Você está na página 1de 14
Arti Pentingnya Manajemen Informasi Dalam Perusahaan Informasi adalah hasil pemrosesan data yang diperoleh dari setiap elemen
Arti Pentingnya Manajemen Informasi
Dalam Perusahaan
Informasi adalah hasil pemrosesan data yang diperoleh dari setiap elemen sistem tersebut
menjadi bentuk yang mudah dipahami dan merupakan pengetahuan yang relevan yang
dibutuhkan oleh orang untu menambah pemahamannya terhadap fakta-fakta yang ada.
Informasi bagi setiap elemen akan berbeda satu sama lain sesuai dengan kebutuhannya masing-
masing.
Manajemen terdiri dari proses atau kegiatan yang dilakukan oleh pengelola perusahaan seperti
merencanakan (menetapkan strategi, tujuan dan arah tindakan), mengorganisasikan,
memprakarsai, mengkoordinir dan mengendalikan operasi untuk mencapai tujuan yang telah
ditetapkan.
Informasi menjelaskan perusahaan atau salah satu sistem utamanya mengenai apa yang terjadi
di masa lalu, apa yang terjadi sekarang dan apa yang mungkin terjadi di masa yang akan
datang. Informasi tersebut tersedia dalam bentuk laporan periodik, laporan khusus dan ouput
dari model matematika. Output informasi digunakan oleh manajer maupun non manajer dalam
perusahaan saat mereka membuat keputusan untuk memecahkan masalah Perancangan,
penerapan dan pengoperasian Sistem Informasi Manajemen adalah mahal dan sulit. Upaya ini
dan biaya yang diperlukan harus ditimbang-timbang. Ada beberapa faktor yang membuat
Sistem Informasi Manajemen menjadi semakin diperlukan, antara lain bahwa manajer harus
berhadapan dengan lingkungan bisnis yang semakin rumit. Salah satu alasan dari kerumitan ini
adalah semakin meningkatnya dengan munculnya peraturan dari pemerintah.
Ada 2 alasan kenapa para manajer sekarang ini, memberikan perhatian yang semakin besar
terhadap manajemen informasi.
Alasan pertama: Kompleksitas kegiatan bisnis yang semakin meningkat yaitu:
1.
Pengaruh Ekonomi Internasional.
2.
Persaingan Dunia.
3.
Kompleksitas Teknologi yang Meningkat.
  • 4. Batas waktu yang Singkat.

  • 5. Kendala kendala Sosial.

Alasan kedua: Kemampuan komputer yang semakin baik.

 

meningkatnya kekompleksan tugas manajemen bisa di bilang akibat tuntan pekerjaan yang

 

terus bertambah dan terus menuntut untuk jauh lebih baik.keberhasilan suatu organisasi dalam

mencapai tujuannya sngat tergantung pada kemampuan orang yang mengelola

 

organisasi tersebut.

 

manajemen sebagai suatu metode yang mengatur,mengelola organisasi dapat di artikan sebagai seni melaksanakan sesuatu melalui orang,jika manajemen suatu organisasi baikmaka akan meningkatkan kemakmuran suatu negara.

keberadaan alat untuk memecahkan persoalan dalam perusahaan itu sangat penting untuk memudahkan dalam pengerjaan pekerjaan.untuk memudahkan pekerjaan dibutuhkan alat seperti komputer.gagasan untuk menggunakan komputer sebagai sistem manajemen informasi yang merupakan suatu terobosan besar,karena menyadari bahwa para manajer membutuhkan Informasi untuk pemecahan masalah.

Para manajer memberikan perhatian yang semakin besar pada manajemen informasi dari tahun ke tahun karena dua alasan. Pertama, kegiatan bisnis telah menjadi semakin kompleks. Kedua, komputer telah mencapai kemampuan yang semakin baik.

Kompleksitas Kegiatan Bisnis yang Meningkat

Bisnis memang selalu kompleks, tetapi sekarang ini lebih kompleks daripada sebelumnya. Semua perusahaan terkena pengaruh ekonomi internasional da bersaing dalam pasar internasional, teknologi bisnis menjadi semakin kompleks, batas waktu untuk bertindak semakin singkat, dan terdapat pula kendala-kendala sosial.

Pengaruh Ekonomi Internasional

Perusahaan-perusahaan besar maupun kecil semua terkena pengaruh ekonomi yang dapat bersumber dari bagian dunia mana pun. Pengaruh tersebut dapat terdapat pada nilai relatif mata uang dari setiap negara. Para pembeli melakukan pembelian di negara-negara dimana mata uang mereka memiliki nilai paling besar. Sebagai contoh, saat Mexico mendevaluasi peso pada akhir 1980-an, banyak turis Amerika Serikat yang memutuskan untuk berlibur di Mexico daripada di tempat lain, seperti Hawaii.

