P. 1
Makala IPA Biologi

Makala IPA Biologi

|Views: 256|Likes:

More info:

Published by: Ronald Martadinata Marpaung on Dec 01, 2010
Direitos Autorais:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/20/2013

pdf

text

original

Sistem Ekskresi Pada Manusia

• •

Alat-alat Ekskresi Pada Manusia Alat-alat ekskresi adalah sebagai berikut Ginjal

Ginjal berbentuk seperti kacang buncis, berwarna merah cokelat. Manusia memiliki ginjal sebanyak 2 buah yang terletak di dekat tulang-tulang pinggang ( Kiri dan Kanan Pinggang ). Ginjal kiri biasanya berukuran lebih besar dari ginjal kanan. Ginjal kanan lebih rendah letaknya dari ginjal kiri karena terdesak oleh hati. Ginjal dapat mengeluarkan zat sisa penyaringan darah berupa urine yang dialirkan melalui ureter menuju kandung kemih ( vesika urinaria ), kemudian dikeluarkan melalui uretra dari tubuh. Ginjal tersusun atas lapisan luar yang disebut kulit ginjal

( korteks ) dan lapisan dalam yang disebut sum-sum ginjal ( medula ). Lapisan ginjal paling dalam disebut pelvis renalis. Bagian korteks mengandung jutaan alat penyarig yang disebut nefron. Satu nefron terdiri atas badan malphigi dan tubula. Badan malphigi terdiri atas kapsul bowman dan glomerulus yang berupa gulungan pembuluh darah. Fungsi Ginjal adalah menyaring darah. Dari proses penyaringan darah dikeluarkan zat sisa berupa urine. Prosesnya meliputi penyaringan ( filtrasi ), Penyerapan kembali zat-zat berguna ( reabsorpsi ), pengeluaran zat yang tidak diperlukan ( augmentasi ). Proses penyaringan berlangsung pada badan malphigi. Glomerulus berperan sebagai penyaring. Darah yang mengalir ke glomerulus disaring, selanjutnya masuk ke kapsul bowman. Sisa penyaringan berupa urine yang mengandung zat-zat yang diperlukan oleh tubuh seperti glukosa, garam, dan asam amino. Zat-zat itu masih diserap dengan proses reabsorpsi atau penyerapan kembali di kapsul bowman.

Urine yang telah terbentuk di ginjal diteruskan menuju kandung kemih melalui ureter. Untuk sementara urine ditampung dalam kandung urine sampai jumlah tertentu ( ±300cc ). Kemudian dikeluarkan melalui uretra.

Serig disebut penyakit gula atau kencing manis. Batu ginjal dapat mengakibatkan penyakit hidronefrosis. saluran ginjal. 3) Glukosaria Adalah penyakit yang ditandai dengan adanya glukosa dalam urine. kulit terdiri dari lapisan luar ( epidermis ). 4) Hematuria Adalah penyakit yang ditandai adanya sel darah merah dalam urine. lapisan dalam ( dermis ). Hidronefrosis adalah membesarnya salah satu ginjal karena urine tidak dapat keluar. • Kelainan Dan Penyakit Pada Sistem Ekskresi Kelainan terjadi pada kulit dan ginjal adalah sbb: • Kelainan dan Penyakit Pada Ginjal 1) Batu Ginjal Batu ginjal dapat terbentuk karena pengendapan garam kalsium di dalam rongga ginjal. atau kandung kemih. . 2) Nefritis Adalah kerusakan bagian glomerulus ginjal akibat alergi racun kuman. Hal ini diakibatkan karena penyempitan atau tersumbatnya saluran ginjal oleh batu ginjal. Secara anatomi. dan lapisan bawah dermis ( hipodermis ).• Kulit ( Integumen ) Kulit berfungsi untuk melindungi jaringan dibawahnya dari kerusakan fisik karena gesekan dsb. Biasanya oleh bakteri Streptococcus.

• Kelainan dan Penyakit Pada Kulit. . 4) Biang Kerngat Terjadi karena kelenjar keringat tersumbat dan menyebabkan bintik-bintik merah dan gatal. Terjadi karena gangguan pada kelenjar minyak. 3) Jerawat Penyakit ini banyak dialami kalangan remaja. 2) Eksim Menyebabkan kulit kering dan kemerah-merahan. gatal-gatal. dan bersisik. 1) Skabies Disebabkan oleh parasit insekta yang sangat kecil dan dapat menular pada orang lain.

