Você está na página 1de 3

Observasi berkualitas adalah observasi yang lengkap

CHEVRON PACIFIC INDONESIA Observasi berkualitas menghasilkan rencana kerja yang baik At-Risk Behavior / Perilaku Beresiko
Item# Behavior Desription Safe At Risk Behavior Item #:

BBS Kartu Observasi 8.0 Alat Pelindung Diri (APD) Ketika/ditemukan (Saat kegiatan dilakukan /Jelaskan perilaku beresiko):
8.1 Pelindung kepala
8.2 Pelindung mata dan wajah
Informasi Observer 8.3 Pelindung pendengaran Sebab/alasan/karena (Alasan menjelaskan perilaku beresiko):
Tanggal: Nama / CAI: 8.4 Pelindung pernafasan
Observasi diri sendiri? Ya No 8.5 Pelindung tangan dan lengan
Coach Ya No 8.6 Pelindung jatuh
Informasi Observee (yang diobservasi) 8.7 Pakaian pelindung Saran-saran / mencoba (Diskusi solusi & keinginan untuk mencoba
Jumlah orang yang diobservasi: 8.8 Alat mengambang personal saran-saran):
Organisasi: 8.9 Pelindung kaki
Lokasi 9.0 Driving
Perusahaan Chevron Kontraktor 9.1 Perencanaan perjalanan
Perusahaan Kontraktor: 9.2 Pre-Trip Inspection dan Seat Belt Setuju perilaku terjadi? Cek jika ya
9.3 Berkendara pada kecepatan yang sesuai Setuju perilaku beresiko? Cek jika ya
Item# Behavior Description Safe At Risk 9.4 Jarak iring Tindak lanjut Steering Committee? Cek jika ya
Non-enabled/tidak
1.0 Posisi Badan 9.5 Mengerem Perilaku selamat: Enabled/mungkin Difficult/Sukar mungkin
1.1 Menghindari "Line of Fire" 9.6 Berpindah jalur
1.2 Berjalan/Bergerak dengan pandangan ke arah gerakan 9.7 Menjaga pandangan dan pengamatan At-Risk Behavior / Perilaku Beresiko
1.3 Menjaga mata pada pekerjaan 9.8 Memundurkan kendaraan Behavior Item #:
1.4 Menjaga badan dan bagiannya diluar posisi terjepit 9.11 Perilaku lainnya yang tidak tersebut di definisi driving. Ketika/ditemukan (Saat kegiatan dilakukan /Jelaskan perilaku beresiko):
1.5 Naik/turun 10.0 Operasi Kelautan
2.0 Menggunakan badan 10.1 Persiapan perjalanan kapal
2.1 Mengangkat/menurunkan/menekan/menarik 10.2 Menggerakkan/memundurkan kapal Sebab/alasan/karena (Alasan menjelaskan perilaku beresiko):
2.2 Menghindar dari memuntir 10.3 Memasuki persimpangan
2.3 Menggapai dalam jangkauan 10.4 Docking
2.4 Menanggapi resiko ergonomi industri 11.0 Observasi perilaku yang lain
3.0 Perkakas dan Peralatan Saran-saran / mencoba (Diskusi solusi & keinginan untuk mencoba
3.1 Memilih dan menggunakan perkakas/peralatan saran-saran):
3.2 Menggunakan Pelindung/Barikade/Alat peringatan
4.0 Prosedur Komentar-komentar Observasi
4.1 Persiapan Kerja dan JHA (Job Hazard Analysis - JSA) Safe Behavior / Perilaku selamat
4.2 Mengikuti prosedur Behavior Item# Setuju perilaku terjadi? Cek jika ya
4.3 Isolasi Energi (Lock-Out/Tag-Out) Setuju perilaku beresiko? Cek jika ya
4.4 Mengerjakan Hot-Work Tindak lanjut Steering Committee? Cek jika ya
Non-enabled/tidak
4.5 Memasuki area Confined Space Perilaku selamat: Enabled/mungkin Difficult/Sukar mungkin
4.6 Prosedur Security
4.7 Komunikasi ke rekan kerja At-Risk Behavior / Perilaku Beresiko At-Risk Behavior / Perilaku Beresiko
5.0 Area kerja Behavior Item #: Behavior Item #:
5.1 Bekerja pada posisi seimbang Ketika/ditemukan (Saat kegiatan dilakukan /Jelaskan perilaku beresiko): Ketika/ditemukan (Saat kegiatan dilakukan /Jelaskan perilaku beresiko):
