup jendela lain maka diartikan dia kurang terbuka dan kurang suka berinteraksi dengan orang lain. Pintu dan
jendela yang terbuka menandakan orang tersebut sangat terbuka dan sangat suka berinteraksi dengan orang lain.
Tips dan Trik : Dalam beberapa versi ada yang memaknai rumah sebagai seorang ayah, pohon adalah ibu, dan orang adalah diri kita sendiri. Semakin
besar ukurannya, maka semkin besar pengaruh kepada kehidupan kita. Saya juga sering menambahkan pagar disekeliling rumah. Dengan begitu,
psikolog akan berpikir bahwa saya adalah pribadi yang memperhatikan keamanan dan cukup waspada.
Sumber : Pengalaman pribadi
Sekian Tips & Trik Mengerjakan Soal Psikotes Beserta Contoh untuk fresh graduates dan Profesional Bagian 1. Ini baru awal, selanjutnya insyaAllah
akan saya bagikan lagi tips dan trik dalam mengahadapi tes psikologi bagian selanjutnya, yaitu tentang wartegg tes, dan bagian-bagian lainnya dalam
psikotes. Sebagai gambaran awal tentang wartegg tes, silahkan lihat gambar berikut :

to be continued......

Bagaimana, semakin penasaran mempelajari Tips dan Trik Psikotes untuk Seleksi Kerja dan Masuk Perguruan Tinggi ? :D Tunggu ulasan saya
selanjutnya
ya.
Kita bisa
belajar bersama :) Bila ada
yang ingin didiskusikan, monggo
mengisi
kolom komentar.
Semoga

bisa

membantu

anda

lolos

seleksi

tahap

psikotes.

Salam hangat,
Mengerjakan Soal Psikotes Beserta Contoh untuk fresh graduates dan Profesional (Bagian 3 - pengantar dan tes kemampuan
mengerjakan/menghitung Kraepelin Test dan Pauli Test )
#JOB HUNTING PREPARATION
Tulisan ini merupakan kelanjutan dari postingan saya sebelumnya yang berjudul 15 Menit Pahami Cara Jitu Lolos Psikotes untuk Seleksi Kerja dan
Masuk Perguruan Tinggi - Bagian 1 (menggambar orang, rumah dan pohon) dan Bagian 2 - (Wartegg Test) . Melihat antusias dari para
pembaca/pengunjung blog, saya pun membuat postingan lanjutan tentang tips dan trik ini. Dengan harapan, dapat bermanfaat dan digunakan bagi
anda yang akan menghadapi tes psikologi untuk melamar pekerjaan maupun melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Seperti pada postingan
saya sebelumnya (bila anda belum pernah membacanya,silahkan klik disini ), tes psikologi terdiri dari beberapa tahap. Salah satu tahap yang yang
cukup membuat para peserta tes psikologi harus berpikir lebih keras adalah Kraepelin dan Pauli Test. Jika dalam tahap "Tes Kemampuan
Menggambar (orang, pohon dan rumah) dan Wartegg Test" para peserta diharuskan menggambar sebuah obyek. Namun saat memasuki
tahap Kraepelin dan Pauli Test, peserta harus dapat menghitung deretan angka dalam waktu tertentu.
Untuk lebih jelasnya, silahkan simak ulasan saya tentang Kraepelin dan Pauli Test sebagai berikut :
Kraepelin dan Pauli test atau yang sering disebut "hitungan koran" adalah tes kemampuan dasar menghitung cepat. Tes ini terdiri atas gugusan angkaangka dari 1-9 yang tersusun secara membujur (atas-bawah) dalam bentuk lajur. Pada saat tes anda harus menjumlahkan dua angka yang berdekatan
di setiap lajur dalam waktu tertentu. Adapun cara mengerjakannya adalah dengan menjumlahkan dua buah bilangan, kemudian hasilnya dituliskan
disela-sela kedua bilangan yang dijumlahkan. Jika hasil dari penjumlahan berupa bilangan puluhan atau terdiri dari dua digit angka, maka cukup
dengan menuliskan digit terakhir atau angka satuannya saja. Sebagai contoh lihatlah gambar 1 berikut :

Gambar 1 : Teknik Penulisan Hasil Penjumlahan


Elemen yang akan diukur dalam hasil tes ini adalah konsistensi, produktivitas kerja, sikap terhadap tekanan, daya tahan kerja, pengendalian emosi,
kemampuan daya penyesuaian diri, keuletan kerja, sikap kerja, serta ketelitian sekaligus kecepatan dalam mengerjakan suatu pekerjaan.
Lalu apa perbedaan antara Kraepelin dan Pauli test ?
Secara umum,kraepelin dan pauli test dikerjakan dengan cara dan teknik yang hampir sama. Adapun perbedaannya adalah dari segi penulisan hasil
penjumlahan (dari atas-bawah atau daribawah-atas), penandaan pergantian waktu, banyaknya lembar kerja, dan waktu pengerjaan.
Dalam pauli test, penjumlahan angka dilakukan dari atas ke kebawah. Kemudian dalam interval waktu tertentu terdapat instruksi atau aba-aba "garis".
Saat itu anda harus menggaris batas terakhir hasil kerjaan anda, kemudian dengan segera mungkin melanjutkan proses penjumlahan. Durasi waktu
untuk pauli testbiasanya sekitar 60 menit, dengan instruksi "garis" disetiap selang waktu beberapa menit. Lembar kerja dalam pauli test berupa kertas
selebar koran yang sudah penuh dengan angka-angka bolak-balik disetiap lembarnya. Jika anda telah selesai menjumlahkan diseluruh lembaran kerja
(bolak-balik), anda dapat meminta untuk menambah kertas lembar kerja. Sebagai contoh, lihatlah gambar 2 berikut.

