P. 1
Leaflet DHF

Leaflet DHF

|Views: 356|Likes:

More info:

Published by: Khoirul Hadi Pranoto on Jan 13, 2012
Direitos Autorais:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/12/2013

pdf

text

original

Apakah Demam Berdarah Itu ?  Demam Berdarah adalah suatu penyakit yang di sebabkan oleh virus.

 Orang yang digigit nyamuk Demam Berdarah (Aedes Aegypti ) yang mengandung virus Demam Berdarah ( Virus Dengus ), dalam waktu satu minggu dapat menderita sakit Demam Berdarah  Virus ini berada dalam darah selama ± 7 Hari.  Obat untuk membunuh virus itu belum ada, upaya penyembuhan hanyalah dengan meningkatkan daya tahan tubuh penderita. Cara Penyebaran Demam Berdarah ?  Demam Berdarah hanya dapat di tularkan oleh Nyamuk Demam Berdarah ( Aedes Aegypti )  Nyamuk ini mendapatkan virus Demam Berdarah dari orang yang di dalam darahnya terdapat virus, orang ini di sebut “ Corien ”.  Orang itu mungkin sakit Demam Berdarah, tapi mungkin juga tidak yaitu bila kebetulan memiliki kekebalan terhadap virus tersebut.  Sebagai orang yang tidak sakit, ia bisa pergi kemana saja dan menularkan virus itu kepada orang lain.

 Bila orang yang di tulari itu tidak memiliki kekebalan (umumnya anak anak) orang itu segera akan menderita Demam Berdarah  Jadi pada dasarnya semua orang dapat terserang Demam Berdarah setelah di gigit nyamuk Aedes Aegypti yang membawa virus tersebut TANDA TANDA DEMAM BERDARAH

o o

Mendadak panas tinggi selama 2-7 Hari Tampak lemah dan lesu

o

Sering terasa nyeri ulu hati

Kadang timbul bintik bintik merah pada kulit, Untuk membedakan dengan bintik merah bekas gigitan nyamuk : Regangkan kulit, bila bintik merah itu hilang, itu bukan tanda Demam Berdarah Bila sudah parah penderita gelisah, Tangan dan kakinya dingin dan berkeringat (Preshock), kematian dapat terjadi dalam 2-3 hari akibat turunnya tekanan darah.

YAYASAN RUMAH SAKIT ISLAM SAMARINDA AKADEMI KEPERAWATAN YARSI 2008 Created By Kel IV

Mengubur atau menyingkirkan barang barang bekas yang dapat menampung air hujan seperti plastik bekas. dan gula hingga halus 5. CARA PALING TEPAT MENCEGAH DEMAM BERDARAH DENGAN “ 3 M “ Menguras. Cuci buah terlebih dahulu. karena itu satu satunya upaya pencegahan ialah dengan memberantas nyamuk penularnya. beraknya berwarna hitam dan berbau amis (bau darah) di sebabkan pendarahan di lambung • • • CARA MENCEGAH DEMAM BERDARAH  Vaksin untuk mencegah Demam Berdarah belum di temukan. Masukkan buah ke dalam blender 3. Blender buah . proses perubahan bentuk ini terjadi dalam air jernih.Kadang kadang pendarahan di (mimisan) terjadi hidung  Perubahan bentuk dari telur hingga menjadi nyamuk dewasa memerlukan waktu ± 10 hari. rapat rapat tempat tempat penampungan air setelah mengambil airnya agak nyamuk tidak dapat masuk dan berkembang biak Alat dan bahan : • • • • • 300 gram jambu biji Gula secukupnya Air secukupnya Blender Pisau dan gelas Cara Pembuatan: 1. sekurang kurangnya seminggu sekali atau menaburkan bubuk abate CARA MENANGGULANGI DEMAM BERDARAH Memberikan minum sebanyak – banyaknya dan memberikan obat penurun panas Segera memenggil dokter untuk memeriksa Segera membawa kerumah sakit atau puskesmas terdekat untuk mendapatkan tindakan lebih lanjut. lagi pula jauh lebih mudah dari pada menyemprot nyamuknya. air . Tambahkan air dan gula secukupnya 4.  Bagi jenis nyamuk Aedes Aegypti . kaleng dan lain lain . CARA PEMBUATAN JUST JAMBU BIJI.  Memberantas jentik tidak memerlukan biaya besar dan bebas dari efek samping. Mungkin terjadi muntah atau berak darah. Tuangkan just dalam gelas dan siap disajikan air yang biasa di gunakan sehari hari dan juga di setiap genangan air yang airnya tidak langsung berhubungan dengan tanah. Memberikan just jambu untuk membantu meningkatkan trombosit. tempat tempat penampungan air seperti bak mandi/WC dll.kemudian potong kecil-kecil 2. khususnya di tempat penampungan Menutup.

mata cekung. demam. • Keracunan makanan dan peradangan minuman. • perutMasuknya kuman kedalam yang menyebabkan usus. sakit perut. . muntah. atau minum air tidak dimasak. lipatan kulit tidak segera kembali. + biasanya (3x atau lebih dalam sehari). nafsu makan menurun.• Alergi Diare adalah berak-berak lembek sampai encer. • • Menggunakan jamban sehat Membuang tinja di jamban. misal makan-makanan yang sudah YAYASAN RUMAH SAKIT ISLAM SAMARINDA AKADEMI KEPERAWATAN YARSI 2008 Created By Kel 1 • • Menggunakan air bersih yang cukup Mencuci tangan pakai sabun sebelum basi atau beracun. bahkan dapat berupa air saja yang lebih sering dari Berak encer kadang disertai mual. Kurang gizi • Tidak tahan akan makanan tertentu dan sesudah makan serta setelah buang air besar. bila kulit dicubit. badan lesu dan lemah.

dan larutan gula garam 2. bergizi Makan-makanan yang . Air mata tidak ada 4. Kulit bila dicubit kembali lambat. haus dan ingin banyak minum 6. Dehidrasi ringan/ sedang 1. atau tidak sadar Tubuh penderita banyak kehilangan cairan yang disebut dehidrasi sehingga dapat menyebabkan kematian . Kebiasaan hidup tidak sehat seperti : a. Mata sangat cekung dan kering 3. Malas minum atau tidak ada 6. Mulut dan lidah sangat kering 5. 3. Kulit bila dicubit sangat lambat. Makan-makanan yang tercemar kuman diare. pada bayi e. sop. Buang air besar dan tinja disembarang tempat b. Air mata tidak ada 4. Lesu. Menggunakan air yang kurang bersih d. lunglai. Segera banyak minum seperti kuah sayur. Gelisah 2.c. telah tercemar atau mengandung kuman penyebab diare 2. air putih. Mencari pengobatan lanjutan di puskesmas bila tidak membaik sampai 2 hari atau bila ada tanda-tanda dibawah ini : a. Tidak mencuci tangan pakai sabun setelah buang air besar dan sebelum makan. Diare terus menerus 1. Dehidrasi berat 1. Sering memberikan susu botol b. Ditularkan melalui air dan makanan yang TANDA-TANDA KEHILANGAN CAIRAN : a. BAGAIMANA PROSES PENULARAN DIARE ?? 1. Mata cekung 3. 2. Mulut dan lidah kering 5.

b. Demam d. Ada muntah berulang c. Ada darah dalam tinja. Tidak mau makan dan minum e. .

You're Reading a Free Preview

Descarregar
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->