Persaingan Dunia

Perusahaan-perusahaan tidak lagi bersaing dalam wilayah geografisnya sendiri. Sebaliknya, persaingan terjadi pada skala dunia. Dampak dari persaingan ini dapat terlihat pada impor dari luar negeri. Keputusan General Motors pada akhir 1991 untuk menutup banyak pabriknya menunjukkan bahwa industri raksasa pun tidak terhindar dampak persaingan, yang dapat berasal dari bagian dunia mana pun.

Kompleksitas Teknologi yang Meningkat

Setiap hari kita melihat berbagai contoh teknologi dalam bisnis, misalnya barcode scanner di pasar swalayan, sistem pemesanan penerbangan yang berbasis komputer, automated teller machine, dan closed circuit television (CCTV) di gedung-gedung. Juga terdapat banyak teknologi di belakang layar, yang tidak kita lihat, misalnya robot-robot pabrik dan peralatan otomatis penanganan dan penyimpanan barang dagangan. Perusahaan-perusahaan melakukan investasi pada teknologi ini supaya mereka dapat melaksanakan operasi yang diperlukan. Bayangkan apa yang terjadi jika Federal Express, perusahaan mail order L.L. Bean, atau AT&T tidak dapat lagi menggunakan komputer mereka.

Batas Waktu yang Singkat Semua tahap operasi bisnis sekarang ini dilaksanakan secara lebih cepat daripada sebelumnya. Para wiraniaga melakukan dalam beberapa detik, perintah penjualan dikirim secara elektronik dari satu komputer ke komputer lain, dan pabrik membuat jadwal pengiriman material agar tiba tepat pada waktunya (just in time).

Kendala-kendala Sosial

Anehnya, tidak semua tekanan mendukung produksi, sebagian malah mendorong non-produksi. Hal ini nyata pada produk dan jasa yang tidak diinginkan masyarakat. Keputusan-keputusan bisnis harus didasarkan pada faktor-faktor ekonomis, tetapi keuntungan dan biaya sosial harus juga dipertimbangkan. Perluasan pabrik, produk baru, tem[at penjualan baru, dan tindakan-tindakan serupa semuanya harus dipertimbangkan dampaknya terhadap lingkungan. Setiap pengaruh ini memberi kontribusi pada kompleksitas bisnis.

Kemampuan Komputer yang Semakin Baik

Dalam hal ukuran dan kecepatannya, komputer-komputer tahun 1950-an dan 1960-an tampak seperti dinosaurus dari Jurassic Park. Komputer-komputer ini ditempatkan dalam ruangan besar, dan hanya boleh disentuh oleh para spesialis komputer perusahaan. Para pemakai tidak pernah berhubungan langsung dengan perangkat keras, tetapi pengaturan ini dirasa cocok oleh para pemakai. Umumnya, pemakai tidak tahu cara menggunakan komputer dan takut untuk belajar.

Para pemakai komputer sekarang, sebaliknya, sangat mungkin memiliki terminal keyboard atau komputer mikro di ruangan mereka. Banyak komputer mikro yang dihubungkan dengan komputer-komputer lain dalam suatu jaringan. Bukan hanya komputer yang tersedia, para pemakai pun tahu cara menggunakannya.

Para pemakai sekarang tidak memandang komputer sebagai sesuatu yang istimewa tetapi sebagai bagian peralatan kantor yang dibutuhkan, seperti halnya meja, telepon, atau mesin fotokopi.

Dalam workshop yang digelar pada Indocomtech 2009, Engr. Jonathan Anthony Ybanez, selaku SEO

PT Finroll yang bertindak sebagai pengisi materi menjelaskan bahwa revolusi teknologi informasi

 

membawa dampak positif dan juga dampak negatif bagi kehidupan sosial dan ekonomi umat

 

manusia. Sisi positifnya, revolusi teknologi informasi membuat semakin berkembangnya peluang

 

pasar bisnis, mempromosikan outsearching, biaya teknologi murah dan mudahnya berbagi informasi.

Namun sayangnya revolusi teknologi informasi juga membawa dampak negatif dengan terlalu overloadnya informasi, munculnya internet predator,
Namun sayangnya revolusi teknologi informasi juga membawa dampak negatif dengan terlalu
overloadnya informasi, munculnya internet predator, isolasi sosial, media saturasi dan masalah
copyright dan trademark.
Untuk kedepannya, Jonathan juga menggambarkan dua kemungkinan arah perkembangan revolusi
teknologi informasi ini. Bisa ke arah positif, seperti misalnya kemajuan ilmu kedokteran,
ditemukannya sumber energi baru, super komputer untuk rumah atau gaya hidup yang lebih baik.
Namun bisa saja ke arah negatif yang akan menimbulkan pengucilan sosial, kemiskinan dan keputus-
asaan juga penghancuran global. Semua ini tergantung dari cara kita menanggapi revolusi teknologi
yang tidak akan pernah ada habisnya.