Organ Reproduksi Pada Manusia • Organ Reproduksi Pria .Sistem Reproduksi Pada Manusia A.

Penis Berfungsi sebagai saluran urine dan saluran sperma. Seorang wanita mampu memproduksi sel telur (ovum) setelah masa puber (remaja awal) sampai dewasa. Organ Reproduksi Wanita • Terdiri atas: a. Vagina Berfungsi sebagai organ persetubuhan dan untuk melahirkan bayi. Proses Reproduksi Pada Manusia Manusia berkembang biak secara seksual dan pada saat tertentu akan membentuk sel-sel kelamin (gamet). c. Masa ini disebut menopause. Vas Defferens Saluran yang menghubungkan testis dan kantong sperma. Seorang pria dewasa menghasilkan lebih dari sertus juta sel sperma setiap hari.• Organ Reproduksi Pria terdiri dari 4 bagian. ditandai dengan tidak mengalami menstruasi lagi. sedangkan pembentukan sel ovum disebut oogenesis. Kantong Sperma Berfungsi untuk menampung sperma sebelum dikeluarkan dari tubuh seorang pria. b. Ovarium Berfungsi menghasilkan sel telur ( Ovum ). d. dinding rahim menebal dan banyak mengandung pembuluh darah. Testis Testis berfungsi sebagai tempat pembentukan sel sperma dan hormon kelamin. seorang wanita tidak produktif lagi. yaitu: a. Setelah sel telur dalam ovarium masak. c. Sel-sel kelamin yang dibentuk oleh seorang wanita disebut sel telur (ovum). Oviduk Berfungsi untuk menggerakkan ovum ke arah rahim dengan gerak peristaltik. Proses pembentukan spermatozoa disebut spermatogenesis. . Setelah usia sekitar 50 tahun. Sel-sel kelamin yang dibentuk seorang pria disebut sel mani (spermatozoa). yaitu sekitar umur 12 sampai 50 tahun. b.

.

Sistem syaraf mempunyai tiga fungsi utama. Rangsang yang dibawa disebut impuls syaraf.• Sistem Koordinasi Dan Alat Indra Pada Manusia Sistem Syaraf Fungsi dari setiap alat tubuh diperlukan sistem kordinasi. Sistem syaraf dan sistem hormon saling mempengaruhi sel syaraf yang berfungsi untuk membawa rangsang. Sistem koordinasi meliputi sistem syaraf dan sistem hormon. yaitu: a) Menerima informasi menyampaikan dalam bentuk rangsang atau stimulasi b) Memproses informasi yang diterima .

• Sistem Syaraf Sadar Sistem syaraf sadar terdiri dari a) Syaraf pusat terdiri dari Otak. berfungsi sebagai penerima dan pembawa rangsang ke badan sel b) Akson. Syaraf dibagi 3 yaitu: a) Sel syaraf ( Neuron ) sensorik yang berfungsi menerima rangsangan dari indra kemudian dibawa ke otak dan sum-sum tulang belakang. Otak Tengah ( Mesensepalon ) • Otak Besar ( Serebrum ) Otak Besar tediri dari: a) Otak besar bagian belakang yang berfungsi sebagai pusat penglihatan b) Otak besar bagian samping yang berfungsi sebagai pusat pendengaran c) Otak besar bagian depan berfungsi sebagai pusat gerakan otot . Selaput mielin disebut Nodus Renvier. Otak Besar ( Serebrum ) b. • Otak Terdiri dari: a.berfungsi mengantar rangsang dari badan sel syaraf ke syaraf yang lainnya c) Badan sel syaraf berfungsi membangkitkan energi pembawa rangsang Di dalam Neurit terdapat benang halus yang disebut neuron fibrie. yaitu selaput palang luar yang melekat pada tulang tengkorak • Piameter. Sel syaraf itu terdapat di dalam sum-sum tulang belakang. yaitu lapisan paling dalam dan paling tipis yang melekat pada otak • Araknoid. Otak Kecil ( Serebellum ) c. . Neuron saling bersambungan. b) Sel Syaraf ( Neuron ) Motorik berfungsi untuk membawa perintah dari otak dan sum-sum tulang belakang ke otot atau kelenjar tubuh. Neuro Fibrie dibungkus oleh mielin bagian yang tidak terbungkus. yaitu lapisan antara durameter dan Piameter yang berbentuk sarang laba-laba. yaitu: a) Dendrit. c) Sel syaraf ( Neuron ) asosiasi/perantara berfungsi meneruskan rangsang dari sel syaraf sensorik ke sel syaraf motorik. Fungsi Nodus Ranvier adalah untuk mempercepat jalannya impuls berdasarkan fungsinya.c) Memberi respon terhadap rangsang • Sel Syaraf ( Neuron) Setiap sel syaraf memiliki 3 bagian utama. Sel syaraf motorik berhubungan dengan alat gerak. Sum-sum lanjutan dan Sum-sum tulang belakang  Otak Otak Dilindungi oleh tulang tengkorak dan selaput marines yang terdiri dari 3 lapis yaitu: • Durameter. maka disebut sel syaraf penggerak. ujung neurit bertemu dengan ujung dendrit disebut sinopsi.