5.2 Membersihkan/Menyimpan Peralatan/Perkakas (h.keeping)
5.3 Bekerja di Lingkungan dengan Cahaya yang cukup
6.0 Office Ergonomics Sebab/alasan/karena (Alasan menjelaskan perilaku beresiko): Sebab/alasan/karena (Alasan menjelaskan perilaku beresiko):
6.1 Melakukan Istirahat Berkala (didukung oleh WorkPace)
6.2 Postur Leher dan Punggung
6.3 Postur Saat Menggunakan Telepon
6.4 Penyangga Punggung Saran-saran / mencoba (Diskusi solusi & keinginan untuk mencoba Saran-saran / mencoba (Diskusi solusi & keinginan untuk mencoba
6.5 Postur Pundak saran-saran): saran-saran):
6.6 Posisi Pergelangan dan Tangan
6.7 Memegang/Menggerakkan Mouse
6.8 Posisi Pinggang dan Kaki
6.9 Posisi Telapak Kaki Setuju perilaku terjadi? Cek jika ya Setuju perilaku terjadi? Cek jika ya
6.10 Mengenali dan Melaporkan Ketidaknyamanan Setuju perilaku beresiko? Cek jika ya Setuju perilaku beresiko? Cek jika ya
7.0 Pemeliharaan Lingkungan Tindak lanjut Steering Committee? Cek jika ya Tindak lanjut Steering Committee? Cek jika ya
Non-enabled/tidak Non-enabled/tidak
7.1 Pencegahan Tumpahan Perilaku selamat: Enabled/mungkin Difficult/Sukar mungkin Perilaku selamat: Enabled/mungkin Difficult/Sukar mungkin
7.2 Persiapan untuk Pembersihan Tumpahan Informasi tambahan mengenai proses BBS IBU, silakan akses: Kirimkan kartu observasi yang telah diisi ke anggota
7.3 Menangani Sampah http://ssg.ibu.chevron.net/oehes/oesp_bbs.asp Steering Committee yang telah ditunjuk.
2008 Chevron IBU, All rights reserved
Catatan: OP = Observed Person (Orang yang diobservasi)
Posisi Badan Office Ergonomics Driving
1.1 Apakah OP menghindar dari segala jenis pelepasan energi? 6.1 Apakah istirahat secara berkala dilakukan pada saat sedang bekerja berulang 9.1 Apakah perjalanan diharuskan? Apakah pengemudi/koordinator perjalanan
1.2 Apakah OP melihat ke arah yang dituju pada saat bergerak? dengan komputer? memeriksa semua alternatif (bus, mobil pool, taksi, dll)?
1.3 Apakah OP menjaga pandangan tetap pada tugas yang sedang dilakukan? Apakah WorkPace telah di-install dan di-setting dengan benar di komputer? Apakah pengemudi telah memeriksa dan memitigasi semua resiko yang
1.4 Apakah OP menjaga badan atau bagiannya diluar posisi terjepit? Apakah break/istirahat sejenak sudah sesuai dengan WorkPace? berhubungan dengan perjalanan - tahukah mereka rute yang akan dilalui atau
1.5 Apakah OP memegang handrails atau tetap diam di eskalator? 6.2 Apakah kepala, leher, dan pundak pada posisi netral? menggunakan rencana perjalanan yang disetujui jika diperlukan?
Menggunakan Badan Apakah pekerjaan ini menggunakan kertas saat bekerja dengan komputer? Apakah jenis kendaraan sesuai dengan perjalanan yang dilakukan?
2.1 Apakah OP menggerakan badan dengan benar saat bekerja? Apakah posisi leher terpuntir atau tertekuk saat melihat ke monitor komputer? Apakah pengemudi fit, cukup istirahat, dan mendapatkan latihan terkini?
2.2 Apakah OP berada diposisi yang tepat menghindar posisi memuntir? 6.3 Apakah telephone tidak dipegang dengan menekuk leher? 9.2 Apakah kendaraan dalam kondisi selamat dan siap operasi?