Dampak Positif dan Negatif Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Saat ini, teknologi informasi dan komunikasi merupakan salah satu jenis dari bentuk teknologi yang berkembang dengan sangat pesat. Melalui fitur andalannya yaitu internet, saat ini teknologi komunikasi dan informasi seperti merupakan salah satu jenis teknologi yang menduduki peringkat teratas, baik dari sisi positif, negatif, hingga penggunaannya.

ads

Memang sebagai sebuah teknologi yang berkembang pesat, pastilah teknologi informasi dan komunikasi memiliki beberapa kelebihan dan juga kelemahan. Ada yang disadari, dan ada juga yang mungkin tidak disadari, karena sudah menjadi bagian dari kepribadian individu tertentu. Berikut ini adalah dampak positif dan juga dampak negative yang bisa dirasakan di dalam kehidupan sehari- hari.

Dampak Positif

1.

Mempercepat arus informasi

Arus informasi saat ini menjadi sangat cepat, bahkan cenderung tidak terkontrol hingga saat ini. namun demikian, hal ini merupakan salah satu dampak positif, karena dapat memberikan informasi mengenai suatu kejadian secara cepat, meskipun terkadang tidak akurat dan tidak tepat.

Arus informasi dengan feedback yang merupakan karakteristik sistem informasimenjadi salah satu faktor perkembangan informasi dan komunikasi yang tampak. Sehingga memberikan manfaat tersendiri bagi setiap user. Terlebih terhadap internet, perkembangan jaringan komputer menjadi semakin pesat seiring penggunaan internet yang kian meningkat.

  • 2. Mempermudah akses terhadap informasi terbaru Merupakan salah satu efek domino dari bertambah cepatnya arus informasi. Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang sangat pesat, maka siapapun akan bisa memperoleh informasi dengan mudah. Akses terhadap informasi ini bisa dilakukan kapanpun, dimanapun, dan dari siapapun itu. Hal ini akan membantu individu dalam meningkatkan informasi dan pengetahuan yang dimilikinya, meski terkadang realibilitas dan validitas dari informasi tersebut dipertanyakan. Hal ini menjadi penanda bahwa penggunaan internet untuk berkomunikasi menjadi salah satu pilihan yang sangat diminati. Karena dapat terhubung ke setiap orang dai belahan dunia manapun. Disinilah peranan manfaat jaringan komputer sebagai salah satu sumber penggunaan internet menjadi lebih optimal.

  • 3. Media sosial Media sossial juga merupakan dampak positif lainnya dari perkembangan teknologi informasi dan kommunikasi. Media sosial dapat memberikan banyak sekali manfaat, salah satunya adalah dapat mempertumakan individu dengan orang baru, dan menambah relasi antar individu. Sebagai contoh, salah satunya adalah facebook. Situs yang cukup besar ini menjadi salah satu media sosial yang paling banyak orang gunakan. Tidak hanya untuk menambah jaringan pertemanan di dunia maya, facebook juga menjadi sarana promosi dalam bisnis. Manfaat facebook bagi user sangatlah berguna, terlebih untuk menjalankan bisnis, baik itu bisnis kecil maupun bisnis besar.

  • 4. Membantu individu dalam mencari informasi Dalam mencari informasi yang baru dan masih hangat, maka teknologi informasi dan juga komunikasi sangat memegang peranan yang penting. Dengan adanya arus informasi yang menjadi jauh lebih cepat, maka individu akan menjadi lebih mudah dalam mencari informasi yang diinginkan. Peranan internet terhadap prestasi belajar siswa menjadi salah satu momok yang cukup diperhitungkan. Dalam hal ini siswa dapat mengeksplor pikiran dan bahan pelajaran di sekolah mereka dengan mengakses informasi lebih luas dalam setiap mata pelajaran. Sehingga siswa tersebut memiliki pikiran yang tak hanya berlingkup dari sekolah saja tapi dari luar sekolah secara global.

  • 5. Media hiburan Peanfaatan dari teknologi informasi dan juga komunikasi berikutnya adalah dalam hal hiburan. Teknologi informasi dan juga komunikasi saat ini mendukung media hiburan yang sangat banyak ragamnya bagi setiap orang. Contoh saja dari media hiburan berupa games, music, dan juga ideo, banyak orang yang bisa hilang dan juga lepas dai stress karena hiburan yang ditawarkan oleh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi ini.

Fungsi teknologi dan informasi dan komunikasi juga dapat menjadi salah satu pilihan hiburan yang cukup simple bagi beberapa orang. Tidak hanya sebagai media informasi, penggunaan internet dapat menjadi salah satu hal pereganggan pipkiran, contohnya dengan menonton video yang banyak tersebar di internet.

Akan tetapi perlu di noted bahwa ajang hiburan ini sebagai hal positif untuk menghilangkan suntuk semata bukan untuk mengakses konten negatif yang membawa dampak buruk bagi user.

