P. 1
Rencana Strategis Biro Perencanaan dan Anggaran Kementerian Perumahan Rakyat Tahun 2010-2014

Rencana Strategis Biro Perencanaan dan Anggaran Kementerian Perumahan Rakyat Tahun 2010-2014

|Views: 133|Likes:
Publicado porOswar Mungkasa

More info:

Published by: Oswar Mungkasa on Jul 09, 2012
Direitos Autorais:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/13/2013

pdf

text

original

RENCANA STRATEGIS

KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala limpahan Rahmat, Taufiq serta Hidayah-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan Revisi Rencana Strategis Biro Perencanaan dan Anggaran Kementerian Perumahan Rakyat Tahun 2010-2014, yang selanjutnya disebut dengan Renstra Biro. Renstra Biro merupakan penjabaran dari Rencana Strategis Sekretariat Kementerian Perumahan Rakyat Tahun 2010-2014. Sebagai bentuk penjabaran RPJM, Renstra Biro Perencanaan dan Anggaran Kementerian Negara Perumahan Rakyat ini diharapkan dapat menjadi pedoman dalam melaksanakan program dan kegiatan pembangunan bidang perumahan dan kawasan permukiman khususnya dari aspek perencanaan, penganggaran dan evaluasi. Revisi Renstra Biro ini disusun untuk menyesuaikan dengan perubahan struktur organisasi serta tugas dan fungsi unit kerja di lingkungan Kementerian Perumahan Rakyat berdasarkan surat Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. B/2087/M.PAN-RB/9/2010 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Perumahan Rakyat yang telah ditindaklanjuti dengan penetapan Peraturan Menteri Negara Perumahan Rakyat No. 21 Tahun 2011 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Perumahan Rakyat. Kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak atas masukan dan partisipasi aktifnya dalam proses penyusunan Rencana Strategis ini. Semoga Tuhan Yang Maha Pemurah, senantiasa memberikan kekuatan bagi kita untuk dapat bersamasama mewujudkan Visi Biro Perencanaan dan Anggaran: “Terwujud sistem perencanaan dan penganggaran Kementerian Perumahan Rakyat yang akuntabel dan didukung data dan informasi yang akurat”.
Jakarta, Juli 2011 Kepala Biro Perencanaan dan Anggaran,

Dr. Oswar M. Mungkasa

BIRO PERENCANAAN DAN ANGGARAN

i

RENCANA STRATEGIS

DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ................................................................................................................... i DAFTAR ISI ................................................................................................................................ ii BAB 1 PENDAHULUAN .......................................................................................................... 1 1.1. Kondisi Umum ....................................................................................................... 1 1.2 Potensi dan Permasalahan ..................................................................................... 2 BAB 2 VISI, MISI, TUJUAN DAN SASARAN STRATEGIS ..................................................... 4 2.1 Visi .......................................................................................................................... 4 2.2 Misi ......................................................................................................................... 4 2.3 Tujuan ..................................................................................................................... 5 2.4 Sasaran .................................................................................................................... 5 BAB 3 ARAH KEBIJAKAN DAN STRATEGI ............................................................................ 6 3.1 Arah Kebijakan dan Strategi Biro Perencanaan dan Anggaran dalam Renstra Sekretariat Kementerian ....................................................................................... 6 3.2 Arah Kebijakan dan Strategi Biro Perencanaan dan Anggaran ........................... 6 3.3 Indikator Kegiatan Biro Perencanaan dan Anggaran .......................................... 7 BAB 4 PENUTUP .................................................................................................................... 11