2.3 Apakah OP memposisikan dirinya dan mencegah menjulurkan tangan atau Saat mengetik dan menjawab telephone bersamaan, gunakan hands free Apakah pengemudi memeriksa kondisi ban sebelum perjalanan?
badan sepenuhnya saat mengerjakan tugas? headset atau speakerphone agar leher tetap berada pada posisi netral. Apakah pengemudi menyetel kursi sebelum perjalanan?
2.4 Apakah OP beristirahat secara teratur saat melakukan pekerjaan berulang? 6.4 Apakah kursi menyangga badan dengan posisi yang bagus mulai dari Apakah pengemudi memeriksa rem sebelum perjalanan?
Apakah OP memodifikasi atau menyesuaikan peralatannya untuk telinga/bahu/pinggul? Apakah pengemudi memeriksa bahan bakar cukup untuk perjalanan?
mendapatkan postur netral dan atau tumpuan tangan dan punggung? 6.5 Saat menggunakan laptop, apakah lengan dan pundak terasa sakit/pegal? Apakah pengemudi memasang sabuk pengaman sebelum bergerak?
Perkakas dan Peralatan Apakah alat-alat yang biasa digunakan (misal: keyboard/mouse/numeric Apakah seluruh penumpang mengenakan sabuk pengaman?
3.1 Apakah OP memilih perkakas/peralatan yang sesuai dan dalam keadaan baik keypad, dalam beberapa kasus juga termasuk telephone/calculator) dekat 9.3 Apakah pengemudi berkendara di antara kecepatan yang disyaratkan?
untuk tugasnya? Sertifikasi peralatan kalau diperlukan? dengan tubuh untuk mencegah jangkauan jauh? Apakah pengemudi mengatur kecepatan ketika kondisi berubah?
3.2 Apakah OP memasang barikade / rambu dengan tepat dan kondisi baik di 6.6 Apakah pergelangan pada posisi netral tanpa tertekuk, pada posisi lurus dari 9.4 Apakah pengemudi menjaga jarak iring selama 4 detik dari kendaraan di
sekitar area kerja dimana terdapat bahaya? Dipindahkan saat selesai? lengan bawah sampai ke jari tengah? depannya?
Apakah barikade atau rambu menjelaskan bahaya dan antisipasinya? Apakah siku bertumpu pada sandaran kursi membentuk sudut kurang lebih 90 Apakah pengemudi menjaga jarak seukuran panjang satu mobil dengan
Prosedur derajat, dengan pundak pada posisi santai? kendaraan di depannya saat berhenti di trafik?
4.1 Apakah OP telah melengkapi JHA/JSA untuk pekerjaannya? Melengkapi dan 6.7 Apakah mouse dipegang dengan halus oleh seluruh telapak tangan dan jari- Apakah pengemudi menambah jarak di depan atau berpindah jalur saat
memasang semua permit yang diperlukan? Memeriksa semua bahaya? Tahu jari dan bukannya dijepit dengan hanya menggunakan jari/jempol saja? seseorang mengikuti dari belakang terlalu dekat?
mengenai ERP? Membaca semua petunjuk dan label? Apakah pegangan pada mouse tidak terlalu kencang? 9.5 Apakah pengemudi memeriksa cermin ke belakang sebelum mengerem?
Apakah OP mencantumkan aspek kesehatan dan lingkungan dalam JSA? Apakah mouse pada posisi yang nyaman untuk dijangkau? Apakah pengemudi mengerem secara halus bukannya menghentak (sehingga
4.2 Apakah OP mengikuti prosedur terkini/standar yang berhubungan dengan 6.8 Apakah pinggang sejajar dengan lantai atau agak merosot ka bawah? sabuk pengaman terkunci)?
pekerjaan? Apakah barang-barang berserakan di bawah/sekitar tempat kerja yang Apakah pengemudi mengocok rem untuk memberitahu jika akan berhenti?
Apakah semua standar lokal dan peraturan dipatuhi? menyebabkan posisi kaki yang tidak nyaman? 9.6 Apakah pengemudi memeriksa cermin, sinyal, melihat melalui bahu sebelum
Apakah OP mematuhi saran dari MSDS untuk bahan kimia yang digunakan? 6.9 Apakah saat duduk, telapak kaki rata di atas lantai dengan dengkul berpindah jalur?
