KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT. Atas berkat rahmat,nikmat dan hidayah-Nya penulis mampu menyelesaikan makalah ini. Shalawat dan salam semoga tetap dilimpahkan kepada Nabi Muhammad saw, beserta segenap keluarga, sahabat serta pengikutnya yang setia. Makalah ini dibuat dengan tujuan untuk memenuhi tugas Makalah PLH Tentang Penerapan Etika Lingkungan. Dalam penulisannya, kami mengalami beberapa kendala. Namun, beruntung ada pihak yang bersedia membantu kelancaran penulisan makalah ini. Oleh karena itu, penulis ucapkan terima kasih kepada segenap pihak yang telah membantu penulis. Penulis sadar bahwa makalah ini masih memiliki kelemahan dan kekurangan.Oleh karena itu, penulis memohon maaf atas kekurangan tersebut. Penulis juga senantiasa membuka tangan untuk menerima kritik dan saran yang membangun agar kelak penulis bisa berkarya lebih baik lagi. Harapan penulis, semoga karya kecil ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Semoga pula makalah ini dapat berguna sebagaimana mestinya.

PLH Penerapan Etika Lingkungan Hidup

1

............ 5 PLH Penerapan Etika Lingkungan Hidup 2 .......................................................................................... 3 Pembahasan ........................................................................................................... 1 Pendahuluan .......................................................DAFTAR ISI ................. 2 Kata Pengantar ... .................................................................................................................................................

Lingkungan Sekolah dan Lingkungan Masyarakat. Sehingga Lingkungan sekitar tidak nyaman dan teratur. BAGAIMANA RESPON / CONTOH MEMBIASAKAN DIRI MELAKUKAN ATURAN ETIKA LINGKUNGAN ? 3. 2. Rumusan Masalah Masalah yang dibahas dalam penulisan makalah ini adalah : 1. Tujuan Penulisan Tujuan daripada penulisan makalah ini adalah : 1. MENGETAHUI PENERAPAN ETIKA LINGKUNGAN 2.Latar belakang Dikalangan Masyarakat. BAGAIMANA PENERAPAN ETIKA LINGKUNGAN / MEMBIASAKAN DIRI MELAKUKAN ATURAN ETIKA LINGKUNGAN ? 2. Penerapan Etika Lingkungan sangatlah kurang. Membiasakan Diri untuk melaksanakan etika lingkungan adalah hal yang dilakukan dan diperhatikan oleh orang-orang baik di lingkungan Keluarga.PENDAHULUAN 1. terutama bagi mereka yang berada Lingkungan Hidup (Sekitar). Keresahan masyarakat semakin membuat berbagai tingkah laku yang salah yang selalu memperburuk dan mengacaukan keadaan lingkungan. MENGETAHUI CARA-CARA / RESPON YANG DIGUNAKAN UNTUK MENGEFEKTIFKAN PENERAPAN ETIKA LINGKUNGAN PLH Penerapan Etika Lingkungan Hidup 3 .

5. Manfaat lain dari penulisan makalah ini adalah dengan adanya penulisan makalah ini diharapkan dapat dijadikan acuan. khususnya kepada Masyarakat dan Siswa untuk menambah pengetahuan dan wawasan dalam meneliti dan mengetahui keadaan lingkungan sekitar tentang penerapan etika lingkungan . Manfaat Penulisan Hasil dari penulisan ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada semua pihak. PLH Penerapan Etika Lingkungan Hidup 4 . khususnya bagi masyarakat yang masih belum menerapkan etika lingkungan. 2. Hipotesis Berdasarkan pembahasan dapat disimpulkan bahwa : 1. PENERAPAN ETIKA LINGKUNGAN TERGANTUNG DARI KESADARANNYA SENDIRI CONTOH / RESPON UNTUK MENERAPKAN ETIKA LINGKUNGAN DAN BERDOA KEPADA TUHAN YANG MAHA ESA AKAN RIDHONYA.4.