Dalam gerak normal perjalanan rangsang digambarkan sebagai berikut. Fungsi Hippothalamus Sebagai pusat pengatur suhu. Kumpulan badan sel syaraf berwarna abu-abu terletak di dalam sum-sum tulang belakang. Fungsi Sum-sum Tulang Belakang Sum-sum tulang belakang berfungsi sebagai gerak reflek. Fungsi otak kecil adalah: a) Mengatur keseimbangan tubuh b) Mengkoordinasi kerja otot • Otak Tengah ( Mesensepalon ) Otak tengah terdapat di depan otak kecil dan jembatan varol. tekanan darah dan tidur. sedangkan kumpulan serabut syaraf berwarna putih terletak dibagian luar. cairan tubuh. Sum-sum Tulang Belakang ( medulla spinalis ) Sum-sum tulang belakang terdapat dalam rongga tulang belakang.d) Otak besar bagian tengah berfungsi sebagai pusat kecerdasan dan ingatan • Otak Kecil ( Serebellum ) Otak kecil terletak dibawah otak besar dan memiliki dua belahan otak yaitu bagian kiri dan kanan yang dihubungkan oleh jembatan varol. selera makan. . keseimbangan. Dalam gerak reflek tidak dikontrol di otak tetapi terjadi di sumsum tulang belakang dan dapat digambarkan sebagai berikut. Otak tengah berfungsi sebagai: a) Pusat reflek mata dan kontraksi otot terhadap thallamus dan hippothallamus Fungsi Thalamus  Pusat mengatur impuls sensoris  Menerima semua rangsang yang berada dari reseptor.

Sum-sum lanjutan berfungsi • Pusat pengatur pernafasan • Denyut jentung • Suhu tubuh • Mengatur tekanan darah • Pusat pelebaran dan penyempitan pembuluh darah Sistem Syaraf Tepi Syaaf tepi berfungsi membawa input syaraf menuju ke syaraf pusat ( Bersifat sensoris ). Bagian sum-sum lanjutan yang menghubungkan otak dengan sum-sum tulang belakang disebut span. Misalnya.Sum-sum Lanjutan Sum-sum lanjutan terdapat didepan otak kecil dan dibawah otak besar yang menghubungkan sum-sum tulang belakang dan otak. Syaraf terdiri dari: a) 12 pasang syaraf otak b) 31 pasang syaraf tulang belakang • Sistem Syaraf Tak Sadar Sistem syaraf tak sadar berperan mengendalikan gerak organ tubuh secara otomatis. Sistem syaraf tak sadar terdiri dari: o Syaraf simpatis yang kerjanya mempercepat kerja organ o Syaraf para simpatis yang kerjanya memperlambat kerj organ Syaraf Simpatis berfungsi: o Mempercepat denyut jantung o Memperlebar pembuluh darah o Mempertinggi tekanan darah Syaraf para simpatis berfungsi: a) Memperlambat denyut jantung b) Mempersempit pembuluh darah c) Memperendah tekanan darah  Sistem Indra Dengan alat indra manusia mampu mengenal lingkungan dan mampu memberikan respon terhadap perubahan yang tejadi pada lingkungan. perubahan pupil mata. Manusia memiliki 5 sistem indra yaitu: a) Indra penglihatan b) Indra pendengar c) Indra peraba d) Indra pembau .

