Tugas review film | Amri Munawar ( 1406607035

)
1. Quantum Of Solace

Film sekuel james bond ke-22 ini merupakan lanjutan dari film sebelumnya yaitu
“Casino Royale”. Pada film james bond yang diperankan oleh craig david mengubah citra serial
James Bond yang menceritakan seorang agen rahasia Inggris yang membasmi kejahatan teroris
internasional. Film ini menampilkan pembalasan james bond terhadap kematian kekasihnya
yang muncul pada sekuel sebelumnya, sehingga mempertemukannya dengan organisasi
kejahatan internasional bernama Quantum. Organisasi tersebut menjadi dalang dalam
perebutan kekuasaan sumber daya alam di Bolivia seperti minyak dan hutan.
Secara keseluruhan ada beberapa hal yang disampaikan oleh si sutradara dan penulis
cerita di film ini seperti :
a) Dunia saat ini sedang mengalami berbagai masalah, seperti masalah lingkungan,
keuangan, kesehatan, pangan, dan lainnya. Hal ini ditunjukkan pada beberapa scene
seperti obrolan agen MI6 dan Wakil Menteri Inggris tentang minyak yang hanya
dikuasai oleh Amerika dan Cina, scene tentang penggunaan Euro karena nilai Dollar
yang mulai menurun, dan Masalah kekeringan yang melanda Bolivia.
b) Ada beberapa pihak di dunia yang menginginkan keuntungan di atas penderitaan
orang lain. Hal ini ditunjukkan pada scene dimana Greene ingin menguasai padang
pasir di Bolivia, untuk menguasai cadangan air disana dan menjualnya pada Bolivia.

Dia tergerak karena Banyak dampak yang diakibatkan oleh pemanasan global ini. dan bagian bumi yang terdapat glasier telah rusak dan mencair. dan gambar demi gambar yang mengejutkan pikiran dan membujuk para penonton untuk "menjadi bagian dari solusi. . Gunung Kilimanjaro. Dan film ini juga menceritakan sisi lain dari Al Gore yang menjadi senator di America.2. Film ini mencetak rekor pendapatan pada hari pertama untuk sebuah film documenter. Secara keseluruhan film ini menceritakan perjuangan al gore memperjuangkan isu tersebut di depan kongres. Gore mengusulkan fakta fakta setelah. An Inconvinient Truth An Inconvenient Truth merupakan sebuah film dokumenter yang di bintangi oleh seorang actor yaitu “Al Gore“. Film ini berisi sebuah presentasi yang mencakup sejarah bumi. Jika di seluruh dunia es akan mencair maka permukaan laut akan meningkat menjadi 20 kaki yang dapat menyebabkan tenggelamnya sebagian daratan di bumi. dan diproyeksikan di masa mendatang dalam hal iklim." Film ini mengangkat isu lingkungan yang belakangan ini sangat gencar di kumandangkan di seluruh penjuru negeri yaitu masalah Pemanasan Global. grafik setelah bagan. Pegunungan Himalaya. Dan meraih penghargaan nobel perdamaian. Pegunungan Alpen. Pemanasan global juga mengakibatkan terjadinya gelombang panas yang mempunyai suhu tertinggi hingga > 50o C dan menewaskan puluhan ribu jiwa di berbagai wilayah bumi. kondisi sekarang.

Film ini mengangkat tema sosial-ekonomi yang konfliknya di akibatkan oleh masalah lingkungan. Konflik pada plotnya terjadi saat petugas pengecekan dari pemerintahan memeriksa kebersihan dan kesehatan perusahaan lokal. Masalah yang diagkat adalah pemcemaran air yang terjadi di sebelah utara kota boston yang di akibatkan oleh perusahaan makanan lokal. Kedua perusahaan yang telah mengetahui pemeriksaan mendadak itu ingin membuang bahan kimia berbahaya di pabriknya agar izin perusahaan tidak dicabut. Ironisnya penduduk yang tinggal di sekitaran rawa tersebut mengonsumsi air yang berasal dari tanah. air yang telah dikonsumsi tercemar bahan kimia berbahaya sehingga mengakibatkan leukemia. mereka membuang limbah tersebut ke rawa-rawa di sekitar kota sehingga bahan yang sangat adikytif tersebut mereseap oleh tanah rawa-rawa yang cepat mengarbsorpsi air. A civic Action Film ini diangkat berdasarkan kisah nyata yang terjadi di boston. Namun perusahaan pengangkut itu tidak berhati-hati dalam menjalankan tugasnya. Banyak perusahaan yang terkadang mengabaikan masalah lingkungan padahal itu sangat penting. Perusahaan ini menghasilkan trichorethylene yang merupakan bahan kimia berbahaya dan beracun bagi manusia. . dimana terkadang nilai ekonomi mendorong manusia mengurangi nilai sosial.3. Masalah yang terjadi di film ini merupakan masalah lingkungan yang sering terjadi di seluruh dunia. Oleh karena itu 2 perusahaan yang memproduksi trichorethylene menyewa jasa perusahaan pengangkut untuk membuang limbah. Dari keseluruhan film ini mengangkat isu yang sangat menarik.