  • 6. Mepermudah komunikasi dengan individu lainnya yang jauh Komunikasi merupakan salah satu hal yang paling utama yang harus dijalin oleh manusia, sebagai makhluk sosial. Dengan adanya teknologi informasi dan juga komunikasi, maka saat ini untuk dapat berkomunikasi dengan orang lain menjadi jauh lebih mudah. Apabila pada jaman dulu kita harus menunggu berhari-hari menggunakan pos, maka saat ini, dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, kita bisa mengirim pesan dalam waktu hitungan detik, dengan cepat dan juga mudah. Ini menjadi salah satu faktor pendorong penyebab teknologi komputer berkembang cepat. Chatting menjadi hal yang favorit bagi sebagian orang, terlebih saat ini penggunaan smartphone semakin meningkat di semua kalangan.

  • 7. Sharing dan berbagi file File dan juga dokumen saat ini sudah merupakan kebutuhan dari setiap orang. Baik dari file music ataupun dokumen penting, bisa dibagikan dengan menggunakan internet yang merupakan produk dari teknologi informasi dan juga komunikasi. Setiap user dapat saling membagikan file dan dokumen dengan mudah, bahkan kita saat ini bisa menyimpan file yang kita miliki dengan mudah di dalam cloud storage, atau media penyimpanan di dalam internet. Kegiatan membagikan file ke user tujuan tentunya memerlukan security yang cukup aman agar data yang di share tetap rahasia hingga user yang dimaksud menerima. Cara menjaga keamanan jaringan komputer perlu diperhatikan agar data yang dibagikan tetap terjaga.

  • 8. Memiliki banyak dampak positif dalam dunia pendidikan Dampak lainnya yang paling terasa dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi adalah dalam bidang pendidikan. Materi pelajaran dan segala hal yang berhubungan dengan pendidikan akan menjadi lebih mudah untuk diakses dan diperoleh. Sehingga hal ini pun akan membantu meningkatkan efektivitas dan juga efisiensi dari kebutuhan pendidikan itu sendiri bagi tiap individu di dalam kehidupan sehari-hari. Inilah manfaat mempelajari ilmu komputer yang dapat digunakan untuk membantu menyelesaikan tugas sekolah maupun tugas kuliah. Peranan teknologi memang tak dipungkiri juga turut andil dalam perkembangan dunia pendidikan yang lebih luas, dan lebih maju untuk kedepannya.

  • 9. Sebagai lokasi untuk bisnis jual beli Saat ini, muncul banyak lapangan pekerjaan baru yang dihasilkan berkat adanya perkembangan teknologi informasi dan juga komunikasi, yaitu online shop dan juga bisnis online. Hal ini menggeser kedigdayaan penjualan barang melalu toko fisik, karena dianggap lebih murah, praktis dan juga lebih efisien dari segi pemasaran produknya. Dengan adanya toko online ini, maka semakin banyak meningkatkan lapangan pekerjaan, dimana orang yang tadinya tidak memiliki pekerjaan akhirnya bisa memiliki pekerjaan dengan berjualan online. Disinilah fungsi sistem informasi dibutuhkan, juga bisa menggunakan media komunikasi online sebagai sarana mempromosikan bisnis.

10. Membantu menyelesaikan masalah dengan mudah

Teknologi informasi dan juga komunikasi ternyata juga memiliki dampak yang positif dalam hal penyelesaian masalah. Dengan komunikasi yang menjadi lebih baik dan juga arus informasi yang cepat, maka teknologi informasi dan juga komunikasi dapat menjadi solusi bagi masalah anda.

Dampak Negatif

Meskipun memiliki banyak dampak positif, akan tetapi ternyata teknologi informasi dan komunikasi memiliki beberapa dampak negatif yang cukup mengganggu kehidupan sehari-hari. Kebanyakan dampak tersebut disebabkan karena penyalahgunaan dari teknologi informasi dan komunikasi, ataupun disebabkan karena kurangnya pemahaman user akan etika dan juga cara untuk menggunakan teknologi informasi dan juga komunkasi dengan baik dan juga benar.

Berikut ini adalah beberapa dampak negative dari teknologi informasi dan juga komunikasi:

  • 1. Individu menjadi malas untuk bersosialisasi secara fisik

  • 2. Meningkatnya penipuan dan juga kejahatan cyber

  • 3. Cyber Bullying

  • 4. Konten negative yang berkembang pesat

  • 5. Fitnah dan juga pencemaran nama baik secara luas

  • 6. Menjauhkan yang dekat

  • 7. Mengabaikan tugas dan juga pekerjaan

  • 8. Mebuang-buang waktu untuk hal yang tidak berguna (baca juga: bahaya kecanduan internet)

