Sejarah Permainan Bola Voli

Permainan bola voli diciptakan oleh William G. Morgan pada tahun 1985. ia adlah seorang Pembina pendidikan jasmani pada Young Men Christian Association (YMCA di kota Holyoke, Massachusetts, AmerikaSerikat. Nama permainan in semula disebut ³Minonette´ yang hamper serupa dengan permainan badminton. Jumlah pemain di sini tak terbatas sesuai dengan tujuan semula yakni untuk mengembangkan kesegaran jasmani para buruh di samping bersenam secara missal. William G. Morgan kemudian melanjutkan idenya untuk mengembangkan permainan tersebut agar mencapai cabang olah raga yang dipertandingkan. Nama permainan kemudian menjadi ³volley ball yang artinya kurang lebih mem-volibola Pertandingan bola voli masuk acara resmi dalam PON II 1951 di Jakarta dan POM I di Yogyakarta tahun 1951. setelah tahun 1962 perkembangan bnola voli seperti jamur tumbuh di musim hujan banyaknya klub-klub bola voli di seluruh pelosok tanah air. Hal ini terbukti pula dengan data-data peserta pertandingan dalam kejuaran nasional. PON dan pesta-pesta olahraga lain, di mana angka menunjukkan peningkatan jumlahnya. Boleh dikatakan sampai saat ini permainan bola voli di Indonesia menduduki tempat ketiga setelah sepak bola dan bulu tangkis. Untuk pertama kalinya dalam sejarah perbolavolian Indonesia, PBVSI telah dapat mengirimkan tim bola voli yunior Indonesia ke kejuaraan Dunia di Athena Yunani yang berlangsung dari tanggal 3-12 september 1989. tim bola voli yunior putra Indonesia ini dilatih oleh Yano Hadian dengan dibantu oleh trainer Kanwar, serta pelatih dari Jepang Hideto Nishioka, sedangkan pelatih fisik diserahkan kepada Engkos Kosasih dari bidang kepelatihan PKON (pusat kesehatan olahraga nasional) KANTOR MENPORA. Dalam kejuaraan dunia bola voli putra tersebut, sebagai juaranya adalah : y y y UniSovyet Kuba Jepang

perbolavolian makin meningkat baik dari jumlahnya perkumpulan yang ada maupun dari lancarnya system kompetisi yang berlangsung. nama Mintonette-pun berubah menjadi Volleyball (bola voli). serta penjelasan yang telah disampaikan oleh Morgan-pun telah membawa sebuah perubahan pada Mintonette. Kemudian pada tahun 1952. Asosiasi ini pertama kali didirikan pada tahun 1928. komite YMCA berjanji untuk mempelajari peraturanperaturan permainan yang telah ditulis dan diserahkan oleh Morgan. Pemilihan nama Volleyball sebagai pengganti Mintonette-pun tidak dilakukan dengan tanpa pertimbangan. dan pada saat ini USVBA lebih dikenal dengan nama USAV (USA Voleyball). yaitu ³Volley Ball´. USVBA adalah persatuan olahraga bola voli yang terdapat di Amerika Serikat. nama Volleyball-pun dieja secara terpisah (dua kata). Setelah demonstrasi tersebut. sampai dengan kegiatan yang dilakukan baik di dalam maupun di luar negeri. Atas saran dari Profesor Alfred T. . Komite Administratif USVBA (United States Volleyball Association) memilih untuk mengeja nama tersebut dalam satu kata. Perubahan pertama yang terjadi pada permainan tersebut terjadi pada namanya. Halstead yang juga menyaksikan dan memperhatikan demonstrasi serta penjelasan Morgan. Nama Volleyball dipilih berdasarkan gerakan-gerakan utama yang terdapat pada permainan tersebut. Sedangkan Dalam periode di bawah pimpinan ketua Umum PBVSI Jendral (Pol) Drs. yaitu ³Volleyball´. Mochamad Sanusi.. Demonstrasi pertandingan yang dibawakan oleh kedua tim. Pada awalnya. yaitu gerakan memukul bola sebelum bola tersebut jatuh ke tanah (volley).y y y y Yunani Brazil Polandia Bulagaria Indonesia sendiri baru dapat menduduki urutan ke 15.