Apakah OP mengenakan detektor/monitor gas yang tepat di area dimana membentuk sudut sekitar 90? Apakah pengemudi menghindari berpindah jalur di persimpangan?
mungkin terdapat gas-gas berbahaya? Apakah telapak kaki menapak dengan nyaman di atas lantai atau foot rest? 9.7 Apakah pengemudi melihat sejauh 10-15 detik ke arah tujuan kendaraan?
4.3 Apakah OP memasang kunci dan tag peralatan yang sedang dikerjakan 6.10 Apakah pengemudi mengamati dgn konstan ke arah jalan untuk melihat
Apakah ketidaknyamanan ergonomik dikenali dan dilaporkan (segala perasaan
menggunakan LOTO sesuai aturan perusahaan? tidak nyaman atau perubahan dalam level kenyamanan, seperti pegal-pegal, kemungkinan bahaya?
Apakah OP mengidentifikasi dan mengisolasi semua sumber energi? kelelahan otot, atau kelelahan mata akibat menggunakan komputer) yang Apakah pengemudi memeriksa instrumen 1-2dtk secara kontinyu?
Termasuk mendinginkan permukaan panas? dialami selama lebih dari satu jam atau muncul lebih dari satu kali seminggu?
Apakah pengemudi memeriksa cermin arah belakang secara teratur, setiap 8 -
Apakah OP mengunci, memasang tag, menutup, venting atau draining, dll 10 detik?
semua sumber energi sebelum bekerja pada atau di sekitar peralatan? Pemeliharaan Lingkungan Apakah pengemudi memandang ke arah persimpangan untuk memeriksa
Apakah koneksi peralatan telah diputus secara mekanis? 7.1 Apakah OP mematuhi prosedur untuk mencegah terjadinya tumpahan? bahaya saat mendekatinya?
Apakah OP memastikan semua peralatan (termasuk panel listrik) bebas 7.2 Apakah pekerja siap menggunakan materi pembersih tumpahan? 9.8 Apakah pengemudi memarkir kendaraan menghindari mundur?
sebelum dinyalakan kembali? 7.3 Apakah OP memisahkan/mengatur sampah sesuai dengan aturan setempat? Apakah pengemudi memundurkan kendaraan dengan pelan (3-8kph)?
4.4 Apakah OP sudah mendapatkan dan memajang semua ijin kerja? Alat Pelindung Diri (APD) Apakah pengemudi memeriksa kedua cermin samping dan cermin tengah
Apakah OP memasang/mendirikan rambu dan barikade sekitar area kerja? 8.1 Apakah pelindung kepala dipakai di area yang mewajibkan penggunaannya? untuk melihat ke blind spot?
Apakah OP menjaga jalur bebas masuk dan keluar area kerja Hot Work? Apakah kondisinya bagus? Apakah pengemudi melihat ke arah tujuan saat memundurkan kendaraan?
Apakah OP mengikuti prosedur terkini/standar? Apakah digunakan sesuai dengan fungsinya? 9.11 Perilaku lainnya yang tidak tersebut di definisi driving.
4.5 Apakah OP sudah mendapatkan dan memajang semua ijin kerja? 8.2 Apakah pelindung mata/wajah sesuai dengan tugas yang dikerjakan? Operasi Kelautan
Apakah tim memverifikasi confined space bebas gas berbahaya? Apakah dalam kondisi yang bagus? 10.1 Apakah OP memeriksa dok dari papan yang lepas, paku, kondisi licin,
Apakah petugas penjaga membawa alat komunikasi? Apakah dipakai sesuai dengan peruntukannya? sebelum naik kapal?
Pada penggalian lebih dari 4 kaki, apakah tim sudah menambahkan penguat, 8.3 Apakah pelindung pendengaran digunakan di area yang mewajibkannya? Apakah OP memeriksa kondisi motor, lampu, kemudi minyak dll sebelum
membuat kemiringan pada lubang? Apakah kondisinya bagus dan bersih? memasuki kapal?
Apakah OP mengikuti prosedur terkini/standar? Apakah dipakai dengan benar dan sesuai dengan peruntukannya? Apakah OP memeriksa suar, jangkar, pelampung, radio komunikasi, dll saat
4.6 Apakah OP mengerti mengenai prosedur security perusahaan? 8.4 Apakah alat pelindung pernafasan untuk bekerja telah dipakai? berada di kapal?