  • 9. Menurunnya prestasi belajar dan juga kemampuan bekerja seseorang

Ini Adalah Fakta : Dampak Positif Dan Negatif Teknologi Bagi Kehidupan Manusia

<a href=Dampak Positif Dan Negatif Teknologi Teknologi informasi dan komunikasi diciptakan dan dikembangkan untuk membantu kehidupan manusia. Terlebih dengan adanya internet yang membantu dalam perkembangan tekonologi infromasi. Sebagai sebuah teknologi yang berkembang pesat, pastilah mempunyai sisi baik dan buruk. Ada dampak positif dan negatif teknologi yang disadari dan tidak disadari pula oleh mayarakat. Semua asyik tenggelam di dalamnya. Berikut ini akan dijelasakn dampak positif dan negatif teknologi yang ada di kehidupan manusia. Dampak Positif Teknologi 1. Mempercepat Arus Informasi Dampak positif teknologi yang pertama dan utama adalah mempercepat arus informasi. Tak dapat dipungkuri arus informasi memang sangat cepat semenjak adanya teknologi informasi, bahkan bisa dikarakan tak dapat lagi dikontrol. Dengan semua smartphone dan kuota internet, Anda bisa mencari informasi apapun. Serasa dunia berada dalam genggaman tangan. " id="pdf-obj-6-2" src="pdf-obj-6-2.jpg">

Dampak Positif Dan Negatif Teknologi Teknologi informasi dan komunikasi diciptakan dan dikembangkan untuk membantu kehidupan manusia. Terlebih dengan adanya internet yang membantu dalam perkembangan tekonologi infromasi. Sebagai sebuah teknologi yang berkembang pesat, pastilah mempunyai sisi baik dan buruk. Ada dampak positif dan negatif teknologi yang disadari dan tidak disadari pula oleh mayarakat. Semua asyik tenggelam di dalamnya. Berikut ini akan dijelasakn dampak positif dan negatif teknologi yang ada di kehidupan manusia.

Dampak Positif Teknologi

1. Mempercepat Arus Informasi

Dampak positif teknologi yang pertama dan utama adalah mempercepat arus informasi. Tak dapat dipungkuri arus informasi memang sangat cepat semenjak adanya teknologi informasi, bahkan bisa dikarakan tak dapat lagi dikontrol. Dengan semua smartphone dan kuota internet, Anda bisa mencari informasi apapun. Serasa dunia berada dalam genggaman tangan.

2.

Adanya Media Sosial/Mempermudah Komunikasi

2. Adanya Media Sosial/Mempermudah Komunikasi

Dengan banyaknya sosial media yang ada, bisa memperlancar proses komunikasi satu orang dengan orang yang lainnya. Tak perlu lagi mengirim surat ke kantor pos seperti jaman dulu kala. Jika jaman dulu harus menunggu beberapi hari untuk mendapatkan balasan, dengan teknologi jaman sekarang, cukup beberapa detik saja sudah sampai di penerima.

  • 3. Sebagai Media Hiburan

Jika ingin mencari, banyak sekali hiburan yang bisa diakses melalui internet. Buka saja youtube.com, maka Anda akan menemukan berbagai macam aneka macam video. Carilah video yang lucu semacam stand up comedy. Anda juga bisa mendowloadn berbagai macam film dan music jenis apapun. Game online juga tersedia banyak. Tinggal pilih saja.

  • 4. Sharing dan Berbagi File

Berbagai macam file seperti foto, lagu, maupun dokumen bisa dengan mudah di share melalui internet. Anda bisa berbagi file dengan teman yang berada di luar negerpun sudah bisa. File terkirim dengan cepat hanya hitungan detik saja. Bahkan sekarang Andasudah bisa menyimpan banyak dokumen di internet melalui google drive atau cloud storage.

  • 5. Mempunyai Banyak Dampak Positif untuk Penddikan

Di bidang pendidikan, dampak positif teknologi sangat terasa. Materi pelajaran dan semua informasi yang terkait dengannya menjadi mudah untuk didapatkan. Sehingga akan sangat membantu untuk meningkatkan efektivitas untuk setiap siswa dan guru. Adanya laptop juga mempercepat mahasiswa serta guru untuk menyelesaikan semua tugas-tugasnya.

  • 6. Sebagai Tempat Jual Beli Online

Melalui internet banyak toko online yang menyediakan berbagai macam kebutuhan sehari-hari. Banyak yang senang karena proses belanja menjadi lebih mudah, cepat, dan sangat praktis. Melalui online shop, banyak juga terserap tenaga kerja.

Dampak Negatif Teknologi

  • 1. Malas Bersosialisasi

Dengan adanya teknologi seperti gadget yang banyak aplikasi media sosialnya, membuat orang malas bersosialisasi. Semua orang cenderung lebih menyukai ber-chat ria daripada mengobrol secara langsung. Ini merupakan Dampak negatif teknologi yang sangat berbahaya karena bisa menimbulkan sifat individualis.

2.

Meningkatkan Penipuan

2. Meningkatkan Penipuan

Penipuan yang marak terjadi adalah melalui toko online. Sudah banyak sekali kasus penipuan yang terjadi, maka dari itu berhati-hatilah ketika berbelanja di toko online yang belum terpercaya.