Begitulah pengenalan cerita ini di awal Konflik dari film ini saat Erin menemukan sebuah berkas milik Donna jensen terkait masalah properti. keguguran bagi wanita hamil. Perusahaan tersebut mengklaim bahwa limbah yang di hasilkan merupakan Chromiun jenis aman. bahkan tumor dan kanker yang mematikan. Karena merasa bersalah. Limbah tersebut menyebabkan sakit kepala. Film ini mengangkat titik balik seorang Erin yang membenci persidangan dan hukum. Disinilah Erin berjuang bersama Ed menuntut perusahaan tersebut di pengadilan dan akhirnnya memenagkan tuntutan tersebut. Ironisnya limbah tersebut dibuang sembarang tempat dan mencemari tanah warga sekitar. Julia roberts is Erin Brockovich Film ini menceritakan julia roberts yang berperan sebagai Erin Brockvich yang menjadi salah satu anak dari wanita pengangguran yang mengalami kecelekaan. . namun fakta di lapangan mereka menghasilkan Hexachromium yang sangat bahaya bagi manusia. sayangnya dia tidak memenangkan gugatan hukum tersebut sehingga Erin berputus asa dan menyalahkan pengacaranya. Perusahaan tersebut secara diam-diam membeli tanah warga Hinkley termasuk salah satunya Donna Jensen. asma.4. Setelah ditelusuri lebih lanjut ternayata masalah tersebut melibatkan perusahaan energi besar yaitu PG&E. Keluarga erin menuntut dokter akibat kecelakaan tersebut. sang pengaraca yang bernama Ed masry mengajak Erin untuk bekerja pada firma hukumnya.

(Kenneth Welsh) yang tidak yakin pada teori Jack. Saat sedang mengebor. Sedangkan di new york terjadi angin topan yang menyapu habis gedung pencakar langit yang dilewatinya dan disertai oleh air bah dan tsunami. Visual yang ditampilkan dan alur cerita yang menarik seperti menyadarkan manusia akan pentingnya menjaga lingkungan. India. Film yang mengangkat isu lingkungan ini sangat mendapatkan tanggapan dari para pakar lingkungan. . Jack menyajikan temuannya pada Konferensi Pemanasan Global Perserikatan Bangsa-Bangsa di New Delhi. Di sana hadir banyak diplomat. terjadi retakan besar yang seolah-olah membelah benua itu. Konflik di film ini merupakan peristiwa yang boleh dikatakan “kiamat” terjadi di berbagai belahan dunia seperti di tokyo yang terjadi hujan es yang sangat dingin hingga mengakibatkann manusia mati karena kedingingan. termasuk Wakil Presiden Amerika Serikat. Mereka melakukan pengeboran untuk mengambil sampel inti es di Larsen Ice Shelf. Sanders) dan Jason (Dash Mihok).5. The Day After Tomorrow Film ini menceritakan tentang Jack Hall (Denis Quaid) yaitu seorang Paleoclimatologist yang sedang melakukan penelitian di Benua Antartika bersama temannya Frank (Jay O.

Dan film ini juga memperlihatkan bentuk kehidupan di alaska. On Deadly Ground Film ini diperankan oleh steven seagal yang boleh dikatakan pesohor film aksi-seni beladiri. maka Jennings pun mencoba untuk membunuhnya. seorang pemimpin dari sukunya pun menolong Taft. Hampir semua film yang dimainkannya film aksi yang terkait masalah kehidupan sehari-hari yang sering terjadi pada siapapun. Silook (Chief Irvin Brink). ia merupakan seseorang yang tidak mempedulikan apakah minyak itu akan dibuang ke luat atau ke tanah. Konfliknya adalah ketika peran antagonis yaitu seorang CEO bernama Michael Jennings (Michael Caine) telah melakukan Korupsi di Aegis Oil. yang penting ia dapat memiliki uang banyak. Yang menarik dari film ini adalah tema yang sangat jarang diangkat seperti perusahaan minyak dan efeknya terhadap lingkungan. film ini menyampaikan bahwa keserakahan manusia dapat merugikan manusia itu sendiri.6. . Ia pun sering membuat iklan-iklan yang membuat ia terlihat seperti seseorang yang peduli terhadap lingkungan. Namun seorang wanita Eskimo bernama Masu (Joan Chen) yang memperkenalkan Taft pada ayahnya. Di film ini steven berperan sebagai seorang aktifis lingkungan hidup bernama Forrest Taft (Steven Seagal) bekerja untuk Aegis Oil Company yang berada di Alaska. Forrest traft menduga pembakaran di akibatkan oleh pengolahan sisa minyak bersifat beracun dan tidak diolah dengan baik sehingga mencemari laut dan kehidupan di dalamnya. Ketika Forrest Taft mencoba untuk menetang Jennings.

Senjata seperti itu mencemarkan udara segingga sangat mematikan bahkan untuk warga sipil. Love in The Time of Cholera Film ini merupakan film drama percintaan yang menceritakan sepasang kekasih yang saling jatuh cinta. .7. muntah dan dehidrasi. Penyakit kolera disebabkan oleh bakteri yang biasanya ikut terminum oleh manusia saat mengonsumsi air. Namun yang menarik dari film ini adalah latar belakang pada abad 20 dimana banyak yang menderita penyakit kolera. Hal ini menandakan bahwa sistem sanitasi belum dikelola baik oleh penduduk di wilayanh tersebut atau pun oleh pemerintah setempat. Kolera sendiri merupakan penyakit yang mewabah yang bisa menyerang penduduk dalam skala besar. Hal itu terjadi karena di saat itu prioritas terpenting adalah perang dengan wilayah lain sehingga masalah kesehatan dan kesejahteraan penduduknya di abaikan. Kolera menyerang saluran pencernaan manusia dan ditandai dengan gejala-gejala seperti diare. Drama yang terjadi di film ini persis seperti alur yang ada pada cerita novel dengan judul yang sama. Di film ini juga menampilkan peperangan yang menggunakan bahan eksplosif dari musuh.