40 ±0. Garis serang : 3 m dari net. 2. 4. Net Net dibentangkan melintang membagi lapangan menjadi 2 sama luas.43 m Tinggi net puti : 2.Peraturan Dalam Permainan Bola Voli Peraturan Bola Voli 1. Setiap tim terdiri dari 10 pemain meliputi 6 pemain inti yang bermain di lapangan dan 4 pemain cadangan. Rod / Antena Rod / antena terbuat dari bahan fiberglass. 100 cm menempel pada net dan yang menonjol di atas net sepanjang 80 cm. 3. Lapisan luar : kulit yang lentur Lapisan dalam : karet / sejenisnya Jumlah lajur : 12 ±18 lajur Ukuran berat : 250 ±280 gram Keliling : 65 ±67 cm Tekanan udara : 0. Ukuran panjang : 180 cm Diameter : 1 cm Warna : selang ±seling (merah ±putih atau hitam ±putih) setiap 10 cm Antena dipasang tepat pada pita batas samping kanan dan samping kiri lapangan. Pergantian pemain inti dan cadangan pada saat pertandingan berlangsung tidak dibatasi. masing-masing group terdiri dari 4 (empat) tim. Lebar lapangan : 9 m. Jumlah pemain minimum yang boleh bermain di lapangan adalah 4 orang. Sistem pertandingan menggunakan sistem setengah kompetisi yang terdiri dari 8 tim dan akan disitribusikan ke dalam 2 (dua) group. 5. 4.45 kg / cm2 1. Tebal garis : 5 cm 2. jika waktu tidak memungkinan.5 Lebar net : 1 m Tinggi net putra : 2. dengan ukuran : Panjang lapangan : 18 m. .Lapangan Lapangan berbentuk empat persegi panjang. akan diadakan sistem gugur.24 m Kotak kotak net : 10 cm 3. Panjang net : 9. Bola Bola pada permainan bola voli berbentuk bulat. Pertandingan tidak akan ditunda apabila salah satu atau lebih dari satu anggota tim sedang bermain untuk cabang olahraga yang lain.

maka penentuan juara group dan runner-up akan dilihat dari kualitas head-to-head kedua tim yang bersangkutan. 8. Pemain melakukan spike di atas lapangan lawan. . Bola volley harus dii pantulkan tanpa mengenai dasar lapangan. Jika terjadi skor 2 ±2. 15. Daerah servis selebar 9 m di belakang garis akhir dengan panjang tak terbatas. Tidak boleh melempar ataupun menangkap bola. begitu juga sebaliknya penerima servis lawan yang membuat bola keluar dihitung sebagai poin bagi lawan. 14. Peserta yg pertama kali unggul dengan selisih 2 poin akan memenangi pertandingan. Kemenangan dalam pertandingan penyisihan mendapat nilai 1. kecuali pada 2 babak sudah di pastikan pemenangnya maka babak ke tiga tidak perlu dilaksanakan. Apabila ada dua tim atau lebih mendapat nilai sama. Dan apabila dilakukan babak penentuan (set ke 3) maka tim yang memiliki nilai terendah boleh meminta bertukar lapangan sesaat setelah tim lawan mencapai angka 13. 7. maka tim yang bersangkutan akan dianggap kalah. Setiap pertandingan berlangsung 3 babak (best of three). 11. Kesalahan meliputi: Pemain menyentuh net atau melewati garis batas tengah lapangani lawan.i Seluruh bagian tubuh legal untuk memantulkan bolai Para pemain dan lawan mengenai net 2 kali pada saat memainkan bolai dihitung sebagai double faults. set penentuan (set kelima) game sampai nilai 15. Pada sat servis bola yang melewati lapangan dihitung sebagai poini bagi lawan. Bila poin peserta seri (24-24) maka pertandingan akan ditambah 2 poin. 10. 9. Time out dilakukan hanya 1 kali dalam setiap babak dan berlangsung hanya 1 menit. Bola yang dipantulkan keluar dari lapangan belum dihitung sebagaii out sebelum menyentuh permukaan lapangan. Seluruh pemain harus berada di dalam lapangan pada saat servei dilakukan. 13. Sistem hitungan yang digunakan adalah 25 rally point. Diluar dari aturan yang tertera disini. peraturan permainan mengikuti peraturan international.6. Bola servis menyentuh net tetapi masuk ke daerah lawan dianggap sah. Apabila di lapangan terdapat kurang dari 4 orang. 12. Setiap team diwajibkan bertukar sisi lapangan pada saat setiap babak berakir.