  • 3. Banyaknya Content Negative

Content Negative dalam hal ini adalah bullying, video porno, berita hoax, dan lain sebagainya.

  • 4. Menurunkan Prestasi Belajar

Dampak negatif teknologi yang selanjutnya adalah menurunkan prestasi belajar siswa. Jika Anda sebaga orang tua, maka jangan lupa untuk selalu mengawasi putra putri yang sedang senang berman gadget. Banyak siswa yang keasyikan bermain game online hingga larut malam melupakan kewajibannya sebagai pelajar.

Posted by dewi septiana w Published in Uncategorized

Tema : Teknologi Informasi Pada Sistem Informasi Kesehatan

Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi pada SIMRS (Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit)

Teknologi informasi adalah suatu hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia, bahkan dari tahun ke tahun selalu mengalami perkembangan yang bisa dibilang sangat signifikan. Jaman sekarang, hampir di seluruh elemen masyarakat menggunakan fasilitas teknologi informasi ini untuk mendapatkan informasi yang diinginkan. Orang bisa mengakses informasi dari berbagai pelosok dunia dengan memanfaatkan fasilitas teknologi informasi ini. Teknologi informasi dapat meningkatkan kinerja serta memungkinkan semua kegiatan dapat terselesaikan dengan cepat , tepat, akurat dan meningkatkan produktifitas kerja. Selain iu masih banyak keuntungan yang diberikan oleh teknologi informasi dalam kehidupan manusia, tidak hanya pada bidang pekerjaan, teknologi informasi juga menyediakan banyak manfaat pada keperluan pribadi, pemerintahan, kesehatan, dan lain-lain.

Sebenarnya fasilitas yang disediakan oleh teknologi informasi ini tidak hanya dalam hal pertukaran informasi antara orang satu ke orang yang lain, fasilitas yang tersedia juga dimanfaatkan untuk memanagemen suatu kegiatan. Salah satu penggunanya adalah rumah sakit. Rumah sakit sebagai salah satu institusi yang

memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat akan selalu melakukan transaksi dengan pasien dalam kesehariannya. Hal ini petugas rumah sakit dituntut untuk bisa memberikan pelayanan yang terbaik bagi pasien atau keluarga, karena pemberian layanan dan tindakan tersebut akan berpengaruh pada berbagai pihak, tidak hanya petugas maupun rumah sakit saja, namun juga berpengaruh pada nyawa pasien. Petugas rumah sakit selain dituntut untuk bisa memberikan pelayanan yang terbaik bagi pasien, juga harus bisa memanagemen kinerja dari semua komponen rumah sakit, termasuk data dan informasi yang ada. Untuk memudahkan dalam hal memanagemen semua data dan informasi yang ada di rumah sakit tersebut dibutuhkan sebuah sistem yang baik dan memadai, sistem ini adalah sistem informasi.

Sistem informasi merupakan salah satu kebutuhan terbesar di rumah sakit untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan data dan informasi di rumah sakit. Sedangkan Sistem informasi managemen rumah sakit adalah suatu sistem teknologi informasi komunikasi yang memproses dan mengintegrasikan seluruh alur proses pelayanan rumah sakit dalam bentuk jaringan koordinasi, pelaporan dan prosedur administrasi untuk memperoleh informasi secara tepat dan akurat.

Dengan menggunakan sistem informasi berbasis komputer dan jaringan, antar petugas di rumah sakit bisa mengakses informasi yang sama melalui komputer yang berbeda hanya dengan menyambungkan komputer ke jaringan LAN. Sistem informasi ini terlebih sangat memudahkan kinerja dari seorang petugas pendaftaran, yaitu petugas rekam medis. Petugas rekam medis akan sangat terbantu karena dengan sistem informasi ini, pekerjaan antara petugas pendaftaran, penyimpanan dan pengolahan data akan bisa tersambung dan terkoordinasi dengan baik. Selain itu, petugas rekam medis juga bisa terhubung dengan dokter dan perawat atau pelayanan lain di rumah sakit itu hanya dengan menggunakan fasilitas teknologi informasi modern ini.

Sekarang ini, hampir seluruh rumah sakit berlomba-lomba untuk meningkatkan kualitas managemen pelayanan dengan menerapkan sistem informasi managemen rumah sakit berbasis komputer, hal ini dilihat dari banyaknya keuntungan atau manfaat yang diberikan apabila menggunakan teknologi komputer dibandingkan menggunakan cara konvensional seperti jaman dahulu. Dengan digunakannya sistem informasi berbasis komputer, semua kinerja dirasa lebih cepat dan informasi yang didapat juga lebih akurat. Bandingkan dengan apabila sistem informasi belum menggunakan perangkat teknologi informasi (komputer) seperti yang terjadi pada jaman dahulu.