• Bagian-bagian mata Mata berbentuk bola. . dan lunak. sedikit pipih dari arah depan ke belakang. Lapisan tersebut merupakan lapisan tengah disebut selaput darah karena banyak terdapat pembuluh-pembuluh darah kecuali pada bagian depan. Pada bagian depan lapisan tersebut sedikit terbuka disebut pupil. Bola mata melekat pada dinding rongga mata melalui tiga pasang otot. dan serabut saraf. biasanya disebut bagian putih. • Retina Retina merupakan lapisan mata yang terdalam.e) Indra pengecap Kelima indra tersebut sangat peka terhadap suatu rangsang. Bagian luar bola mata dilindungi oleh kelopak mata. Ketiga pasang otot tersebut berfungsi untuk menggerakkan bola mata. ganglia. kamu sudah mempelajari mata sebagai alat optik. mata sebagai indra penglihat memiliki bagian-bagian tertentu yang membentuk sistem penglihatan. yaitu lensa. Pada saat pembelajaran IPA kelas VIII. Apabila otot ini mengalami kontraksi akan terjadi perubahan ukuran lensa. keras dan putih. • Lensa mata Di bagian belakang pupil terdapat bagian yang cembung. Adapun. Lensa didukung oleh otot disebut muskulus siliaris (otot daging melingkar). sangat kompleks. Bola mata atau biji mata terletak di dalam rongga mata dan dilin-dungi oleh tulang-tulang tengkorak. • Kornea Sklera merupakan dinding yang terluar. Kelima indra itu akan bekerja dengan baik jika  Tidak ada gangguan pada penerima rangsang  Tidak ada gangguan pada urat syaraf pembawa rangsang  Tidak ada gangguan pada pusat syaraf • Indra Penglihat Indra penglihat manusia berupa mata. Jika kerja otot mata kanan dan otot mata kiri tidak serasi akan terjadi kelainan yang disebut juling. Tepat di atas sudut luar mata terdapat kelenjar air mata yang berfungsi membasahi dan membersihkan permukaan mata. Pada bagian terdalam retina terdapat beberapa lapis sel. yaitu reseptor. • Pupil Lapisan kedua dari bola mata adalah koroid.

sakit. temperatur. Sensasi rasa sakit yang timbul merupakan suatu upaya untuk proteksi (melindungi diri). misalnya rangsang mekanik. Tiap reseptor hanya cocok untuk jenis rangsang tertentu saja. Di kulit terdapat beberapa organ pengindraan khusus disebut reseptor. listrik atau kimiawi. Pada bagian akhir telinga tengah.000 Hz • Bagian-bagian telinga Telinga manusia terdiri atas tiga bagian yaitu telinga luar. Jika rangsang cukup kuat. Hal ini . Daun telinga tersusun dari tulang rawan. yaitu: rumah siput dan saluran gelung. Telinga merupakan organ tubuh yang berfungsi untuk mendengar suara atau bunyi. Indra Peraba Indra peraba pada tubuh manusia adalah kulit. tulang landasan. Telinga bagian tengah mempunyai ti-ga macam tulang. Sebagai contoh. yaitu reseptor yang khusus untuk menanggapi rangsang yang berupa sentuhan. Ketiga tulang ini membentuk rangkaian yang melintang dalam telinga tengah tersebut dan bersatu dengan membran timpani. dan tulang sanggurdi. tulang sanggurdi bersatu dengan membran. Beberapa reseptor tersusun atas beberapa dendrit dan ada yang mempunyai sel khusus. Ujung-ujung saraf ini sangat peka oleh getaran yang ditimbulkan oleh cairan tersebut. dan telinga dalam. Telinga manusia merupakan saluran yang terbuka di bagian luar dan bersatu dengan tulang tengkorak. saluran telinga luar. Telinga luar terdiri atas daun telinga. Saluran telinga luar dindingnya dapat menghasilkan minyak serumen. dan gendang telinga (membran timpani). atau dingin. Saluran ini berisi cairan dan permukaan dalamnya merupakan tempat bermuara saraf. yaitu tulang martil. Fungsi telinga luar adalah menangkap getaran bunyi. dan mempunyai peranan dalam menjag keseimbangan. terdapat di seluruh permukaan kulit. telinga tengah. Ada limaSistem Koordinasi dan Alat Indra pada Manusia 43 macam reseptor pada kulit. tekanan. maka reseptor ini akan bereaksi. Semua ujung saraf ini menyatu membentuk saraf pendengar yang menghubungkan rumah siput dengan otak. Saluran gelung terdiri atas tiga saluran yang saling terkait. reseptor rasa sakit merupakan reseptor dengan dendrit yang gundul.Indra Pendengar Telinga manusia merupakan organ yang sangat kompleks. Reseptor merupakan percabangan akhir dendrit dari neuron sensorik. terjadi impuls sepanjang dendrit yang diteruskan ke sistem saraf pusat. Suara yang dapat kita dengar adalah suara-suara yang memiliki frekuensi antara 20 Hz –20. disebut tingkap bundar. Telinga bagian dalam tersusun atas dua bagian penting. Rumah siput merupakan saluran spiral yang menyerupai rumah siput. Tingkap bundar ini yang menutupi telinga bagian dalam. panas. Jika reseptor dirangsang.