Keadaan lingkungan mengenai lingkungan hidup di atur Norma-norma hukum tentang Lingkungan Hidup yang sudah di atur dalam: UU RI No. benda nyata ataupun abstrak dan merupakan satu kesatuan ekosistem yang saling mendukung satu sama lain. 39 Tahun 1999 tentang HAM. pasal 3 Amandemen ke-2 Undang-undang Dasar 1945. sudah sepatutnya kita secara langsung maupun tidak langsung memberi dampak yang menguntungkan bagi kehidupan sekitar bukan hanya memberikan dampak buruk. 23 Tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup. Dan PBB tentang Protokol Kyoto mengenai lingkungan hidup Sebagai manusia atau mahkluk yang menempati lingkungan hidup haruslah perduli dan peka terhadap kondisi lingkungan sekitar. yang artinya memantau dan menjaga apa yang berada di sekitar manusia dan dapat di bedakan menjadi beberapa macam objek atau benda. Menerapkan Etika Lingkungan merupakan solusi dan langkah menuju lingkungan hidup yang baik. berupa benda mati. benda hidup. Dengan demikian kami mencoba untuk Menerapkan Etika Lingkungan dengan tujuan Membiasakan diri melaksanakan aturan.Pembahasan PLH (Pendidikan Lingkungan Hidup) adalah Ilmu pengetahuan yang memantau dan menjaga keadaan lingkungan hidup. Pasal 28H ayat 1. pasal 5 dan pasal 8 UU No. PLH Penerapan Etika Lingkungan Hidup 5 .

dengan a) Lingkungan Keluarga Lingkungan keluarga adalah salah satu tempat yang sangat efektif menanamkan nilai-nilai etika lingkungan. Beberapa hal yang dapat dilakukan dalam membudayakan sikap tersebut antara lain. melalui kegiatan ekstrakulikuler sebagi wujud kegiatan yang konkret dengan mengarahkan pada pembentukan sikap yang berwawasan lingkungan seperti : 1. Setiap orang tua memberi tanggung jawab kepada anak-anak secara rutin untuk merawatnya dengan menyiram dan memberi pupuk. kebiasaan yang berdasarkan pada etika lingkungan PLH Penerapan Etika Lingkungan Hidup 6 . 4. 3. Membiasakan diri membuang sampah pada tempatnya. Hal itu dapat dilakukan dengan : 1. Menanam pohon dan memelihara bunga di pekarangan rumah. Pembahasan atau diskusi mengenai isu lingkungan hidup Pengelolaan sampah Penanaman Pohon Penyuluhan kepada siswa Kegiatan piket. 2. Secara bergantian. dan jumsih (jum at bersih) c) Lingkungan Masyarakat Pada lingkungan masyarakat .Penerapan Etika Lingkungan Sikap ramah terhadap lingkungan hidup harus bisa menjadi sesatu kebiasaan yang dilakukan oleh setiap manusia dalam menjalankan kehidupan baik dalam lingkungan keluarga. Memberikan tanggung jawab kepada anggota keluarga untuk menyapu rumah dan pekarangan rumah secara rutin. sekolah. b) Lingkungan Sekolah Kesadaran mengenai etika lingkungan hidup dapat dilakukan di lingkungan sekolah dengan memberikan pelajaran mengenai lingkungan hidup dan etika lingkungan. dan lingkungan masyarakat. setiap anggota keluarga mempunyai kebiasaan untuk menjaga kebersihan dan merasa malu jika membuang sapah sembarang tempat. 5. 3. 2.

dapat ditetapkan melalui : 1. Membuangan sampah secara berkala ke tempat pembuangan sampah 2. Melakukan kegiatan gotong royong atau kerja bakti secara berkala di lingkungan tempat tinggal 4. Menggunakan kembali dan mendaur ulang bahan-bahan yang masih diperbaharui . PLH Penerapan Etika Lingkungan Hidup 7 . Kesiadaan untuk memisahkan antara sampah organic dan sampah non organik 3.