Regu lawan mendapat angka dan berhak melakukan servis. Pada set penentuan (set kelima) tidak ada technical time out. Hukuman (penalti) Salah sikap yang kedua dalam pertandingan yang sama oleh pemain yang sama atau pemain yang lain dihukum dengan kehilangan satu rally. diberi peringatan kepada yang bersangkutan secara lisan atau dengan isyarat tangan. dalam pertandingan yang sama oleh pemain yang sama dikenakan sanksi dikeluarkan. 17. Setiap pemain harus mengetahui peraturan bola voli resmi dan bersedia menaatinya. Pemain harus dapat menunjukkan rasa hormat. d. baik kepada wasit. ramah. menghina. serta kepada penonton. b. sanksi dibedakan menjadi : a. Sikap kasar Perbuatan melawn atau tidak sopan. Sikap Menyerang Memfitnah. Tingkat Sanksi Berdasarkan tingkat kesalahannya. Sikap Sportif dan Jujur Sikap sportif dan jujur dalam permainan bola voli adalah : a. Dikeluarkan Terhadap kesalahan sikap kasar yang ketiga.16. . semangat. Pemain harus dapat menerima setiap keputusan wasit dengan sportif tanpa perdebatan. lamanya 30 detik. 2. c. Tingkat sanksi yang diberikan sesuai dengan kesalahan yang dibuat. Peringatan Untuk kesalahan sikap kasar yang pertama. Kesalahan dan SanksinyaDalam permainan bola voli juga terdapat kesalahan yang akan dikenakan sanksi. Sikap tidak sopan seorang pemain terhadap lawan. Selama set 1 ±4 terdapat 2 kali technical time out(time out yang diberikan wasit pada kedudukan 8 dan 16) setiap set. E. mengucapkan kata ±kata kotor. 1. b. Salah Sikap. atau memukul c. b. tetapi ada time out yang dapat diminta regu sebanyak 2 kali. ataupun penonton dibedakan menjadi 3 kategori. pemain kawan maupun lawan. Menyerang Serangan fisik atau tindakan untuk menyerang. dan jujur. regunya sendiri. petugas. sedangkan time out yang diminta oleh regu hanya sekali dalam tiap set lamanya 30 detik. yaitu : a. e. Para pemain harus bisa menahan diri untuk tidak mempengaruhi keputusan wasit. c.

Serve yang kita lakukan harus bisa melewati net dan masuk ke daerah musuh. y y Pergantian pemain inti dan cadangan pada saat pertandingan berlangsung tidak dibatasi. masing-masing group terdiri dari 4 (empat) tim. Pertandingan tidak akan ditunda apabila salah satu atau lebih dari satu anggota tim sedang bermain untuk cabang olahraga yang lain. Urutan serve Penghitungan angka Aturan permainan dari bola voli adalah: 1. Jika tidak. y Setiap tim terdiri dari 10 pemain meliputi 6 pemain inti yang bermain di lapangan dan 4 pemain cadangan. Apabila di lapangan terdapat kurang dari 4 orang.d. Jika pihak musuh bisa memasukkan bola ke dalam daerah kita maka kita kehilangan bola dan musuh mendapatkan nilai 2. y y Jumlah pemain minimum yang boleh bermain di lapangan adalah 4 orang. . maka musuh pun akan mendapat nilai Sistem Pertandingan y Sistem pertandingan menggunakan sistem setengah kompetisi yang terdiri dari 8 tim dan akan disitribusikan ke dalam 2 (dua) group. maka tim yang bersangkutan akan dianggap kalah. Diskualifikasi Terhadap kesalahan penyerangan fisik yang pertama dikenakan sanksi diskualifikasi.