Dahulu, pelayanan di rumah sakit masih manual semua dan belum tertata karena belum adanya wadah atau perangkat yang bisa menyatukan berbagai informasi yang berkaitan dengan pelayanan di rumah sakit. Kinerja dari setiap

petugas juga terlihat sangat lambat dan memakan banyak waktu, salah satunya adalah saat mencari informasi pada salah satu berkas pasien. Petugas harus mencari data pasien dimana data tersebut berada dalam berkas yang ada di berbagai tumpukan berkas yang tidak bisa dibilang sedikit. Hal ini tidak hanya merugikan petugas, namun pasien juga akan merasa dirugikan, karena pasien juga pasti akan jenuh jika harus menunggu dalam waktu yang lama. Bagi pasien yang mau mengerti memang tidak masalah, namun jika pasien tersebut adalah orang yang tidak paham tentang keadaan teknologi yang memang sangat minim dan orang itu tidak sabaran, nantinya akan malas untuk pergi ke rumah sakit itu lagi dan rumah sakit akan mendapat citra yang buruk karena hal tersebut. Selain adanya masalah dalam kecepatan kinerja itu, informasi yang didapat juga simpang-siur atau bisa dibilang tidak akurat, karena data-data yang ada tidak menyatu dalam satu sistem.

Karena diperoleh berbagai kendala jika menggunakan cara lama, maka dari itu rumah sakit beralih menggunakan komputer, hal ini juga dikarenakan mengikuti perkembangan globalisasi yang semakin pesat pada bidang teknologi informasi.

Jika disebutkan, pengaruh yang dibawa oleh perkembangan teknologi informasi (komputer) pada sistem informasi rumah sakit antara lain :

  • 1. Kemudahan dalam pencarian data pasien maupun data dan informasi lain mengenai pelayanan rumah sakit

  • 2. Informasi yang diperoleh lebih akurat karena berada dalam satu sistem

  • 3. Mempercepat kinerja petugas dalam pelayanan

  • 4. Rumah sakit bisa mengelola dana internal dengan baik dengan memanfaatkan teknologi informasi

  • 5. Lebih hemat tenaga dan dana

  • 6. kemudahan

Memberikan

dalam pelaporan internal maupun eksternal

rumah sakit

  • 7. Bisa menganalisis kemajuan atau kemunduran kualitas pelayanan kesehatan di rumah sakit dengan cara melihat data kunjungan pasien

Itu adalah beberapa manfaat yang diperoleh apabila sistem informasi rumah sakit menggunakan SIMRS yang memanfaatkan kemajuan teknologi informasi. Sebenarnya masih banyak manfaat yang diberikan oleh teknologi informasi (komputer) pada keberadaan sistem informasi di suatu fasilitas pelayanan kesehatan.

Namun manfaat yang akan diperoleh dari adanya teknologi informasi modern dalam sistem informasi juga harus diimbangi dengan kualitas kinerja petugas, yaitu sumber daya manusianya. Apabila petugas tidak bisa mengoperasikan perangkat teknologi informasi tersebut maka akan sia-sia saja jika sistem informasi diubah menjadi basis komputer. Manfaat yang ada tidak akan dirasakan dan tidak akan bisa meningkatkan kualitas pelayanan.

Maka dari itu, dibutuhkan pengadaan pelatihan bagi semua petugas dalam hal penggunaan perangkat teknologi informasi modern saat ini.

Jika sumber daya manusia nya sudah bisa diandalkan dan perangkat teknologi informasi sudah tersedia, maka pengembangan sistem informasi manajemen rumah sakit dengan basis komputer ini akan berhasil dan membawa dampak bagus bagi keberlangsungan rumah sakit sebagai institusi pemberi pelayanan pada masyarakat.

Referensi :

Memenangkan Persaingan Melalui Teknologi Informasi

16 April 2016

09:30 Diperbarui: 16 April 2016

09:37 1645

0 0

Sistem informasi berperan penting di dalam keberhasilan persaingan organisasi dengan strategi yang mereka gunakan untuk bersaing. Strategi persaingan bisnis berbasis teknologi informasi harus memiliki keselarasan dengan bisnis yang dijalankan oleh suatu perusahaan. Dalam menjalankan penyelarasan tersebut, perusahaan harus melakukan petimbangan arah strategi bisnis yang jelas seperti perlu adanya komunikasi, komitmen dan integrasi masing- masing dari perusahaan tersebut. Penyelarasan strategi bisnis ini digunakan oleh perusahaan untuk meningkatkan efisiensi, mengurangi biaya, meningkatkan hubungan dengan suplier/pemasok, menciptakan hambatan untuk pendatang baru, dan untuk menciptakan produk dan solusi bisnis. Dalam hal ini perusahaan menggunakan fungsi back office (orang yang bertugas mengurusi laporan-laporan maupun masalah administrasi dan tidak secara langsung melayani konsumen) sebagai tulang punggung untuk pengolahan data dan akuntansi, dan perusahaan juga menggunakan jalur front-line (orang yang langsung berhadapan atau berhubungan dengan konsumen) agar dapat menyelaraskan antara strategi persaingan bisnis dan bisnis yang akan dijalankannya tersebut.