BIRO PERENCANAAN DAN ANGGARAN

ii

RENCANA STRATEGIS

BAB 1 PENDAHULUAN
1.1. Kondisi Umum Pelaksanaan kegiatan yang dilakukan secara terencana dan sistemik akan memberikan kontribusi langsung terhadap peningkatan kualitas perencanaan dan pengganggaran serta mendukung pelaksanaan layanan internal di Biro Perencanaan dan Anggaran. Oleh karena itu, pelaksanaan kegiatan pada Biro Perencanaan dan Anggaran harus dilandasi oleh suatu kebijakan, strategi dan program yang komprehensif dan terpadu yang dituangkan dalam dokumen Rencana Strategis. Rencana strategis instansi Pemerintah merupakan langkah awal dalam mengimplementasikan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) yang disusun dengan mengintegrasikan antara ketersediaan Sumber Daya Manusia (SDM) dan sumber daya lain agar mampu memenuhi keinginan pemangku kepentingan. Selain itu penyusunan rencana strategis yang meliputi penetapan visi, misi, tujuan, sasaran dan program, disusun berdasarkan analisis terhadap permasalahan yang terjadi pada periode sebelumnya dan peluang serta tantangan dalam pelaksanaan tugas kedepan. Selama periode tahun 2005 – 2009 Kementerian Perumahan Rakyat telah melaksanakan berbagai program pembangunan perumahan dan kawasan permukiman sesuai Rencana Strategis Kementerian Perumahan Rakyat Tahun 2005–2009 yang merupakan penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional Tahun 2004 – 2009. Dalam rangka pencapaian kinerja Kementerian Perumahan Rakyat, unit kerja Biro Perencanaan dan Anggaran melaksanakan tugas melaksanakan penyusunan perencanaan program, kegiatan dan anggaran, serta menyediakan data dan Informasi di bidang Perumahan Rakyat, yang memiliki capaian kinerja sebagai berikut: 1. Penyusunan Perencanaan Program, Kegiatan dan Anggaran, serta Menyediakan Data dan Informasi di Bidang Perumahan Rakyat, melalui: a. Penyusunan Rencana Program, Kegiatan dan Pelaksanaan Kerjasama di Bidang Perumahan Rakyat
BIRO PERENCANAAN DAN ANGGARAN

1

RENCANA STRATEGIS

(i) Koordinasi pelaksanaan kebijakan, program dan kegiatan pembangunan bidang perumahan rakyat tahun 2005 sampai dengan tahun 2009; (ii) Pelaksanaan Kongres Perumahan dan Permukiman Nasional Ke II Tahun 2009; (iii) Penyusunan perencanaan umum pembangunan Rumah Susun Sewa/Rumah Susun Milik (Rusunawa/Rusunami) di kawasan perkotaan; (iv) Kajian penyiapan Millenium Development Goal’s (MDG’s) bagi pembangunan perumahan dan kawasan permukiman; (v) Persiapan pelaksanaan Integrated Settlement Development Program (ISDP). b. Penyusunan Anggaran dan Evaluasi Anggaran (i) Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah, Rencana Kerja dan Anggaran, serta DIPA Tahun 2005-2009 Kementerian Perumahan Rakyat; (ii) Pengadministrasian penganggaran bidang perumahan rakyat tahun 2005 sampai dengan tahun 2009 tepat waktu dan tepat asas. c. Pengelolaan Data dan Informasi di Bidang Perumahan Rakyat (i) Penyusunan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) Kementerian Perumahan Rakyat; (ii) Penyusunan Sistem Informasi Manajemen Perumahan dan Permukiman (SIMPER), Pengelolaan Database, dan Pengelolaan Situs (Website) Kementerian Perumahan Rakyat. 1.2 Potensi dan Permasalahan Permasalahan yang kini dihadapi pada Biro Perencanaan dan Anggaran adalah: (i) masih rendahnya kinerja sumber daya manusia; (ii) belum memadainya sistem dan ketatalaksanaan organisasi yang dapat menunjang koordinasi pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan dan pembangunan secara efisien dan efektif; serta (iii) belum optimalnya penerapan teknologi informasi dan komunikasi di dalam lingkungan internal Biro Perencanaan dan Anggaran. Isu pokok pada Biro Perencanaan dan Anggaran saat ini meliputi:
BIRO PERENCANAAN DAN ANGGARAN

2

RENCANA STRATEGIS

1. Penerapan peraturan perundang-undangan yang dapat mendorong kualitas sumber daya manusia; 2. Ketatalaksanaan sistem organisasi yang kurang maksimal; 3. Sistem penganggaran yang belum tepat waktu dalam pembangunan perumahan dan kawasan permukiman; 4. Kemampuan dalam memantau dan mengevaluasi pembangunan perumahan dan kawasan permukiman yang belum maksimal; 5. Kualitas data dan informasi pembangunan perumahan dan kawasan permukiman yang belum tersistem. Dengan adanya isu pokok tersebut di atas, diharapkan penyusunan Renstra Biro ini mampu memberikan masukan-masukan untuk peningkatan kinerja seluruh bagian yang terkait dalam Biro Perencanaan dan Anggaran kedepan. Pada akhirnya peningkatan kinerja Biro Perencanaan dan Anggaran ini akan mendukung kinerja Kementerian dalam pemenuhan kebutuhan perumahan rakyat.

