Você está na página 1de 6

PENGANTAR AGRIBISNIS

Sebuah Perusahaan yang Bergerak di Bidang Agribisnis

IBNU KURNIAWAN (D1B010028) AGRIBISNIS 10

FAKULTAS PERTANIAN

Perusahaan Agribisnis (Perkebunan Nanas)


PT. Great Giant Pinapple (GGPC) Merupakan perkebunan nanas dan pabrik pengalengan nanas terbesar di Indonesia, dan merupakan terbesar ke tiga dunia. Perusahaan ini tidak memasarkan produknya di dalam negeri, semua produk yang dihasilkan diekspor ke luar negeri. Kapasitas produksinya memenuhi 15 % kebutuhan nanas dunia. Permintaan produk datang dari berbagai negara, antara lain Germany, Perancis, Italia, Jordania, Japan dan lain-lain. Perusahaan berskala internasional ini telah banyak mendapatkan pengakuan lewat berbagai macam penghargaan yang dianugerahkan, antara lain: National Best Exported, Asian best Management, ISO ICCP SMK 3. GGPC merupakan private company dengan kapasitas pekerja mencapai 15 ribu orang. Luas area perusahaan ini mencapai 55 ribu hektar. Secara profesional dan dengan manajemen yang baik, perusahaan ini mampu menyediakan stok nanas sepanjang tahun.
UNIVERSITAS JAMBI 2

Aspek budidaya nanas dijelaskan bahwa varietas nanas yang digunakan adalah nanas bogor (Smooth cayenne) yang mempunyai kualitas nanas berasa manis, berair dan renyah. Nanas ini hidup subur di daerah beriklim tropis sehingga Indonesia mampu menyediakan pasokan nanas sepanjang tahun. Dalam proses budidayanya, bibit nanas yang digunakan adalah berasal dari mahkota tanaman yang terletak di atas buah, kemudian beberapa berasal dari batang yang dipotong atau disebut dengan istilah section maupun dapat juga melalui shucker.

UNIVERSITAS JAMBI

Populasi tanaman nanas yang dibudidayakan mencapai 6.600 batang per hektar. Pengaturan masa panen nanas ditentukan oleh perlakuan forsing yang diberikan, atau upaya pemasakan dengan pemberian gas etilen yang diberikan pada malam hari. Pengendalian hama dan penyakit pada tanaman nanas dilakukan melalui cara manual dan kimiawi(Boom Sprayer). Hama yang sering ditemui adalah nematode, ulat, red mite, dan lain-lain.
UNIVERSITAS JAMBI 4

Jenis Perusahaan
Great Giant Pinapple (GGPC)

PT (Perseroan Terbatas) Status : Beroperasi (Swasta) Bergerak : Bidang Perkebunan Nanas dan Pengalengan Eksportir (Pemasaran) : Germany, Perancis, Italia, Jordania, Japan Lokasi : 1. Kantor Pusat Chase Plaza Podiu, 5th Floor Jl. Jendeal Sudirman Kav. 21. Jakarta, Indonesia 2. Perkebunan & Produksi Terbanggi Besar Km. 77. Lampung Tengah, Indonesia

Lahan Jenis Komoditas Bentuk Olahan Prestasi Pemanenan Produksi Omzet

: 33.000 Ha : Nanas : Makanan kaleng seperti selai nanas, sirup buah nanas dan sirup kulit buah nanas. : Perusahaan pengalengan nanas terbesar ketiga di Dunia : Panen dilakukan setelah nenas berumur 12-24 Bulan : 500.000 ton/tahun : +/- Rp 890,05 miliar/tahun UNIVERSITAS JAMBI 5

Daya Serap Penanaman Modal


PT Great Nanas Raksasa Perusahaan (PT GGPC), merupakan Produsen Pengalengan nenas terbesar di Indonesia saat ini. perusahaan ini didukung oleh bahan baku nenas Segar dari hasil Perkebunan sendiri. Perusahaan ini didirikan Tahun 1979 pada dengan modal dasar Rp. 3,0 milyar, murah modal disetor Penuh Serta ditempatkan sebesar Rp. 900 juta. Pendiri murah Pemegang sahamnya semula adalah Mr Dasuki Angkosubroto, Mrs tatiek Suharni, Mrs Kamirah, Mr Hadi Sutanto, Mr Bule Ciptowijaya, Mr Sudarmo Darmo murah Mr Setiawan Achmad. Akte notaris ini mengalami beberapa kali perubahan. PT Great Giant Pineapple. Perusahaan ini kini berhasil meraih posisi sebagai produsen nanas kalengan terbesar di dunia, mengungguli raksasa dunia semacam Del Monte dan Dole. Menguasai 17% pasar dunia, produk perusahaan yang memiliki perkebunan luas di Lampung Tengah ini telah menembus 50-an negara. Sehingga investasi kepada sebuah PT (Perseroan Terbatas) mempunyai daya serap investasi yang sangat tinggi apalagi kalau PT tersebut memiliki sebuah usaha raksasa yang besar dan sukses. Walaupun ditengah perjalanan investasi mengalami resiko kecil berupa kendala-kendala yang tak terduka.
6