Apabila ada dua tim atau lebih mendapat nilai sama. y Pergantian pemain inti dan cadangan pada saat pertandingan berlangsung tidak dibatasi. y Sistem pertandingan menggunakan sistem setengah kompetisi yang terdiri dari 8 tim dan akan disitribusikan ke dalam 2 (dua) group. Bola volley harus di pantulkan tanpa mengenai dasar lapangan. y y Time out dilakukan hanya 1 kali dalam setiap babak dan berlangsung hanya 1 menit. y Sistem hitungan yang digunakan adalah 25 rally point. begitu juga sebaliknya penerima servis lawan yang membuat bola keluar dihitung sebagai poin bagi lawan. y Setiap team diwajibkan bertukar sisi lapangan pada saat setiap babak berakir. y Kemenangan dalam pertandingan penyisihan mendapat nilai 1. o Pemain melakukan spike di atas lapangan lawan. Bila poin peserta seri (24-24) maka pertandingan akan ditambah 2 poin. o Para pemain dan lawan mengenai net 2 kali pada saat memainkan bola dihitung sebagai double faults. Diluar dari aturan yang tertera disini. Peserta yg pertama kali unggul dengan selisih 2 poin akan memenangi pertandingan. y Setiap tim terdiri dari 10 pemain meliputi 6 pemain inti yang bermain di lapangan dan 4 pemain cadangan. o Seluruh pemain harus berada di dalam lapangan pada saat serve dilakukan. o Tidak boleh melempar ataupun menangkap bola. Dan apabila dilakukan babak penetuan (set ke 3) maka tim yang memiliki nilai terendah boleh meminta bertukar lapangan sesaat setelah tim lawan mencapai angka 13. y Kesalahan meliputi: o Pemain menyentuh net atau melewati garis batas tengah lapangan lawan. . kecuali pada 2 babak sudah di pastikan pemenangnya maka babak ke tiga tidak perlu dilaksanakan. o Bola yang dipantulkan keluar dari lapangan belum dihitung sebagai out sebelum menyentuh permukaan lapangan. peraturan permainan mengikuti peraturan international.y Setiap pertandingan berlangsung 3 babak (best of three). maka penentuan juara group dan runner-up akan dilihat dari kualitas angka pada tiap-tiap set yang dimainkan. o Pada sat servis bola yang melewati lapangan dihitung sebagai poin bagi lawan. o Seluruh bagian tubuh legal untuk memantulkan bola kecuali dengan cara menendang. masing-masing group terdiri dari 4 (empat) tim.

peraturan permainan mengikuti peraturan international. o Tidak boleh melempar ataupun menangkap bola. Bola volley harus di pantulkan tanpa mengenai dasar lapangan. begitu juga sebaliknya penerima servis lawan yang membuat bola keluar dihitung sebagai poin bagi lawan. y Setiap team diwajibkan bertukar sisi lapangan pada saat setiap babak berakir. Diluar dari aturan yang tertera disini. maka penentuan juara group dan runner-up akan dilihat dari kualitas angka pada tiap-tiap set yang dimainkan. Bila poin peserta seri (24-24) maka pertandingan akan ditambah 2 poin. maka tim yang bersangkutan akan dianggap kalah. Apabila ada dua tim atau lebih mendapat nilai sama. o Pemain melakukan spike di atas lapangan lawan.y Pertandingan tidak akan ditunda apabila salah satu atau lebih dari satu anggota tim sedang bermain untuk cabang olahraga yang lain. y Setiap pertandingan berlangsung 3 babak (best of three). kecuali pada 2 babak sudah di pastikan pemenangnya maka babak ke tiga tidak perlu dilaksanakan. y Sistem hitungan yang digunakan adalah 25 rally point. y y Time out dilakukan hanya 1 kali dalam setiap babak dan berlangsung hanya 1 menit. . Peserta yg pertama kali unggul dengan selisih 2 poin akan memenangi pertandingan. Dan apabila dilakukan babak penetuan (set ke 3) maka tim yang memiliki nilai terendah boleh meminta bertukar lapangan sesaat setelah tim lawan mencapai angka 13. o Pada sat servis bola yang melewati lapangan dihitung sebagai poin bagi lawan. o Seluruh pemain harus berada di dalam lapangan pada saat serve dilakukan. y Kemenangan dalam pertandingan penyisihan mendapat nilai 1. o Seluruh bagian tubuh legal untuk memantulkan bola kecuali dengan cara menendang. y Kesalahan meliputi: o Pemain menyentuh net atau melewati garis batas tengah lapangan lawan. Apabila di lapangan terdapat kurang dari 4 orang. y y Jumlah pemain minimum yang boleh bermain di lapangan adalah 4 orang. o Para pemain dan lawan mengenai net 2 kali pada saat memainkan bola dihitung sebagai double faults. o Bola yang dipantulkan keluar dari lapangan belum dihitung sebagai out sebelum menyentuh permukaan lapangan.