BIRO PERENCANAAN DAN ANGGARAN

3

RENCANA STRATEGIS

BAB 2 VISI, MISI, TUJUAN DAN SASARAN STRATEGIS
2.1 Visi Dengan memperhatikan amanat peraturan perundangan, hasil pencapaian kinerja Biro Perencanaan dan Anggaran pada periode sebelumnya, potensi dan permasalahan serta aspirasi berbagai pemangku kepentingan, maka Visi Biro Perencanaan dan Anggaran Tahun 2010-2014 dirumuskan sebagai berikut:

“Terwujud sistem perencanaan dan penganggaran Kementerian Perumahan Rakyat yang akuntabel dan didukung data dan informasi yang akurat”
Rumusan Visi tersebut merupakan komitmen bersama, mengingat besar dan kompleksnya permasalahan perencanaan, pengganggaran, monitoring dan evaluasi, serta penyediaan data dan informasi yang harus ditangani. Selain itu, perlu juga digaris bawahi bahwa pencapaian visi membutuhkan adanya berbagai persyaratan, terutama persyaratan yang berupa komitmen untuk memilih program dan kegiatan tahunan secara terfokus dalam skala prioritas yang tajam dari semua pemangku kepentingan.

2.2 Misi Sesuai kondisi faktual lingkungan strategis Biro Perencanaan dan Anggaran, serta kemampuan untuk mewujudkan kondisi ideal di masa depan maka dirumuskan misi Biro Perencanaan dan Anggaran Tahun 2010-2014, sebagai berikut: 1. Meningkatkan kualitas sistem perencanaan yang berkesinambungan; 2. Meningkatkan kualitas sistem penganggaran berbasis kinerja; 3. Meningkatkan ketersediaan data dan informasi yang akurat.

4

BIRO PERENCANAAN DAN ANGGARAN

RENCANA STRATEGIS

2.3 Tujuan Tujuan Rencana Strategis Biro Perencanaan dan Anggaran Tahun 2010-2014 adalah sebagai berikut: 1. Menyelenggarakan administrasi, perencanaan, penganggaran, monitoring dan evaluasi yang lebih baik; 2. Menyelenggarakan koordinasi dan sinkronisasi program serta kebijakan pembangunan perumahan antarDeputi Bidang; 3. Meningkatkan pendayagunaan sumberdaya secara berkelanjutan. 4. Pemanfaatan dan peningkatan teknologi dalam upaya pemantauan kegiatan Deputi Bidang di Lingkungan Kementerian Perumahan Rakyat. 2.4 Sasaran Penetapan sasaran merupakan penjabaran dari tujuan yang menggambarkan sesuatu yang akan dicapai melalui serangkaian kebijakan, guna mempertajam fokus, kegiatan dan alokasi sumber daya yang diperlukan. Biro Perencanaan dan Anggaran melakukan koordinasi dalam segala kegiatan yang terkait dengan pembangunan perumahan Tahun 2010-2014 agar dapat mencapai sasaran sebagai berikut: 1. Terselenggaranya koordinasi pelaksanaan program dan kegiatan bidang perumahan dan kawasan permukiman di Lingkungan Kementerian Perumahan Rakyat; 2. Terselenggaranya hubungan kerja dengan instansi lain yang terkait dalam bidang perumahan dan kawasan permukiman; 3. Terselenggaranya pengelolaan anggaran yang tepat waktu di Lingkungan Kementerian Perumahan Rakyat; 4. Terlaksananya sistem pengawasan, evaluasi dan pengendalian program dan kegiatan pembangunan perumahan dan kawasan permukiman; 5. Terselenggaranya sistem informasi dan publikasi bidang perumahan dan kawasan permukiman.