Apakah OP melaporkan pelanggaran dan perilaku mencurigakan kepada Apakah pelindung pernafasan sesuai dengan tugas yang sedang dikerjakan? Apakah OP memastikan semua pegawai yang bekerja di dan di sekitar area
petugas security? Apakah dalam kondisi yang bagus? kapal mengenakan pelampung?
4.7 Apakah OP berkomunikasi dengan rekan kerjanya dengan kata-kata jelas atau Apakah digunakan dengan benar dan sesuai dengan peruntukannya? 10.2 Apakah pengemudi/pilot memastikan pandangan bebas sebelum bergerak
sinyal, bahaya, material berbahaya, atau gerakan yang akan terjadi? 8.5 Apakah pelindung tangan dipakai dengan benar sesuai dengan pekerjaan? atau mundur menjauhi dok?
Apakah anggota tim berada dalam pandangan sehingga kegiatan masing- Apakah dalam kondisi yang bagus? Apakah pengemudi/pilot secara kontinyu memeriksa arah selama mundur?
masing dapat terlihat? Apakah dipakai dengan benar? Apakah pengemudi/pilot secara kontinyu memeriksa bagian belakang, depan,
Apakah ada prosedur komunikasi untuk pekerja yang bekerja sendiri? 8.6 Apakah saat bekerja pada ketinggian menggunakan body harness? dan samping kapal saat mundur atau bergerak?
Area Kerja Apakah alat pelindung jatuh dikaitkan dengan aman/alat sekunder? Apakah pengemudi/pilot mendekati platform di bawah batas kecepatan?
5.1 Apakah OP berdiri atau duduk pada permukaan yang rata, stabil dan solid Apakah harness, alat sekunder dan dudukan pada kondisi yang bagus? Apakah pengemudi/pilot mengemudi pada atau di bawah batas kecepatan
yang memiliki traksi yang bagus? Apakah harness pas dengan benar? yang direkomendasikan untuk kondisi cuaca?
Apakah OP menyiapkan kerjanya pada permukaan yang rata, stabil dan solid? Apakah dipakai dengan benar? Apakah pengemudi/pilot menjaga jarak yang direkomendasikan dengan kapal
Apakah OP meletakkan kakinya dengan rata dan selebar bahu? 8.7 Apakah pelindung badan dipakai sesuai dengan tugas? lain saat kondisi cuaca sekarang?
Apakah OP meletakkan berat badannya secara merata ke dua kakinya? Apakah dalam kondisi yang bagus? Apakah pengemudi/pilot menghindari membelok secara tiba-tiba?
5.2 Apakah OP membersihkan area dari bahaya terpeleset/tersandung? Apakah dipakai dengan benar? 10.3 Apakah pengemudi/pilot/kapten memeriksa kiri, kanan, dan arah depan
Apakah OP membebaskan lorong dan area kerja dari halangan? Seperti 8.8 Apakah alat pengambang personal (personal floatation device (PFD)) saat sebelum memasuki persimpangan?
kotak-kotak, palet, slang-slang, dll. melakukan perjalanan di perairan, misalnya platforms? Apakah pengemudi/pilot/kapten memberikan jalan pada kapal lain apapun
Apakah OP membersihkan dan mengatur area kerja sebelum, selama dan Apakah dalam kondisi yang bagus? aturan legalnya?
setelah melakukan pekerjaan? Apakah dipakai dengan benar? 10.4 Apakah pegawai tetap duduk saat kapal bergerak, dan hanya berdiri setelah
Apakah OP sudah menyimpan peralatan, perkakas, bahan kimia secara aman 8.9 Apakah pelindung kaki sesuai dengan pekerjaan atau area kerja dipakai? kapal bersandar?
dan memberi label pada bahan kimia?
Apakah OP sudah menyimpan peralatan, perkakas, bahan kimia secara aman
dan memberi label pada bahan kimia? Apakah pelindung kaki sesuai dengan resiko? Apakah pegawai melangkah (bukannya dengan melompat) ke platform?
5.3 Apakah OP bekerja di area bebas silau dan dengan cukup cahaya untuk Apakah dalam kondisi yang bagus? Apakah pegawai memeriksa tambang dan menambatkannya dengan baik?
menghindari kerdipan atau terlalu dekat dengan pekerjaan? Apakah dipakai dengan benar dan sesuai peruntukannya? Apakah pegawai menurunkan jangkar jika tempat tambat tidak tersedia?