Service dilakukan untuk mengawali suatu pertandingan voli Passing y Passing Bawah (Pukulan/pengambilan tangan kebawah) o o Sikap badan jongkok. . Kemudian Server melompat untuk memukul bola dengan ayunan tangan dari atas. tangan dirapatkan.Teknik Bola Voli Service Servis pada jaman sekarang bukan lagi sebagai awal dari suatu permainan atau sekedar menyajikan bola. Service ada beberapa macam: y Service atas adalah service dengan awalan melemparkan bola ke atas seperlunya. tetapi sebagai suatu serangan pertama bagi regu yang melakukan servis. Yang perlu diperhatikan dalam service y y y Sikap badan dan pandangan Lambung keatas harus sesuai dengan kebutuhan. satu dengan yang lain dirapatkan. Servis tangan atas dibedakan lagi atas tennis servis. Tangan yang akan memukul bola bersiap di dekat bola dengan ayunan yang sangat pendek. Awalan service mengapung adalah melemparkan bola ke atas namun tidak terlalu tinggi (tidak terlalu tinggi dari kepala). Tangan yang memukul bola bersiap dari belakang badan untuk memukul bola dengan ayunan tangan dari bawah. floating dan cekis. Saat kapan harus memukul Bola. y Service mengapung adalah service atas dengan awalan dan cara memukul yang hampir sama. lutut agak ditekuk. Servis terdiri dari servis tangan bawah dan servis tangan atas. y Service bawah adalah service dengan awalan bola berada di tangan yang tidak memukul bola.

. Untuk melakukan dengan baik perlu memperhatikan faktor-faktor berikut: awalan.23).o y Gerakan tangan disesuaikan dengan keras/lemahnya kecepatan bola. tolakan.´ (2006 : 128 ) Menurut Iwan Kristianto mengemukakan bahwa . Smash adalah pukulan keras yang biasanya mematikan karena bola sulit diterima atau dikembalikan . lutut agak ditekuk. maka bola dapat dipukul tajam ke bawah . Dari beberapa pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa Teknik Smash atau spike adalah cara memainkan bola dengan efisien dan efektif sesuai dengan peraturan permainan untuk mencapai pukulan keras yang biasanya mematikan ke daerah lawan. apabila pukulan bola lebih tinggi berada diatas net . untuk dimasukkan ke daerah lawan. sehingga jalannya bola terjal dengan kecepatan yang tinggi. ³ (2003 : 143 ) . bersiap untuk melompat. Teknik smash Menurut Muhajir Teknik dalam permainan bola voli dapat diartikan sebagai cara memainkan bola dengan efisien dan efektif sesuai dengan peraturan permainan yang berlaku untuk mencapai suatu hasil yang optimal (2006. Menurut pendapat M. Mariyanto mengemukakan bahwa : ³ Smash adalah suatu pukulan yang kuat dimana tangan kontak dengan bola secara penuh pada bagian atas . Membendung (blocking) Dengan daya upaya di dekat jaring untuk mencoba menahan/menghalangi bola yang datang dari daerah lawan. Spike adalah merupakan bentuk serangan yang paling banyak digunakan untuk menyerang dalam upaya memperoleh nilai suatu tim dalam permainan voli . Badan sedikit condong kemuka. dan pendaratan. siku ditekuk jari-jari terbuka membentuk lengkungan setengah bola. o o Ibu jari dan jari saling berdekatan membentuk segitiga. Sikap memblok yang benar adalah: y Jongkok. Tes smash Menurut Sandika mengemukakan bahwa tes smash adalah tolok ukur untuk mengukur kemampuan smash. Penyentuhan pada semua jari-jari dan gerakannya meluruskan kedua tangan Smash (spike) Dengan membentuk serangan pukulan yang keras waktu bola berada diatas jaring. pukulan. Passing Keatas (Pukulan/pengambilan tangan keatas) o o Sikap badan jongkok.

pemain nomor lima dan enam dinamakan libero .pemain nomor empat dinamakan blocker. Saat mendarat hendaknya langsung menyingkir dan memberi kesempatan pada kawan satu regu untuk bergantian memblok.y y Lompat dengan kedua tangan rapat dan lurus ke atas. Pemain nomor satu dinamakan server. pemain kedua dinamakan spiker. pemain ketiga dinamakan set upper atau tosser. Tiga deret ada di depan dan tiga deret ada di belakang. Kedudukan pemain (posisi pemain) Pada waktu service kedua regu harus berada dalam lapangan / didaerahnya masing-masing dalam 2 deret kesamping.