Serabut-serabut saraf itu bergabung menjadi urat saraf pembau yang menuju pusat pembau diotak. Indra Pembau Indra pembau pada tubuh kita berupa hidung. Di dalam mulut. pengecapan merupakan hasil stimulasi ujung saraf tertentu. terletak pada lidah di bagian depan hingga belakang. kemudian diinterpretasikan dan sebagai hasilnya kita dapat mengecap makanan yang masuk ke dalam mulut kita. Pada manusia. Indra Pengecap Manusia kadang-kadang lebih menyenangi beberapa makanan tertentu daripada jenis makanan yang lain. ujung saraf pengecap berlokasi di kuncup-kuncup pengecap pada lidah. Dari ujung tersebut pesan akan dibawa ke otak. Seperti halnya indra yang lain. makanan akan merangsang ujung saraf yang mempunyai rambut. Hal itu disebabkan mereka dapat merasakan perbedaan substansi kimiawi pada makanan tersebut. Kuncup-kuncup pengecap mempunyai bentuk seperti labu. Sel-sel pembau peka terhadap zat-zat kimia dalam udara (berupa gas atau uap). Sel-sel pembau mempunyai rambut-rambut halus di ujungnya dan diliputi oleh selaput lendir yang berfungsi sebagai pelembap. Di dalam rongga hidung bagian atas terdapat serabut-serabut saraf pembau dengan selsel pembau di ujungnya. .merupakan sinyal-sinyal (pertanda) bahwa ada ancaman bagi tubuh yang dapat menyebabkan luka-luka. Makanan yang dikunyah bersama air liur memasuki kuncup pengecap melalui pori-pori bagian atas.

Seleksi alam adalah kemampuan alam untuk menyaring terhadap semua organisme yang hidup dialamnya dimana hanya organisme yang mampu menyesuaikan diri terhadap lingkungan yang akan selamat. Macam-macam Adaptasi • Adaptasi morfologi pada hewan terjadi perbedaan jenis makanan atau pebedaan habitat. Adaptasi bentuk paruh burung Bentuk paruh burung mengalami penyesuaian dengan jenis makanan. . kemampuan berkembang biak. • Pemakan ikan=> burung pemakan ikan memiliki bentuk paruh yang panjang dan lebaryang berfungsi untuk menangkap mangsanya. Habitat adalah tempat tinggal yang sesuai bagi makhluk hidup. Conyoh burung ini adalah burung kakak tua dan parfin. Adaptasi bentuk mulut serangga Bentuk mulut serangga berjenis-jenis bentuknya sesuai dengan jenis makanan dan cara pengambilan makanannya.Adaptasi Makhluk Hidup Kelangsungan hidup organisme atau makhluk hidup dipengaruhi oleh kemampuan beradaptasi. misalnya kupu-kupu. alam. sedangkan yang tidak mampu menysuaikan diri tidak akan mampu bertahan hidup/punah. • Pemakan biji=> paruh burung pemakan biji yang bentuknya pendek runcing dan kuat yang berfungsi untuk memecahkan biji. seleksi. • Pemakan daging=> paruh burun pemakan daging berujung runcing dan tajam karena berfungsi untuk mencabik-cabik mangsanya. Bentuk mulut penghisap dan penjilat misalnya lalat dan labalaba. Bentuk mulut penusuk dan penghisap misalnya nyamuk. • • • • Bentuk mulut penggigit misalnya belalang dan jangkrik. Adaptasi adalah penyesuaian diri suatu jenis makhluk hidup terhadap lingkungannya. Bentuk mulut penjilat.

