P. 1
Mengganti Background Foto Menggunakan Corel Photo

Mengganti Background Foto Menggunakan Corel Photo

|Views: 43|Likes:
Publicado porMuhammad Thosim

More info:

Published by: Muhammad Thosim on Mar 30, 2012
Direitos Autorais:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/30/2012

pdf

text

original

Mengganti background foto menggunakan corel photo-paint

by ‘ kaitou_cipta ’_‘ciptadoank@yahoo.com’

Terkadang hasil jepretan yang kita ambil tidak selalu seperti hal yang diharapkan, mungkin saja karena background atau latar yang kita pilih ga’ match dengan pose atau kostum kita, atau mungkin saja kita sudah bosan dengan background yang sudah ada dan ingin mengganti dengan background yang baru atau yang memiliki nilai artistik lebih. Nah untuk mengedit foto dalam format digital banyak sekali program yang bias kita pakai,sebut saja yang paling familiar adalah menggunakan aplikasi adobe photoshop ataupun corel photo-paint, pada kesempatan kali ini yang akan kita gunakan ialah aplikasi corel photo-paint untuk mengganti background sebuah foto. Langkah pertama mari kita buka program corel photo-paint12.

Setelah window baru terbuka kita pilih foto yang mau diganti backgroundnya kemudian kita drag atau kita tarik masuk ke window corel photo-paint 12 tersebut. Kemudian langkah selanjutnya ialah kita duplikasi foto tersebut dengan cara klik kanan pada icon background pada kolom object disebelah kanan, kemudian pilihlah ‘duplicate selected’ atau bisa juga dengan shortcut ‘ctrl D’. maka foto akan di duplikasi dengan nama baru yaitu ‘object 1’.

. seperti gambar dibawah ini.Langkah selanjutnya ialah menutup layer foto background dengan cara meng’klik’ gambar mata pada layer background foto pada kolom ‘objects’ sebelah kanan. Setelah layer background tertutup selanjutnya klik pada foto ‘object 1’ yang akan kita edit backgroundnya.

setelah kita mengcover seluruh bagian tubuh dengan tool tersebut dan telah sampai pada titik awal pada saat kita memulai tadi. maka hasil yang akan kita peroleh ialah foto yang telah kita cover dengan ‘lasso mask tool’ akan berbeda dengan backgroundnya. Setelah kita klik ‘lasso mask tool’. ini menandakan proses ‘lasso mask tool’ telah berhasil. dimana background akan berubah warna menjadi merah. tools pertama yang kita gunakan ialah ‘lasso mask tool’. namun kedua tools tersebut biasa digunakan bagi mereka yang sudah mahir atau expert. ada beberapa tools yang akan digunakan dalam memisahkan foto. sebenarnya selain ‘lasso mask tool’ bisa juga kita gunakan ‘magnetic mask tool’ atau ‘magic wand mask tool’. klik pada salah satu titik disalah satu sisi dari foto kita dengan tools tersebut lalu kita teruskan proses pemisahan foto tersebut dengan terus mengklik (mendigit) tools tersebut pada setiap sisi foto kita tanpa terputus.Nah sekarang mari kita pisahkan foto kita dari background yang ada. Setelah melakukan double klik. . pertama-tama kita pilih tools yang akan kita gunakan untuk memisahkannya. kita hentikan penggunaan tool tersebut dengan cara meng’klik’ 2 kali atau double klik pada titik awal tersebut.

Setelah proses ‘lasso mask tool’ berhasil kemudian lakukan pemotongan atau ‘cuting’. dengan memilih ‘edit’ pada toolbar atas kemudian pilihlah ‘cut’. atau dapat juga menggunakan shortcut ‘ctrl X’. Kemudian hasil dari pemotongan (cutting) tersebut diperoleh hasil seperti ini. .

dimana masih terdapat bagian background yang masih tersisa. selanjutnya melakukan pembersihan terhadap background yang masih tersisa apabila pada saat pembersihan pertama masih terdapat bagian background yang masih tersisa seperti pada contoh foto dibawah ini.Setelah dilakukan pemotongan (cutting) tahapan selanjutnya ialah melakukan penempelan (paste) dari foto yang telah kita cut tadi. Setelah ‘object 1’ berhasil dihapus. caranya sama yaitu dengan menggunakan ‘lasso mask tool’ dengan tahapan yang sama. dengan memilih ‘edit’ pada toolbar atas kemudian pilihlah ‘paste’ sebagai object baru. Karena ‘object 1’ sudah tidak terpakai lagi maka ‘object 1’ dapat kita hapus (delete) dengan cara meng’klik’ kanan pada layer ‘object 1’ kemudian kita pilih ‘delete selected’. . kemudian akan muncul layer baru dengan nama ‘object 2’. caranya sama seperti pada saat melakukan ‘cutting’. atau dapat juga menggunakan shortcut ‘ctrl v’.

kemudian kita pilih ‘shape’ dari ‘eraser’ yang agak blur dengan ukuran 10 atau ukuran tersebut dapat kita sesuaikan dengan kebutuhan.A). . kemudian hasil yang kita dapatkan ialah sebuah foto tanpa background seperti ini.Setelah semua background telah dibuang semua tahapan selanjutnya ialah melakukan pembersihan terhadap sisa-sisa background yang masih tersisa pada pinggiran-pinggiran dari foto kita (gambar. > Untuk membersihkan sisa-sisa background pada foto tools yang kita gunakan ialah ‘eraser tool’. namun apabila pada proses pemisahan dengan menggunakan ‘lasso mask tool’ jika anda telah melakukan digitasi dengan sangat mendetail kemungkinan anda akan mendapatkan foto yang bersih dari sisa-sisa background (gambar.B). Lakukan pembersihan pada tiap-tiap sisi foto yang masih terdapat sisa background samapi semua background tersebut habis tak bersisa.

Kemudian tahap terakhir yang merupakan inti dari kerja keras kita selama ini ialah memasukkan background baru yang kita inginkan dengan cara meng’import’ file yang kita inginkan. selain itu kita dapat meng’import’ dengan cara cepat menggunakan shortcut ‘ctrl I’. Setelah kita berhasil meng’import’ background baru layer background tersebut akan diberi . langkahnya ialah pilih ‘file’ pada toolbar atas kemudian pilih ‘import’ setelah itu silahkan pilih background yang anda inginkan dari ‘pc’ anda.

Nah sekarang kita telah mendapatkan foto dengan background yang kita inginkan. tahap selanjutnya ialah memindahkan layer ‘object 3’ ke bawah dengan cara ‘klik’ kanan pada layer tersebut kemudian langsung ditarik kebawah persis dibawah ‘object 2’. kita dapatkan foto dengan background baru sesuai yang kita inginkan. Selalnjutnya gambar tersebut kita ‘export’ kedalam format Jpeg. Selamat mencoba. sehingga posisi layernya akan berubah ‘object 2’ akan berpindah keposisi paling atas. (kai_corp) . kita dapat mengatur ukuran layer background tersebut sesuai dengan keinginan kita. Dan inilah akhir dari berjuangan kita. Atau bisa juga dengan menggunakan shortcut ‘ctrl E’.nama ‘object 3’. Dengan langkah pilih ‘file’ pada toolbar atas kemudian pilih ‘export’ lalu pilih ‘save as type’ dengan pilihan ‘JPG-JPEG Bitmaps’.

Sebelum. Sesudah .

You're Reading a Free Preview

Descarregar
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->