Você está na página 1de 6

INTERFERENSI GELOMBANG.

Inteferensi gelombang adalah peristiwa perpaduan dua gelombang yang koheren yaitu dua gelombang yang memiliki frekuensi dan selisih fase tetap . Ada dua macam peristiwa interferensi yaitu : 1. interferensi konstruktif , yaitu interferensi yang saling menguatkan 2. interferensi destruktif , yaitu interfernsi yang saling melemahkan.

Dengan menggunakan konsep fase, dapat kita katakan bahwa interferensi konstruktif (saling menguatkan) terjadi bila kedua gelombang yang berpadu memiliki fase yang sama. Amplitudo gelombang paduan sama dengan dua kali amplitudo tiap gelombang. Interferensi destruktif (saling meniadakan) terjadi bila kedua gelombang yang berpadu berlawanan fase. Amplitudo gelombang paduan sama dengan nol. Interferensi konstruktif dan destruktif mudah dipahami dengan menggunakan ilustrasi pada berikut.

Keterangan: (a) Dua Gelombang Sefase (b) Dua gelombang berlawanan fase

Keterangan: (a) Interferensi maksimum dua gelombang sefase (b) Interferensi minimum dua gelombang berlawanan fase
Letak titik titik dimana terjadi interferensi konstruktif atau destruktif ditentukan oleh selisih jarak sumber S1 ke titik yang ditinjau dengan jarak sumber S2 ke titik yang sama. S = = S1 S2 Interferensi konstruktif terjadi bila :

S = m , dengan ; m = 0, 1 , 2 , 3 dst.

Dan interferensi destruktif dapat terjadi bila :

S = ( m + ) .dengan : m = 0, 1 , 2 dst. Interferensi dalam kehidupan sehari-hari 1. interferensi pada gelombang bunyi :

Dua sumber bunyi dari dua pengeras suara yang berasal dari sebuah audio generator akan menghasilkan gelombang-gelombang bunyi yang koheren, yaitu dua gelombang dengan frekuensi sama, amplitudo sama, dan beda fase tetap. Jika rapatan bertemu rapatan atau regangan bertemu regangan maka terjadi penguatan bunyi (konstruktif) sehingga bunyi terdengar semakin keras. Jika regangan bertemu rapatan maka terjadi pelemahan bunyi (destruktif) sehingga bunyi terdengar semakin lemah. Secara matematis penguatan terjadi jika selisih panjang gelombang sebesar 2nl dan pelemahan terjadi jika selisih panjang gelombang (2n+1)l.

Pada kegiatan paduan suara, seorang konduktor memberikan aba menyamakan suara maksudnya menyamakan tinggi-rendahnya suara atau frekuensi sehingga terjadi interferensi bunyi. Tetapi kadang-kadang suara yang terdengar tidak tepat sama tinggi-rendahnya, berarti telah terjadi pelayangan bunyi yang frekuensi pelayangannya dapat dihitung dengan persamaan fpelayangan = ftinggi frendah Beberapa alat musik berbentuk pipa organa, misalnya seruling, terompet, drum, gitar akustik, dan lain-lain. Pipa organa adalah sebuah pipa yang berisi kolom udara. Terdapat dua jenis pipa organa yang masing-masing menimbulkan pola interferensi gelombang bunyi yang berbeda.

2. Interferensi pada lapisan sabun Kesan melihat gelembung air sabun berwarna-warni disebabkan terjadinya interferensi yaituperpaduan dua gelombang cahaya a yang jatuh pada selaput tipis, seperti selaput air sabun.Sinar datang (AB) jatuh pada selaput tipis dengan tebal lapaisan (d), oleh selaput akan dibiaskans i n a r (BC) dan dua sinar dipantulkan yaitu sinar (BD) dan EF, kedua sinar s1 dan s2 a k a n berinterferensi di retina mata, sehingga kita bisa melihat gelembung sabun berwarna warni,seperti pada gambar berikut.
Jika cahaya yang dijatuhkan pada selaput tipis cahaya monokhromatik, maka pada gelembungsabun tidak akan terlihat warna pelangi, melainkan warna terang dan gelap

3. Interferensi pada dua berkas Efek interferensi juga dapat diamati pada lembaran tipis material dielektrik dengan ketebalan dalam rentang nanometer centimeter. Contoh : lapisan film di kacamata, kaca helm dll.

4. Interferensi pada tanki riak Putaran baterai yang dikaitkan pada kedua ban mobil mainan (tamiya) yang sudah dinyalakan akan menghasilkan dua gelombang pada air yang akhirnya membentuk interferensi gelombang.

Pada tangki riak, dua sumber koheren adalah dua pembangkit gelombang berbentuk bola yang digetarkan oleh satu batang penggetar. Muka gelombang yang dihasilkan pembangkit bola berbentuk lingkaran.

5. Interferensi pada gelombang cahaya

Interferensi cahaya adalah paduan dua gelombang atau lebih menjadi satu gelombang baru. Interferensi terjadi jika terpenuhi dua syarat berikut ini A. Kedua gelombang cahaya harus koheren, dalam arti bahwa dua gelombang cahaya harus memiliki beda fese yang selalu tetap, oleh sebab itu keduanya harus memiliki frekuensi yang sama. B. Kedua gelombang cahaya harus memiliki amplitudo yang hamper sama.

Daftar Pustaka

http://basistik.blogspot.com/2011/03/interferensigelombang.html http://jonathanturbo5.blogspot.com/2010/09/percobaaninterferensi-gelombang-dengan.html http://www.phys.itb.ac.id/~khbasar/arsip/FI1201/Interferen sidandifraksi.pdf http://4.bp.blogspot.com/_lBwWlHjnl0/TKQEfuB1W0I/AAAAA AAAAAM/7rqPTx_eV-k/s1600/Percobaan+Fisika.jpg