tetapi berasal dari bagian tubuh induknya. Adaptasi Fisiologi Adaptasi fisiologi adalah penyesuaian fungsi alat-alat tubuh terhadap lingkungan. • Burung malam memiliki sel batang lebih banyak daripada burung siang. umbi lapis. Beberapa macam perkembangbiakkan vegetatif • Pembelah diri – amoeba • Membentuk tunas – tanaman bambu yang bertunas • Umbi batang. umbi akar. ubi jalar. contohnya singkong. .• Penghisap madu=> paruh pada burung penghisap madu berbentuk runcing dan panjang karena berfungsi untuk menghisap madu misalnya burung Kalibri. bawang merah. • Ikan asin memiliki urine yang lebih pekat untuk beradaptasi dengan lingkungan yang berkadar garam tinggi. • Orang-orang yang hidup di dataran tinggi yang biasanya memiliki butir-butir sel darah merah yang lebih banyak karena kadar oksigen di dataran tingi lebih rendah. • Kelelawar memiliki alat pendeteksi gerakan sehinga dapat menangkap mangsanya pada malam hari. Beberapa contoh adaptasi morfologi antara lain sebagai berikut: • Cacing Toredo naralis yang hidup dikapal memiliki selulosa yang berfungsi untuk pencerna kayu. Perkembangbiakkan Vegetatif Perkembangbiakan vegetatif atau secara tidak kawin adalah terbentuknya individu baru tanpa dialami oleh peleburan sel kelamin jantan dan sel betina. Adaptasi fisiologi pada suatu organisme tidak dapat dilihat dengan mudah seperti halnya pada adaptasi morfologi.

• Kromosom Kromoson merupakan suatu rangkaian kimia yang terdiri atas gula. Disebut haploid. asam. protein.  Kromosom Autosom Kromosom yang terletak pada sel tubuh. Jumlahnya ada 46 yang disebut diploid. dan basa yang berwarna gelap dan berbentuk benang yang fungsinya sebagai pembawa sifat keturunan. Jumlah kromosom pada sel kelamin manusia 23. yaitu:  Kromosom Gonosom Kromosom yang terletak pada sel kelamin. . Kromosom dapat dibedakan menjadi 2.Simbol-simbol penurunan sifat • P = Parental (Induk) • G = Gamet (Sel Kelamin) • F1 = Filial – 1 (Keturunan Pertama) • F2 = Filial – 2 (Keturunan Kedua) • RG = Rasio Genotif • RF = Rasio Fenotif • ♀ = Sel Kelamin Betina • ♂ = Sel Kelamin Jantan Pewaris Sifat Sifat bias ditentukan oleh gen penentu sifa pada kromosom yang diturunkan kepada keturunannya.

 Dominan adalah sifat yang menutupi sifat lain sehingga tidak muncul dalam persilangan.  Galar Murni adalah keturunan dari hasil persilangan yang memiliki sifat yang selalu sama.m ♀/♂ M m M MM Mm m mM mm MM= Homo zigot dominan Mm= Heterozigot Resistif mm= Homo Zigot Resistif . Monohibrid Adalah persilangan dengan satu sifat beda.  Intermediet atau Sifat antara adalah sifat berpaduan antara 2 induknya.Istilah-istilah Dalam Persilangan  Genotip adalah susunan susunan gen untuk suatu individu  Fenotip adalah yang tampak dari luar atau karakter sifat yang bias diamati oleh lingkungan  Homozigot adalah pasangan gen yang sama.  Heterozigot adalah pasangan yang berlainan  Hybrid adalah keturunan asil persilangan dengan sifat yang beda  Hibridisasi adalah persilangan dua individu yang memiliki sifat yang berbeda. P♂ MM x ♀ mm (Merah) (Putih) Gamet MM x mm F1 = Mm x (Merah muda) Gamet M.  Resistif adalah sifat yang tertutup oleh sifat lain sehingga tidak muncul dalam persilangan.  Alila adalah salah satu sifat yang mungkin terjadi pada suatu gen tertentu.m x Mm (Merah Muda) M.

TUGAS MERANGKUM IPA Guru Pemimbing : Gunandar Supriyono DISUSUN OLEH : .

Nama Kelas : Adelia Kartini : IX-1 .

You're Reading a Free Preview

Descarregar
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->