Você está na página 1de 12

Analisa Keputusan Pemilihan Mobil Box Dengan Metode Analitycal Hierarchy Process (AHP) Menggunakan Software Expert Choice

Studi Kasus CV. Milzam Bontang

Disusun Oleh:

Hairul Huda Herman Saputro Meidiansyah Saleh Romdon Suryo Projo

Latar Belakang
1. Semakin ketatnya persaingan sehingga adanya tuntutan untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk pelanggan 2. Dibutuhkannya alat transportasi yang efektif, efisien, dan berbiaya rendah dalam menunjang aktivitas perusahaan. 3. Semakin berkembangnya usaha perusahaan, sehingga diperlukannya solusi alat transportasi berupa Mobil Box yang sesuai kebutuhan perusahaan.

Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Bagaimana mengetahui kriteria-kriteria yang nantinya dapat digunakan untuk menilai Mobil Box yang digunakan pada CV. Milzam? 2. Bagaimana mengetahui pemilihan Mobil Box yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan oleh CV. Milzam? 3. Bagaimana hasil dari nilai pada pembobotan kriteria penilaian Mobil Box pada CV. Milzam?

Batasan Masalah
Adapun batasan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Kriteria kriteria dalam pemilihan mobil box sepenuhnya ditentukan oleh CV.Milzam. 2. Pemilihan alternatif dalam penelitian ini sepenuhnya ditentukan oleh peneliti berdasarkan data data yang dimiliki oleh peneliti.

Tujuan Penelitian
Adapun tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Dapat mengetahui kriteria-kriteria yang nantinya dapat digunakan untuk menilai Mobil Box yang digunakan pada CV. Milzam. 2. Dapat mengetahui pemilihan Mobil Box yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan oleh CV. Milzam. 3. Dapat mengetahui hasil dari nilai pada pembobotan kriteria penilaian Mobil Box pada CV. Milzam.

Landasan Teori
AHP merupakan suatu metode yang digunakan dalam proses pengambilan keputusan suatu masalah masalah kompleks seperti permasalahan yaitu perencanaan, penentuan alternatif, penyusunan prioritas, pemilihan kebijaksanaan, alokasi sumber, penentuan kebutuhan, peramalan kebutuhan, konflik [Saaty, 1980, hlm 5]. Suatu masalah dikatakan kompleks jika struktur permasalahan tersebut tidak jelas dan tidak tersedianya data dan informasi statistik yang akurat, sehingga input yang digunakan untuk menyelesaikan masalah ini adalah intuisi manusia. Namun intuisi ini harus datang dari orang-orang yang memahami dengan benar masalah yang ingin dipecahkan (orang yang expert).

Landasan Teori
Langkah-langkah dan prosedur dalam menyelesaikan persoalan dengan menggunakan metode AHP adalah sebagai berikut: 1. Mendefinisikan permasalahan dan menentukan tujuan. 2. Membuat hirarki. 3. Melakukan perbandingan berpasangan. 4. Menentukan prioritas. 5. Menentukan tingkat.

Diagram Alir
Ada beberapa aktivitas kegiatan yang dilakukan dalam penelitian ini. Adapun tahapan kegiatan yang dilakukan dapat dilihat pada diagram alir sebagai berikut: 1. Tahapan Persiapan Penelitian Dalam tahap persiapan penelitian ini, hal yang dilakukan adalah melakukan studi pemahaman terhadap materi yang ada dalam AHP (Analitycal Hierarchy Process). 2. Tahapan Pengumpulan Data Pada tahapan ini, hal yang dilakukan adalah tahapan pengumpulan data. Proses pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan cara pengumpulan data primer atau pengambilan data secara langsung.

Diagram Alir
3. Tahapan Pengolahan Data Pada tahap ini dilakukan pengolahan data secara komputerisasi dengan menggunakan software Expert Choice 11. 4. Tahapan Analisa Dan Pembahasan Pada tahap analisa dan pembahasan dibahas tentang hasil perhitungan dengan perhitungan secara komputerisasi dengan software Expert Choice, hasil yang dibahas meliputi rating hasil perbandingan pilihan mobil yang akan dipilih oleh CV. Milzam.

Diagram Alir
5. Tahapan Penutup Pada tahap ini, dilakukan pengambilan kesimpulan atas hasil analisa, untuk menjawab tujuan dari penelitian ini, serta pemberian saran untuk perbaikan penelitian yang diharapkan dapat menjadi referensi untuk memperbaiki penelitian yang akan datang. 6. Gambar Diagram Alir Diagram alir penelitian analisa keputusan dengan Analitycal Hierarchy Process ini disajikan pada Gambar diagram berikut ini:

Daftar Pustaka
1. Nurmianto, Eko. Ergonomi, Konsep Dasar dan aplikasinya, surabaya: Prima Printing., 2004. 2. http://myshowroom.wordpress.com (diakses pada hari sabtu, tanggal 12 Mei 2012, Pukul 14.00 WITA) 3. http://republikbm.blogspot.com(diakses pada hari sabtu, tanggal 12 Mei 2012, Pukul 14.30 WITA)