BIRO PERENCANAAN DAN ANGGARAN

5

RENCANA STRATEGIS

BAB 3 ARAH KEBIJAKAN DAN STRATEGI
3.1 Arah Kebijakan dan Strategi Biro Perencanaan dan Anggaran dalam Renstra Sekretariat Kementerian Arah kebijakan Sekretariat Kementerian Perumahan Rakyat dalam Renstra Sekretariat Kementerian Perumahan Rakyat Tahun 2010-2014 yang terkait dengan tugas Biro Perencanaan dan Anggaran adalah sebagai berikut: 1. Meningkatkan kinerja pelaksanaan program dan kegiatan Kementerian Perumahan Rakyat melalui koordinasi dan sinkronisasi program dan kegiatan yang berkesinambungan; 2. Meningkatkan kualitas perencanaan dan penganggaran program serta kegiatan pembangunan perumahan dan kawasan permukiman melalui bantuan teknis (bantek) dan bimbingan teknis (bimtek); 3. Meningkatkan kualitas penyelenggaraan pembangunan perumahan dan kawasan permukiman melalui (a) peningkatan koordinasi kelembagaan pembangunan perumahan dan kawasan permukiman; dan (b) peningkatan peran serta dan kapasitas pemangku kepentingan di bidang perumahan dan kawasan permukiman; 4. Meningkatkan akuntabilitas dan kinerja Kementerian Perumahan Rakyat melalui pemantauan, evaluasi, dan pengawasan yang berjenjang dan berkesinambungan.

3.2 Arah Kebijakan dan Strategi Biro Perencanaan dan Anggaran Untuk mencapai Tujuan dan Sasaran, mewujudkan Visi dan Misi Renstra Biro Perencanaan dan Anggaran Tahun 2010-2014, maka dirumuskan arah kebijakan dan strategi dalam Renstra Biro Perencanaan dan Anggaran Tahun 2010-2014, sebagai berikut: 1. Meningkatkan kegiatan penyusunan program standarisasi pengawasan penyusunan anggaran, kerjasama antarkementerian/lembaga dan menjalin hubungan baik dengan daerah;

6

BIRO PERENCANAAN DAN ANGGARAN

RENCANA STRATEGIS

2. Peningkatan sistem kerja antarDeputi Bidang dengan pendekatan kebijakan yang terarah dan mudah dipahami; 3. Mewujudkan stabilisasi kinerja yang efektif, efisien dan berkesinambungan.

3.3 Indikator Kegiatan Biro Perencanaan dan Anggaran Dalam Rencana Strategis Kementerian Perumahan Rakyat 2010 – 2014 dijelaskan bahwa kegiatan pokok Biro Perencanaan dan Anggaran adalah Perencanaan dan Penganggaran Pembangunan Perumahan dan Kawasan Permukiman. Dalam pelaksanaan kegiatan pokok tersebut, Biro Perencanaan dan Anggaran memiliki beberapa indikator kinerja yang akan dilaksanakan oleh masing-masing unit kerja di dalam Biro Perencanaan dan Anggaran. Kegiatan pokok tersebut dapat dijabarkan ke dalam indikator-indikator kinerja sebagaimana ditunjukkan pada tabel 1 di bawah ini.

BIRO PERENCANAAN DAN ANGGARAN

7

RENCANA STRATEGIS BIRO PERENCANAAN DAN ANGGARAN

8

Tabel 1. Kegiatan Pokok Biro Perencanaan dan Anggaran Sekretariat Kementerian Perumahan Rakyat Tahun 2010-2014
Program/ Outcome Dukungan Manajemen dan Pelaksanaan Tugas Teknis Lainnya Kementerian Perumahan Rakyat Outcome: Terselenggara dukungan manajemen dan pelaksanaan tugas teknis lainnya Kementerian Perumahan Rakyat Unit Kerja Pelaksana Sekretariat Kementerian Kegiatan/ Output Perencanaan dan Penganggaran Pembangunan Perumahan dan Kawasan Permukiman Output: Tersusun perencanaan dan penganggaran pembangunan perumahan dan kawasan permukiman Unit Kerja Pelaksana Biro Perencanaan dan Anggaran Subkegiatan Perencanaan Pembangunan Perumahan dan Kawasan Permukiman Indikator Kegiatan 1. Jumlah dokumen perencanaan bidang perumahan dan kawasan permukiman 2. Jumlah laporan koordinasi dan pembinaan perencanaan bidang perumahan dan kawasan permukiman 1. Jumlah dokumen penganggaran bidang perumahan dan kawasan permukiman 2. Jumlah laporan koordinasi dan pembinaan penganggaran bidang perumahan dan kawasan permukiman 1. Jumlah dokumen pendataan dan evaluasi bidang perumahan dan kawasan permukiman 2. Jumlah laporan pengelolaan dan informasi perumahan dan kawasan permukiman Unit Kerja Pelaksana Bagian Program