Gambar 2 : Teknik Penulisan Hasil Penjumlahan Pauli Test


Sedikit berbeda dengan pauli test, dalam kraepelin test penjumlahan angka dilakukan dari bawah ke atas. Kemudian dalam interval waktu tertentu
terdapat instruksi atau aba-aba "pindah". Saat itu anda harus berpindah dari kolom terakhir hasil kerjaan anda, kemudian dengan segera mungkin
melanjutkan proses penjumlahan pada kolom berikutnya (sebelah kanan). Durasi waktu untuk kraepelin test biasanya sekitar 10-15 menit, dengan
instruksi "pindah" disetiap selang waktu beberapa menit. Lembar kerja dalamkraepelin test berupa kertas seukuran A4 atau F4 yang sudah penuh
dengan angka-angka bolak-balik disetiap lembarnya. Dalam tes ini anda tidak dapat menambah kertas lembar kerja. Sebagai contoh, lihatlah gambar 3
berikut.

Gambar 3 : Teknik Penulisan Hasil Penjumlahan Kraepelin Test


2. Psikotes tahap ketiga : Kraepelin dan Pauli Test
Peralatan : lembaran Kerja Kraepelin dan Pauli test , bolpoint, stop watch
lembaran kerja dapat diunduh disini (download via dropbox)
Tenggat waktu : 1 x 15 menit untuk kraepelin test (setiap menit instruksi "pindah"); 1 x 60 menit untuk pauli test (setiap 2 menit instruksi "garis")
PETUNJUK : Pada nomor-nomor berikut ini terdapat kolom dan deret angka-angka. Jumlahkanlah angka-angka tersebut dari bawah ke atas! Tuliskan
hasil penjumlahan di sebelah kanan, di antara 2 angka yang dijumlahkan!
lembaran kerja dapat diunduh disini (download via dropbox)
Tips dan Trik :
1. Persiapkan alat tulis berupa pulpen atau pensil biasa yang terbukti lancar digu-nakan/tidak seret. Kalau perlu, sediakan cadangannya. Jangan

memakai pensil mekanik. Tes ini sangat terikat dengan waktu. Pensil mekanik membutuhkan reload/pengisian ulang ketika ujung granitnya habis.
Mekanisme ini membutuhkan waktu sekitar 0.5-1 detik. Seandainya Anda melakukan reload dalam 10 lajur berarti Anda kehilangan waktu 5-10 detik.
2. Pada soal tes Pauli yang sebenarnya, jumlah angka yang diberikan sangat banyak, yaitu sebesar lembar koran. Sehingga tes Pauli ini sering disebut
dengan Tes Koran. Silakan anda berlatih mengerjakan soal psikotes jenis ini untuk memberikan pengalaman pada diri anda sendiri. Sehingga nantinya
anda dapat mengerjakan soal yang sesungguhnya dengan kondisi mental dan fisik yang lebih matang.
Usahakan jumlah angka yang dijumlahkan di masing-masing kolom stabil. Grafik yang terbentuk akan lebih baik dibandingkan jika Anda memaksakan
diri menjumlah seluruh kolom di awal tes, namun sangat kewalahan di pertengahan, hingga akhir tes. Kendalikan diri untuk menghemat tenaga sampai
lajur selesai mengingat lajur angka mencapai 45. Jika tes dilakukan secara komputerisasi, Anda tidak bisa mengetahui berapa lajur yang masih akan
dijumlahkan. Maka lebih baik Anda berkonsentrasi dan menyimpan tenaga hingga tes benar-benar selesai.
3. Buatlah patokan penjumlahan yang benar-benar sesuai dengan kemampuan Anda. Jangan memaksakan diri untuk menggarap per deret hingga
selesai di ujung atas, apalagi di deret 1 (pertama). Anda akan merasa sangat terburuburu dan keletihan dilajur berikutnya. Tapi,usahakan mematok lebih
dari 11 perhitungan dan teruslah stabil mencapainya pada seluruh lajur.
4. Jangan melakukan kecurangan terhadap waktu maupun hasil penjumlahan. Hal ini akan merugikan Anda sendiri karena justru akan menghabiskan
waktu sekian detik untuk memutuskan. Anda pasti membuang waktu untuk berpikirjumlah berikutnya. Hasilnya akan membuat grafik penjumlahan Anda
tidak alami.
5. Hal mendasar untuk menyelesaikan keseluruhan tes Kraeplien/Pauli dengan baik adalah konsentrasi. Terkadang Anda akan merasa blank pada
pertengahan tes. Namun Anda harus kembali fokus pada penjumlahan berikutnya. Lebih baik tidak mengingat hasil penjumlahan sebelumnya.
Kalaupun Anda akan mengubahnya, Anda harus cermat mengatur waktu supaya grafik pengerjaan tidak terpengaruh.
6. Kondisi fisik sangat berpengaruh. Usahakan tidak begadang dan perut terisi dahulu sebelum berangkat tes karena model tes ini sangat menyedot
energi.
to be continued......
Bagaimana, semakin penasaran mempelajari Tips dan Trik Psikotes untuk Seleksi Kerja dan Masuk Perguruan Tinggi ? :D Tunggu ulasan saya
selanjutnya ya. Kita bisa belajar bersama :) Bila ada yang ingin didiskusikan, monggo mengisi kolom komentar.