Ada banyak contoh cara organisasi telah menggunakan teknologi informasi secara kreatif untuk mendapatkan keunggulan bersaing. Perusahaan bersaing dengan produk atau pelayanan pesaing dimana akan memberikan nilai yang lebih kepada pelanggan yang berarti persaingan telah dilakukan. Artikel ini akan menjelaskan tentang bagaimana sistem informasi dapat digunakan sebagai keunggulan strategis dalam persaingan bisnis? Untuk mengetahui hal tersebut maka perlu di ketahui terlebih dahulu strategi apa yang digunakan supaya sistem

informasi tersebut dapat digunakan dalam persaingan bisnis. Pada pembahasan kali ini akan di ulas mengenai strategi-strategi yang digunakan suatu sistem informasi dan dampak sistem informasi strategis bagi manajer dan organisasi.

A. Strategi Persaingan Bisnis

Adapun strategi yang digunakan suatu perusahaan ada 6, akan tetapi strategi tersebut dibagi lagi menjadi 2 bagian, yaitu:

  • 1. Mengatasi tekanan bersaing dengan teknologi informasi

• Meningkatkan operasional bisnis.

Penggunaan teknologi informasi untuk peningkatan operasional perusahaan dapat mengakibatkan dampak strategik yang banyak, investasi di dalam teknologi informasi dapat

membantu perusahaan menjadi lebih efisien. Peningkatan di dalam proses bisnis dapat membuat perusahaan memotong biaya dengan besar. Maka dari itu diperlukan adanya perubahan proses bisnis. Perubahan proses bisnis dan operasional yang efisien dapat membuat biaya menjadi rendah sehingga konsep lowercost leadership strategis dapat terlaksana. Bagaimanapun juga suatu perusahaan justru memutuskan untuk menggunakan operasional yang efisien untuk meningkatkan kualitas dan pelayanan dengan pilihan suatu produk strategi differensiasi.

•Promosi inovasi bisnis.

Investasi dalam teknologi sistem informasi dapat mengembangkan suatu produk yang unik dalam pelayanan atau proses. Disini dapat menciptakan suatu peluang bisnis baru dan suatu perusahaan mampu untuk berkembang masuk ke dalam pasar yang baru atau ke dalam segment baru dari pasar yang ada.

•Mengikat supplier dan pelanggan atau berhubungan dengan pelanggan dan supplier.

  • 2. Membangun keintiman dengan pelanggan.

•Meningkatkan barries to entry.

Manfaat yang diperoleh dari strategi ini adalah meningkatnya market share. Dengan

melakukan investasi dalam teknologi informasi untuk meningkatkan operasi atau untuk menyebarkan inovasi, perusahaan juga membangun halangan untuk menunda perusahaan lainnya untuk memasuki pasar. •Membangun strategis dengan platform teknologi informasi. Maksudnya perusahaan membangun strategi perusahaan dengan menggunakan dan memanfaatkan teknologi informasi, seperti Leverage investment sistem informasi, manusia,

hardware, software dan jaringan dari penggunaan operasional sampai pada aplikasi strategis.

•Membangun strategi berbasis informasi.

Strategi ini digunakan dengan menggunakan teknologi informasi untuk mendukung

perusahaan dalam keunggulan bersaing.

Adapun strategi lainnya yang dapat digunakan dalam keunggulan suatu sistem informasi yaitu:

  • 1. Mengembangkan suatu sistem informasi antar perusahaan yang kenyamanan dan

efisiensinya dapat meniciptakan biaya perpindahan yang akan mengunci para pelanggan dan

pemasok di dalamnya.

  • 2. Lakukan investasi besar dalam aplikasi TI canggih yang dapat membangun halangan pihak

luar untuk masuk ke industri tersebut.

  • 3. Masukkan berbagai komponen TI dalam produk dan jasa untuk membuat pengganti dari

produk atau jasa sejenis menjadi lebih sulit. 4. Dorong investasi untuk ahli-ahli sistem informasi, hardware, software, database, dan jaringan dari penggunaan operasional menjadi aplikasi strategis.

B. Dampak Sistem Informasi Bagi Manajer dan Organisasi Sistem informasi bagi manajer sangatlah penting baik untuk perusahaan kecil maupun perusahaan besar. Manajer harus mengidentifikasi jenis-jenis sistem yang daoat dijadikan keunggulan strategis dalam bisnisnya. Sistem informasi dapat mempengaruhi aktivitas bisnis suatu perusahaan secara menyeluruh sehingga dapat membantu perusahaan dalam persaingan bisnis yang dijalankannya dengan perusahaan lainnya.

Dengan adanya aplikasi teknologi informasi, perusahaan dapat meningkatkan kinerja operasional dan manajemen untuk memperoleh keunggulan kompetitif, dan memenuhi tujuan strategis perusahaan lainnnya.