Penganggaran Pembangunan Perumahan dan Kawasan Permukiman

Bagian Anggaran

Pengelolaan Data, Sistem Informasi, Analisa, dan Pelaporan Perumahan dan Kawasan Permukiman

Bagian Data dan Pelaporan

RENCANA STRATEGIS

Struktur organisasi Biro Perencanaan dan Anggaran dapat dilihat pada bagan di bawah ini.
BAGAN 1. STRUKTUR ORGANISASI BIRO PERENCANAAN DAN ANGGARAN

BIRO PERENCANAAN DAN ANGGARAN

9

RENCANA STRATEGIS BIRO PERENCANAAN DAN ANGGARAN

10

Tabel 2. Target dan Pendanaan Biro Perencanaan dan Anggaran Tahun 2010-2014
Target Kegiatan Pokok Perencanaan dan Penganggaran Pembangunan Perumahan dan Kawasan Permukiman Output Tersusun perencanaan dan penganggaran pembangunan perumahan dan kawasan permukiman Indikator Kegiatan 2010 Jumlah dokumen perencanaan dan penganggaran bidang perumahan dan kawasan permukiman Jumlah laporan koordinasi dan pembinaan perencanaan dan penganggaran bidang perumahan dan kawasan permukiman Jumlah dokumen pendataan dan evaluasi bidang perumahan dan kawasan permukiman Jumlah laporan pengelolaan dan informasi perumahan dan kawasan permukiman 2011 2012 2013 2014 TOTAL 2010 ALOKASI ANGGARAN (Miliar Rupiah) 2011 2012 2013 2014 TOTAL

6

5

9

7

6

33 dokumen

4,44

2,95

6,00

5,05

5,35

23,75

15

19

20

21

19

94 laporan

81,59 123,18 111,10 139,23 164,73

619,83

10

12

10

11

14

57 dokumen

8,60

7,13

7,13

8,95

10,75

42,56

4

7

7

7

7

32 laporan

4,35

4,92

4,92

5,55

5,55

25,29

TOTAL BIRO PERENCANAAN DAN ANGGARAN

98,93 138,18 129,15 158,78 186,38

711,43

RENCANA STRATEGIS

BAB 4 PENUTUP
Renstra Biro merupakan arahan dasar yang dijabarkan secara operasional oleh masing-masing unit Bagian di dalamnya sehingga kegiatan yang ingin dicapai nantinya dapat memenuhi misi program pembangunan perumahan dan permukiman. Renstra Biro ini dimaksudkan untuk mengurangi kesenjangan penyusunan program, penganggaran, monev dan penyediaan data dan pelaporan kepada publik. Dengan menerapkan prinsip-prinsip pembangungan yang berkelanjutan dan transparan serta akuntabel diharapkan penyelenggaraan program pembangunan perumahan dan permukiman dapat dijalankan secara penuh dan efektif, sehingga pada akhirnya pemenuhan “Papan” sebagai salah satu kebutuhan hak dasar rakyat dapat lebih terjamin guna membentuk masyarakat yang lebih berjati diri, mandiri dan produktif. Dengan demikian Renstra Biro ini tidak bersifat kaku dan selalu terbuka kemungkinan untuk selalu disempurnakan. Hal ini sesuai dengan prinsip bahwa Renstra adalah suatu proses yang sistematis dan berkelanjutan sehingga bersifat adaptif terhadap lingkungan strategis yang senantiasa berubah.

BIRO PERENCANAAN DAN ANGGARAN

11

BIRO PERENCANAAN DAN ANGGARAN
Sekretariat Kementerian Perumahan Rakyat Lantai II/Wing 4 Jl. Raden Patah I/1, Kebayoran Baru Jakarta Selatan 12110 Telp. (021) 72800145 Website : bpa.kemenpera.go.id Email : program@kemenpera.go.id

You're Reading a Free Preview

Descarregar
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->